BALIPORTALNEWS.COM – Gelaran Ikatan Alumni Politeknik Negeri Bali Festival (Ikafest) 2016 bertema Green Smart berlokasi di Taman Kota Lumintang, Denpasar, Sabtu (24/9/2016), diapresiasi Wagub Bali Ketut Sudikerta.

Festival yang diprakarsai oleh para alumni Politeknik Negeri Bali ini diharapkan mampu melahirkan wirausaha-wirausaha muda yang siap bersaing dan meramaikan persaingan dunia usaha di Bali maupun bisa berkembang ke tingkat nasional hingga internasional.

“Saya berharap semoga kegiatan ini semakin ditiru,  agar bisa melahirkan interpreneur-interpreneur muda yang bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru, sehingga nantinya juga bisa menampung maupun mengakomodir sumber daya manusia (SDM) lulusan berbagai universitas maupun lulusan almamaternya sendiri, dalam mencari pekerjaan,” cetus Sudikerta saat membuka Ikafest.

Sementara itu, Direktur Politeknik Negeri Bali, I Made Mudina, dalam sambutannya menyatakan kegiatan yang dilaksanakan diharapkan mampu menjadi jembatan antara Politeknik Negeri Bali dengan alumninya maupun dengan masyarakat dalam menyediakan lapangan pekerjaan.

Menurutnya hampir 14.500 alumni yang membutuhkan lapangan pekerjaan baru, dari sekitar 1.200 lulusan tiap tahunnya. Dibalik itu, ia meyakini alumni-alumni universitas yang dipimpinnya bisa membuka lapangan pekerjaan baru dengan sendirinya, karena ada kelebihan yang diterapkan pada sistem pendidikan disana.

Sistem pembelajaran lebih mengedepankan ilmu terapan mencapai 60%, sisanya lagi 40% merupakan teori. Para mahasiswa melaksanakan praktek berbasis Kuliah Kerja Nyata Industri (KKNI), sehingga lulusan sudah berbasis industri untuk menciptakan wirausaha muda.

Lebih jauh, Ia pun mengharapkan kedepannya ada penjajagan kerjasama sinergis antara PNB dengan Pemprov, seperti kerjasama yang sudah dilaksanakan antara PNB jurusan Teknik Sipil dengan Pemkot Denpasar membangun sumur resapan di lapangan Taman Kota Lumintang tersebut.

Ditambahkan, Ketua Panitia Festival, I Made Mendra Astawa, bahwa Program-program yang digelar dalam festival tersebut bertujuan memberikan kontribusi positif dan nyata sosial di bidang sosial kemasyarakatan.

Acara yang digelar dalam festival tersebut di antaranya Job Fair yang diikuti 15 perusahaan, pameran 15 peserta, dan kuliner diikuti 15 peserta. (r/humas pemprov bali/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini