BALIPORTALNEWS.COM – Pemerintah Kota Denpasar telah memiliki hubungan kerjasama dengan Negara Jepang di bidang pariwisata. Kini Universitas Tottori  di Jepang kembali menjalin kerjasama dengan Universitas Udayana terkait pendidikan.

Dengan kerjasama ini Universitas Udayana dan Universitas Tottori bisa saling interaksi secara berkesinambungan. ‘’Untuk meresmikan kerjasama ini waktu dekan ini Universitas Udayana dan Universitas Tottori akan mengadakan MOU,’’ ungkap Dosen Universitas Tottori Joji Sugimoto yang diterjemahkan oleh Penanggung Jawab Mataken Gakko sekaligus Sesepuh Pasemetonan Fukuoka Denpasar I Gusti Kompiang Pujawan saat beraudensi dengan Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara di Kantor Walikota Denpasar, Jumat (9/9/2016).

Untuk memperlancar kerjasama itu pihak Tottori  meminta doa restu Walikota Denpasar, Wakil Walikota dan Sekda Kota Denpasar. Ia mengaku Mataken Gakko juga siap memfasilitasi. Dimana sebelumnya Mataken Gakko telah menjalin hubungan selama 11 tahun dengan Universitas Tottori. Sedangkan hubungan Mataken Gakko dengan Negara Jepang telah terjalin selama 40 tahun lebih.

Baca Juga :  Tahun 2024, Distan Denpasar Targetkan Vaksinasi Rabies Sasar 73.975 HPR

Tidak hanya, agar masyarakat Bali khususnya Denpasar bisa berbahasa Jepang Universitas Tottori selalu mengirim mahasiswa untuk mengajar bahasa Jepang di lembaga kursus bahasa Jepang di Bali yang bernama Mataken Gakko  secara gratis.

Kali ini Universitas Tottori mengirim empat mahasiswa yakni Yuki Koike, Ryutaro Tatsumi, Yuzaki Takami, dan Yukine Hirose  untuk mengajar bahasa Jepang di Mataken Gakko. Dari empat mahasiswa itu, Yuki Koike mendapat beasiswa untuk mengajar kursus bahasa Jepang selama 5 bulan di Mataken Gakko sedangkan yang lainnya hanya mengajar sebelas hari.

Baca Juga :  PLN Siagakan 2.700 Posko untuk Amankan Pasokan Listrik Selama Idul Fitri 1445 H

Pujawan juga mengaku meskipun secara singkat di Bali tapi mereka sangat senang bisa mengajar siswa Mataken Gakko. Selain mengajar Bahas Jepang, Bali sangat menarik dan mendunia, terutama pariwisata untuk dikunjungi.

Sementara Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara sangat mengapresiasi kerjasama yang akan dijalin Universitas Udayana dan Universitas Tottori Jepang. Dimana sebelumnya Pemerintah Kota Denpasar juga telah menjalin hubungan kerjasama dengan Jepang.

Salah satu bukti nyata dengan mendirikan Pasemetonan Fukuoka Denpasar. Untuk itu Pemkot Denpasar berharap kerjasama berkesinambungan tetap terjalin.

Baca Juga :  Ratusan Pemudik Kunjungi AHASS Siaga Plus di Jembrana

Menurut Rai Iswara dalam prosesi pembangunan itu kita tidak boleh menutup diri, dengan keterbukaan, baik melalui pendidikan, budaya maupun teknologi dan lainnya. ‘’Kita membutuhkan suatu kerjasama yang terus menerus, maka dari itu kami menyambut baik serta perlu membuat suatu payung berupa MOU,’’ ujarnya.

Mudah-mudahan ke depan tidak hanya bekerjasama di bidang pendidikan tetapi juga bekerjasama  secara menyeluruh. Karena Denpasar memiliki budaya, tata ruang, IT, pendidikan, kesehatan,  mudah-mudahan kedepan bisa kerjasama dibidang tersebut, tentunya diawali kerjasama dalam pendidikan ini. (ayu/humas pemkot dps/tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News