BALIPORTALNEWS.COM Perayaan HUT Ke-32 Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) Wilayah Bali diharapkan mampu dijadikan sebagai ajang untuk melakukan evaluasi internal kelembagaan sebagai tolak ukur seberapa besar kontribusi Perbarindo dalam mendorong perekonomian masyarakat dan juga pembangunan daerah Bali.

Demikian disampaikan Gubernur Bali Made Mangku Pastika dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta saat mengahdiri Perayaan HUT Ke 32 Perbarindo yang dilaksanakan di Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala, Renon, Denpasar, Sabtu (3/9/2016).

“Perayaan ini pada hakekatnya adalah mengevaluasi internal kelembagaan, sejauh mana misi, tujuan dan prestasi yang telah dicapai, karena refleksi tersebut sangat penting guna mengukur kontribusi Perbarindo dalam membanguan ekonomi dan pembangunan daerah Bali,” tegas Pastika yang menurutnya evaluasi tersebut juga merupakan sebuah upaya untuk menentukan langkah – langkah yang harud dilakukan kedepan mengingat kedepan tantangan perbankan yang semakin kuat.

Oleh karena itu, ia menghimbau agar setiap instansi perbankan mampu untuk menerapkan prinsip kehati – hatian serta tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance. Selain itu juga dibutuhkan peningkatan koordinasi bagi seluruh pemangku kepentingan dalam mengembangkan berbagai inovasi untuk kepentingan dan berkelanjutan industry BPR kedepan.

Lebih lanjut disampaikan Pastika, ekonomi Bali saat ini sangat dipengaruhi oleh factor eksternal. Ketergantungan akan kinerja pariwisata membuat kondisi eksternal memegang peran penting pada kinerja ekonomi Bali. Oleh karena itu, tantangan pembangunan ekonomi kedepan menuntut adanya peningkatan profesionalisme pada semua unsur penyelenggaraan pembangunan baik pemerintah, swasta, masyarakat maupun lembaga keuangan.

Sementara itu Kepala Perbarindo Wilayah Bali I Ketut Wiracana dalam laporannya menyatakan para banker saat ini harus mampu memanfaatkan kearifan local yang dimiliki oleh masyarakat Bali dalam upaya untuk mengembangkan usaha perbankan di Bali karena menrutnya hal tersebut merupakan potensi kekuatan yang dimiliki oleh masyarakat Bali. Ia juga mengakui selama ini BPR telah mampu berkembang sangat pesat berkat dukungan dari masyarakat Bali yang menurunya merupakan sahabat-sahabat BPR oleh karena itulah tema yang diambil dalam perayaan kali ini adalah “BPR Sahabatku”.

Lebih lanjut disampaikan oleh Wiracana, Perbarindo yang saat ini beranggotakan 137 BPR menyadari masih banyak yang perlu dilakukan sebagai akibat dari perubahan dinamika bisnis yang sangat cepat, oleh karena itu ia menghimbau jajaranya agar bekerja lebih keras lagi dalam mendukung pembangunan daerah dan ia juga mengharapkan dukungan yang masksimal dari seluruh seluruh masyarakat Bali dan juga pemerintah.

Perayaan tersebut ditandai dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Kepala Perbarindo Wilayah Bali yang kemudian diserahkan kepada Wagub Sudikerta. Dalam perayaan tersebutn juga diserahkan secara simbolis Simpanan Pelajar dari BPR kepada perwakilan siswa SD, SMP, SMA dan SMK yang diserahkan langsung oleh Wagub Sudikerta. (r/humas pemprov bali/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini