Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Setelah beberapa saat lalu selama dua hari tepatnya tanggal 6 sampai 7 Agustus 2016 Pelangi Denpasar yang bekerjasama dengan  Pemerintah Kota Denpasar menggelar Denpasar Kite Festival II Tahun 2016 di Pantai Padang Galak Denpasar. Sesuai dengan hasil penilaian dewan juri lomba layang-layang Denpasar Kite Festival , maka ditetapkan pemenang juara I,II,III dan Harapan I,II,III untuk berbagai jenis layangan yang dilombakan.

Penyerahan Piala, piagam serta uang diserahkan langsung Walikota Denpasar IB. Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Kepala Dinas Pariwisata Daerah Kota Denpasar Wayan Gunawan, Wakil Ketua DPRD I Wayan Mariyana Wandhira pada, Sabtu (13/8/2016) di Stage RRI Denpasar.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga dan melestarikan tradisi Rare Angon melayangan, meningkatkan kreativitas pemuda, membangkitkan semangat sportivitas dalam berkompetisi dan menjaga serta melestarikan budaya demikian disampaikan Walikota Denpasar Rai Mantra di sela-sela acara penyerahan penghargaan bagi pemenang lomba. Kreatifitas ini harus berkembang dan dapat melahirkan inovasi dan kreatifitas para pemuda.

Lebih lanjut Rai Mantra mengatakan,  permasalahan yang ada bukan harus menyetop kreatifitas justru harus ada inovasi-inovasi serta solusi agar kreatiftas bisa berkembang. “Layang-layang ini semakin diminati dan semakin kreatif karena sekarang sudah bisa knock down jadi tidak perlu membuat jalan macet”, ujarnya.

Baca Juga :  Rai Mantra Ajak Masyarakat Lebih Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

Ia sangat mengapresiasi kegiatan ini, ia berharap kegiatan ini rutin dilaksanakan serta kedepannya ditingkatkan lagi. “Harus ada ruang tempat dan solusi karena ini sifatnya bukan hanya kreatifitas tetapi heritage yang merupakan warisan budaya rare angon yang harus dijaga, dilestarikan dan ditingkatkan lagi,” ujar Rai Mantra.

Ketua Panitia Penyelenggara Denpasar Kite Festival II, I Wayan Mariyana Wandhira mengatakan, perlombaan layang-layang ini telah memasuki tahun ke-2 dengan peningkatan peserta setiap tahunnya yang cukup drastis. Layang-layang yang mengudara berlomba menunjukan ke elokannya di udara, dengan berbagai jenis layangan seperti layangan janggan, bebean, pecukan,janggan buntut dan layangan kreasi selama dua hari, dari tanggal 6 sampai 7 Agustus 2016.

Baca Juga :  Rai Mantra Lepas Jalan Sehat Desa Panjer, Ajak Masyarakat Selalu Jaga Kebersihan

Tidak hanya dari Denpasar saja, Denpasar Kite Festival ini juga di ikuti dan dimeriahkan oleh peserta dari seluruh kawasan Bali. Adapun para juri berasal dari unsur seniman layangan dan budayawan yang menilai layangan dari segi warna, bentuk, guwangan, kondisi terbang dan kekompakan peserta.

Pemenang lomba kategori Janggan Remaja dari Laksana Kumara Sanur, Pecukan Remaja dari Lila Cita Gunung Talang, Bebean dari Pokemon Team. Sedangkan juara I Janggan Dewasa diraih St. Putra Kencana Banjar Dauh Tangluk Kesiman, Bebean Dewasa dari Serigat Justice Lembeng, Pecukan Dewasa dari Bangli 86, Janggan Buntut dari Arek-arek Panti Sanur,Bebean Big Zise dari Balac Belega Gianyar, Pecukan Big Zise dari Bakung Sari Kuta dan Layangan Kreasi diraih Shaparrow Denpasar.

Baca Juga :  Walikota Rai Mantra Buka Kreativitas Rumah Pintar Tahun 2016

“Melayangan bukan sekedar melayangan tapi menyatukan perbedaan tempat, warna maupun tradisi kita satukan untuk mnjadi sebuah kesimbangan atau harmonisasi peserta, penyelengara serta lingkungan”, ujar Wandhira. Selain itu, dengan diadakannya kegiatan ini berupaya memberi ruang gerak kepada para undagi, peserta, pencinta untuk menunjukan hasil karyanya yang bisa ditonton, dinikmati serta sebagai ajang rekreasi.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini