Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi (KPAD) Kabupaten Gianyar melakukan berbagai upaya merangsang minat dan budaya membaca. Seperti lomba resensi buku tingkat SMA/SMK yang dilaksanakan di Balai Budaya Gianyar, Rabu (31/8/2016).

Pada lomba itu, para peserta perwakilan masing-masing sekolah diwajibkan membaca buku yang telah disediakan pihak panitia dan merangkum menjadi dua halaman doble folio. “Ada lima judul yang disediakan panitia bertema lingkungan hidup salah satunya pemanasan global,” ujar Kepala KPAD Hery Nurhancoko.

Dari lomba itu, selanjutnya akan dipilih enam besar yang akan mempresentasikan karya-karyanya pada 21 September 2016 mendatang, sekaligus menyerahkan hadiah kepada para pemenang.

Sebelumnya juga dilaksanakan lomba metembang tingkat SMP, lomba bercerita Bahasa Bali tingkat SD dan menggambar anak-anak TK. “Lomba ini serangkaian dari Gerakan Gemar Membaca  yang dilaksanakan secara rutin diikuti semua sekolah yang ada di Gianyar,” ujar Hery Nurhancoko.

Baca Juga :  Minim Pelamar, SMA Bali Mandara Kejar Target Penuhi Kuota Siswa Baru 

Juri berasal dari unsur akademisi yakni Ir. I Ketut Witarka Yudiata (Universitas Ngurah Rai), Prof. Dr. I Wayan Suparta (Unud) dan unsur media.

Perlombaan yang sudah dilaksanakan beberapa kali ini,  menurut Hery Nurhancoko, karena keprihatianannya terhadap rendahnya masyarakat minat baca buku.

Dalam sebuah penelitian menyebutkan budaya membaca masyarakat Indonesia berada pada titik terendah diantara 52 negara di Asia yakni  0,001 persen. Artinya dari 1.000 anak Indonesia  hanya satu anak yang mampu menghabiskan satu buku dalam setahun. (agy/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini