BALIPORTALNEWS.COM – Subak Guama di Banjar Kekeran, Desa Selanbawak, Kecamatan Marga, Tabanan, dikunjungi rombongan FAO  (Food and Agriculture Organization) dari 37 negara, Selasa (27/9/2016).

Kunjungan para tamu negara tersebut dalam rangka membicarakan hak-hak petani. Mereka terdiri 100 orang, diterima Manajer Koperasi Kuat Guama, I Wayan Atmajaya, di Balai Subak Guama. Hadir pula Kepala BPTP Provinsi  Bali, Agung Kamandalu bersama tim.

Atmaja mengatakan, Subak Guama selain mengelola irigasi, juga menjalankan usaha dalam bentuk peternakan, yaitu ternak sapi. “Ternak sapi diberikan kepada masyarakat dalam bentuk kredit Kami juga menyalurkan sarana untuk produksi pertanian yang dibutuhkan warga Subak Guama, dan kami juga sebagai penyemai bibit padi dan benih jenis inpar dan infago,” ujarnya.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Apresiasi Kekompakan Warga Banjar Tuakilang Baleran

Ada juga usaha koperasi, guna membantu keluarga petani, khususnya anggota Subak Guama. Bantuan  dalam hal pemasaran hasil pertanian kepada kelompok tani, yang bekerja sama dengan BUMN untuk pemasaran benih.

“Sampai saat ini Koperasi Kuat Subak Guama mengelola aset hingga Rp 5,3 miliar,” jelas Atmaja. (ita/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News