BALIPORTALEWS.COM – Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mengungkapkan dukungannya atas rencana penyelenggaraan Festival Kerambitan II/2016. Festival kali ini bertema “Vasudeva Kutumbakam Living in Peace and Harmony”, yang akan berlangsung mulai 7 – 9 Oktober 2016.

Tim Festival Kerambitan II 2016, yang dipimpin Camat Kerambitan I Gede Sukanada, Rabu (14/9/2016), mengungkapkan, Festival Kerambitan II 2016 merupakan lanjutan dari Festival Kerambitan I 2015. Kali ini akan berlangsung di Lapangan Umum Desa Kerambitan, dengan menonjolkan salah satu seni ciri khas dari Kecamatan Kerambitan, yaitu okokan dan tektekan.

“Kedua kesenian tersebut akan digabung menjadi satu kesatuan, yaitu pagelaran okokan dan tektekan massal. Acara tersebut juga didukung seluruh potensi seni dan budaya di Kerambitan,” ujar Sukanada.

Sementara Bupati Eka mengatakan, selain menanamkan rasa bangga terhadap seni dan budaya, serta adat istiadat, juga berharap agar festival yang serupa diadakan di setiap kecamatan di Kabupaten Tabanan. Tujuannya untuk mengangkat potensi di daerah masing-masing, baik seni dan budaya, adat istiadat, potensi kulier, dan lain sebagainya.

“Saya berharap, dengan adanya event ini bisa membangkitkan rasa cinta kasih dan sayang masyarakat Kerambitan terhadap daerahnya,” tegasnya.

Dengan Festival Kerambitan II 2016, juga salah satu bagian dari program revolusi mental yang digaungkan Pemerintah Republik Indonesia di bawah pimpinan Joko Widodo. “Kalau mental kita mau bagus dan baik, maka seni, budaya, dan adat istiadat harus dikembangkan. Rasa cinta, kasih, dan sayang pun harus ditumbuhkan, agar kita bangga mengenalkan seni, budaya, dan adat istiadat kita ke bangsa lain,” pungkasnya. (ita/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini