BALIPORTALNEWS.COMBertepatan dengan Sukra Umanis Langkir, Jumat (23/9/2016) terlihat sejak pagi hari serentak para warga masyarakat pengempon Pura Dalem Kedatuan Kesiman, Kecamatan Denpasar Timur, mengenakan pakian adat kepura bernuansa putih, dikarenakan para warga sedang melaksanakan prosesi Ngingsah, Mecaru Wrespati Kalpa, serta Mupuk Pedagingan yang merupakan serangkaian Karya Memungkah, Ngenteg Linggih, Medudus Alit Lan Wrespati Kalpa Pura Dalem Kedatuan Kesiman.

Upacara ini dihadiri dan disaksikan langsung Walikota Denpasar IB. Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Wakil Walikota Denpasar IGN. Jaya Negara, Ketua DPRD Kota Denpasar IG. Ngurah Gede ,Camat Denpasar Timur Dewa Made Puspawan, serta Para Kades/Lurah, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat di Desa Kesiman .

Baca Juga :  Diikuti Ratusan Peserta, Desa Ubung Kaja Gelar Fun Run Sambut HUT Ke-236 Kota Denpasar

Kedatangan orang nomor satu di Kota Denpasar ini disambut baik warga setempat, dengan disambut berbagai tarian dan gambelan dari Sekaa Tari dan Tabuh warga setempat. Sebelum melakukan persembahyangan bersama dengan warga setempat Rai Mantra dan Jaya Negara menyaksikan pelaksanaan mupuk pedagingan yang dipuput Ida Pedanda Gede Putra Bajing. Seusai persembahyangan Rai Mantra juga menandatangani prasasti Pura Dalem Kedatuan dan menyerahkan punia. Ketua Panitia Karya I Wayan Wiranatha mengatakan, Kegiatan ini merupakan serangkaian dari Karya Memungkah, Ngenteg Linggih, Medudusan Alit Lan Wrespati Kalpa yang dilaksanakan di Pura Dalem Kedatuan Kesiman setelah rampungnya pembangunan beberapa pelinggih.

Baca Juga :  Dispar Akan Lakukan Pengecekan Rutin “Levy Voucher” di DTW

Pada Jumat (23/9/2016) dilaksanakan upacara Ngingsah, Mecaru Wrespati Kalpa, serta Mupuk Pedagingan, sedangkan Puncak karya akan dilaksanakan pada Selasa (27/9/2016) yang dirangkai dengan pemelastian ke Taman Musen, serta Pedudusan dan Ngenteg Linggih .

Lebih lanjut Wayan Wiranatha mengatakan, kehadiran Walikota Denpasar IB. Rai Dharmawijaya Mantra dan Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara merupakan kebanggaan bagi kita sebagai pengempon, serta telah memberikan perhatian melalui sarana prasarana karya serta punia.

“Beliau sangat peduli kepada masyarakat dan telah memberi bantuan kepada pengempon Pura sebagai stimulan untuk menyelesaikan renovasi serta serangkaian Upakara Karya Memungkah, Ngenteg Linggih, Medudusan Alit lan Wrespati Kalpa di Pura Kedatuan Kesiman ,” ujarnya.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Buka Sosialisasi Hak Kekayaan Intelektual BRIDA Kota Denpasar

Sedangkan Walikota IB. Rai Dharmawijaya Mantra yang ditemui di sela-sela karya mengaku sangat apresiasi dengan antusiasme warga masyarakat dalam melaksanakan upacara yadnya. Ia berharap dengan terselenggaranya upacara ini rasa persatuan dan rasa bakti kepada Ida Sang Hyang Widhi semakin meningkat. (eka/humas pemkot/dps/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News