BALIPORTALNEWS.COMPenilaian Akuntabilitas kinerja instansi pemerintah yang akan segera dilaksanakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi terhadap seluruh pemerintah daerah di Bali diharapkan mampu mewujudkan budaya pemerintahan (governance culture) yang mampu menjawab tantangan jaman dengan adanya peningkatan kualitas pelayanan publik secara adil dan bijaksana, melalui sejumlah perubahan seperti transformasi budaya birokrasi, peningkatan kinerja instansi, transparansi, dan optimalisasi serapan anggaran yang akuntabel.

Demikian pernyataan Gubernur Bali Made Mangku Pastika dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Ketataprajaan Setda Provinsi Bali, Dewa Putu Eka Wijaya Wardana , saat menghadiri acara Rapat Evaluasi Akuntabilitas Kinerja dan Reformasi Birokrasi di Ruang Rapat Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali, Rabu (14/9/2016). 

Lebih jauh disampaikan Pastika  pengukuran kinerja memiliki pengaruh positif yang berhubungan langsung terhadap pencapaian kinerja organisasi, baik organisasi sektor swasta maupun organisasi non-profit.  Dan untuk mewujudkan kinerja pemerintahan yang baik, menurut Gubernur Pastika dapat dicapai diantaranya melalui perencanaan yang berkualitas, pengarahan yang baik disertai keteladanan, ketersediaan informasi secara tepat waktu, adanya keterlibatan dari para pemangku kepentingan, manajemen sumberdaya yang baik, pengendalian yang tepat, dan pelaksanaan yang transparan.

Hal tersebut, merupakan bagian dari komitmen Pemprov Bali dalam pelaksanaan proses reformasi nasional secara menyeluruh. Disamping juga, kinerja birokrasi yang mengedepankan public-orientation menurut Gubernur Pastika merupakan pintu masuk bagi instansi pemerintah yang senantiasa bertransformasi menjadi organisasi yang dinamis. karena organisasi yang dinamis itulah yang diharapkan mampu menjawab tantangan jaman, dalam koridor mewujudkan sebuah peradaban baru yang mensejahterakan seluruh rakyat secara adil dan merata.

Ditambahkan Wagub Ketut Sudikerta, yang menyempatkan waktunya menghadiri kegiatan tersebut di sela-sela menghadiri kegiatan lain, berharap para Kepala SKPD dilingkungan Pemprov Bali bisa memanfaatkan sebaik-baiknya momen tersebut untuk mendapatkan pembinaan sehingga bisa mendukung peningkatan nilai akuntabilitas kinerja Pemprov Bali yang sebelumnya BB menjadi A. Sebagai bentuk komitmen dalam upayanya melakukan perbaikan kinerja, Wagub Sudikerta berjanji akan turun langsung ke masing-masing SKPD untuk mengawasi pelaksanaan perbaikan tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Deputi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemen PAN-RB, Didit Nurdiatmoko, menjelaskan penilaian merupakan bentuk evaluasi terhadap pemerintahan daerah untuk memastikan birokrasi yang dijalankan sudah pada jalurnya (on the right track), jadi bukan untuk menilai para Kepala Daerah. Lebih jauh, Ia menjelaskan evaluasi yang dilaksanakan bertujuan untuk pemetaan manajemen pemerintahan yang sudah dilaksanakan, dan memberikan saran perbaikan-perbaikan dalam bentuk bimbingan agar manajemen pemerintahannya lebih baik.

Kinerja Provinsi Bali yang saat ini pada posisi baik dengan nilai BB, menurutnya memiliki potensi menjadi sangat baik dengan nilai A, apabila melihat sumber daya yang dimiliki serta didukung oleh teknologi yang ada. Permasalahan yang sering dihadapi terkait kinerja pemerintahan saat ini menurutnya terletak pada ownership Kepala SKPD, yang harusnya bisa melaksanakan dokumen-dokumen yang sudah dibuat.

"Ini bukan masalah dokumen, dokumen kan bisa dibuat, ada panduan-panduannya, yang terpenting Kepala SKPD menjalankan dokumen-dokumen yang sudah dibuat atau tidak, dilaksanakan sampai tingkat penganggaran apa tidak, karena terkadang ada dokumen penganggaran dan dokumen penyelenggaraan tidak nyambung," cetus Didit. 

Rapat evaluasi kala itu turut dihadiri Bupati Bangli Made Bangli, I Made Gianyar, dan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, serta diikuti oleh seluruh pimpinan SKPD dilingkungan Pemprov Bali. (r/humas pemprov bali/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini