BALIPORTALNEWS.COMKabupaten Badung kembali berhasil meraih 3 penghargaan Terbaik sebagai daerah dengan tujuan investasi yang paling diminati oleh investor, Ketiga penghargaan tersebut diterima Kabag Humas Kabupaten Badung mewakili Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta.

Pada Malam Anugrah Indonesia's Attractiveness Awards Tahun 2016 dari Tempo Media Group dan Frontier Consulting Group yang dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara mewakili Presiden RI  Joko widodo, turut hadir pada acara tersebut Ketua DPR Ade Komarudin, Menteri PAN- RB Asman Abnur, serta kepala BKPM, Kamis (22/9/2016)  di Hotel Mulia Jakarta.

Dari Ajang Indonesia Attractiveness Awards (IAA) ini Kabupaten Badung ditetapkan sebagai Kabupaten Terbaik Nasional dengan 3 posisi terbaik untuk katagori Pariwisata, Katagori ketersediaan infrastruktur untuk Koridor wilayah Bali dan Nusa tenggara  serta daya tarik investasi untuk total indeks daya Tarik investasi  dengan berhasil meraih Penghargaan Platinum dengan Attractiveness Indeks 89,56.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta yang diwakili oleh Kabag Humas Pemerintah Kabupaten Badung Anak Agung Gd Raka Yuda menerima ketiga penghargaan  tersebut  untuk  katagori Pariwisata dengan posisi terbaik Nasional diserahkan langsung oleh menteri Komunikasi dan informatika Rudiantara, sedangkan untuk katagori ketersediaan infrastruktur dengan total indek daya tarik yang dimiliki diserahkan  oleh Kepala BKPM sementara untuk  pengharagaan  utama sebagai Kabupaten terbaik untuk katagori daya tarik Investasi dengan pengharagaan platinum diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur.

Baca Juga :  Sang Gede Sukawiyasa Resmi Jabat Kepala BNN Kota Denpasar

Menkominfo Rudiantara mengatakan Bahwa Pemerintah terus mendrive agar pertumbuhan ekonomi nasional terus bertumbuh sehingga Indonesia bisa berada pada posisi  7 dunia dimasa datang. "Pertumbuhan ekonomi nasional terus didorong agar terus meningkat  dengan menggunakan APBN sebagai Tool dengan mengarahkannya untuk belanja modal yang bersifat produktif, menciptakan lapangan pekerjaan serta sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Saat ini dikatakannya bahwa kita tengah  menghadapi kompetisi secara ketat dengan negara negara lain didunia untuk menarik investasi. '"tidak mungkin ada pertumbuhan ekonomi bila tidak ada investasi, oleh karenanya dalam upaya menarik investasi ini dibutuhkan adanya Iklim Investasi yang sehat dinamis dan kondusif." Katanya.

Dibagian lainnya Rudiantara juga menekankan bahwa Formula untuk menarik Investasi tersebut adalah adanya ketersediaan sarana dan prasarana infrastruktur yang memadai, adanya pelayanan publik yang baik dan berkualitas, untuk itu diharapkan kepada kepala daerah untuk dapat memeperhatikan formula dalam menarik investasi dengan mengarahkan belanja daerahnya untuk belanja modal terutama mengembangkan infrastruktur daerahnya serta terus melakukan trobosan dalam meningkatkan pelayanan publiknya. 

Menpan-RB Asman Abnur mengungkapkan bahwa malam Anugrah Indonesia attracctiveness ini merupakan ajang apresiasi terhadap pemimpin didaerah yang  mampu melakukan Inovasi sehingga  berhasil  mengolola segenap potensi daerahnya dengan baik  sehingga daerahnya menjadi tujuan investasi secara nasional dan regional. Kalau setiap  kepala daerah mampu melakukan inovasi memberikan kemudahan sehingga dapat menarik investasi maka daerah tersebut akan menjadi makmur dan sejahtera. oleh karenanya saya tekankan kepada seluruh kepala daerah untuk memberikan kemudahan dan mampu membangun iklim investasi yang sehat sehingga dapat menciptakan lapangan kerja, menekan kemiskinan sehingga akhirnya akan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi secara nasional.

Baca Juga :  Kunker ke Wilayah Hukum Karangasem, Kapolda Beri Bantuan Kepada Pelaku Pariwisata

Menurutnya bahwa Keberhasilan suatu daerah sebagai tujuan investasi  ini memang dibutuhkan strategi dan komitmen para pemimpin didaerah untuk melakukan inovasi untuk bekerja keras dalam pengelolaan sumber daya yang dimilikinya sehinga mampu mewujudkan kesejahteraan melalui peningkatan pelayanan publik yang berkualitas termasuk didalamnya dalam pelayanan perijinan.

"Pihaknya bersama segenap jajaran Kemenpan -RB akan terus mendorong para kepala Daerah untuk melakukan trobosan dan inovasi yang mestinya juga dapat dilakukan Replikasi oleh daerah lainnya di Indonesia. Dengan demikian seluruh daerah akan bisa berjalan dan bertumbuh secara bersama-sama." ujarnya. 

Sementara Bupati Badung melalui  Kabag humas Raka Yuda mengatakan bahwa keberhasilan meraih pengharagaan nasional sebagai Kabupaten terbaik untuk ketiga katagori daya tarik investasi ini merupakan buah kerja keras serta komitmen segenap masyarakat, jajaran Birokrasi  serta pemangku kepentingan  lainnya termasuk tentunya dukungan penuh DPRD kabupaten Badung.

Baca Juga :  Bupati Buleleng Minta Masyarakat Tertib Urus Perizinan

Bupati menegaskan bahwa segenap prestasi yang berhasil diraih  hendaknya dapat sejalan dengan tingkat kesejahteraan masyarakat, terwujudnya pelayanan Publik yang semakin berkualitas dan meningkatnya daya saing daerah.

Menurut Raka Yuda yang juga bicara Bupati Badung ini mengungkapkan bahwa Bapak Bupati Badung dalam berbagai kesempatan  sering menekankan bahwa sebagai daerah dengan tujuan pariwisata nasional dan internasional maka faktor terjaganya keamanan dan kenyamanan ini menjadi faktor penting dan menentukan keberlangsungan pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Badung.

Pemerintah akan melakukan berbagai upaya dan Trobosan dalam upaya menyiapkan infra struktur dan peningkatan kualitas pelayanan publik termasuk menjaga rasa aman dan kenayamanan masyarakat dan para pelaku usaha di badung.Hal ini dilakukan karena juga disadari bahwa keberlangsungan pembangunan kepariwsataan ini amat penting karena  menjadi penggerak pertumbuhan perekonomian di kabupaten Badung.

Ditambahkannya bahwa dalam upaya mewujudkan ketentraman dan ketertiban di wilayah hukum Kabupaten badung bapak Bupati telah membuat program bersama dan berkelanjutan  dengan Jajaran TNI dan Polri guna melakukan patroli bersama dengan jajaran dan aparat terkait di kabupaten Badung seperti Sat Pol PP , kes Bang pol Linmas dan pecalang." Pungkasnya. (r/humas pemkab badung/bpn)