BALIPORTALNEWS.COM – TP PKK Kabupaten Gianyar melaksanakan sosialisasi hasil Rakernas VIII PKK tahun 2015 dan pembinaan 10 program pokok PKK pada desa/kelurahan binaan tahun 2016 oleh TP PKK Provinsi Bali, di Gedung PLUT KUMKM Bedulu, Blahbatuh, Gianyar, Selasa (20/9/2016).

Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar,  Nyonya Surya Adnyani Mahayastra mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam meningkatkan pengetahuan atau kemampuan pengelolaan gerakan PKK  bidang administrasi maupun pelaksanaan 10 program pokok PKK secara berjenjang dari tingkat kabupaten, kecamatan dan desa.

“Kami juga telah melaksanakan pelatihan kepada masing-masing Pokja dan melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan menambah pengetahuan kader-kader sehingga memiliki kesamaan persepsi terutama untuk menghadapi perlombaan,” jelas Nyonya  Surya Adnyani Mahayastra.

Wakil Ketua IV TP PKK  Propinsi Bali, Nyonya I Gusti Ngurah Alit mengatakan, hasil Rakernas  VIII  PKK tahun 2015 secara resmi diberlakukan menjadi dasar pelaksanaan program dan kegatan gerakan PKK kurun waktu 2015– 2020.

“Hasil Rakernas telah dirumuskan kembali pada Rakerda PKK Provinsi Bali tahun 2016 dan sosialisasi ini bertujuan agar TP PKK kabupaten/kota maupun kecamatan dapat memahami dan melaksanakan hasil Rakerda tersebut,” jelasnya.

Dikatakan, penyelenggaraan pembinaan 10 Program Pokok PKK merupakan amanat dari hasil Rakernas yang merupakan program nasional dan wajib dilaksanakan setiap tahun secara berjenjang mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota dan Provinsi.

Dikatakan, inti dari sosialisasi dan pembinaan ini adalah untuk  menumbuhkan motivasi dan penguatan kelembagaan serta pemberdayaan masyarakat dan kemandirian kabupaten/kota dalam melaksanakan 10 program Pokok PKK.

Materi sosialisasi dan pembinaan di antaranya bidang kelembagaan PKK, rencana kerja lima tahun PKK, adminsitrasi, program Pokja, menyusun rencana kerja mengacu pada Sustailable Development Goals (SDGs) sebagai pedoman pelaksanaan 10 program pokok PKK.

Peserta sosialisasi dan pembinaan diikuti pengurus TP PKK Kabupaten Gianyar dan kecamatan, pengurus Pokja TP PKK kecamatan dan desa/kelurahan, pengurus TP PKK desa/kelurahan desa binaan. (agy/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini