Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Wagub Sudikerta menghimbau masyarakat jelang hari  raya Galungan dan Kuningan agar membeli  kebutuhan yang menjadi prioritas baik dari sisi keperluan upacara maupun kebutuhan pokok. Sehingga pengeluaran yang dilakukan oleh masyarakat tidak berlebihan, karena pengeluaran yang berlebihan dikhawatirkan berdampak pada ketidak mampuan dalam memenuhi kebutuhan lainnya.

Disamping itu, Wagub Sudikerta juga menghimbau kepada para pedagang agar tidak menaikan harga terlalu tinggi, demi mendapatkan keuntungan pada hari raya. Demikian disampaikannya saat melakukan operasi pasar pada salah satu pasar tradisional Desa Pekraman Intaran, Sanur di Denpasar, Sabtu (27/8/2016).

Baca Juga :  Tingkatkan Kemahiran Berbahasa Indonesia ASN Pemprov Bali, Sekda Dewa Indra Buka Sosialisasi Pengutamaan Bahasa Negara

Lebih lanjut Sudikerta menyampaikan terlebih saat ini TPID Provinsi Bali telah mengeluarkan Sistem Informasi Harga Pangan Utama dan Komoditas Strategis  (SiGapura) yang  bisa diakses masyarakat dan dipantau oleh TIPD Kab/Kota di Bali. “Dengan kerjasama antara masyarakat dengan Pemerintah tersebut, diharapkan dapat menekan inflasi menjelang perayaan hari raya yang akan datang ini,” ujar orang nomor dua di Bali tersebut.

Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta yang kala itu didampingi oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali, Ni Wayan Kusumawathi, dalam wawancara dengan awak media menyampaikan tujuan dari operasi pasar tersebut adalah untuk memantau harga pangan di lapangan secara langsung.

Baca Juga :  Wujudkan Keanggotaan yang Berperan Aktif dan Berkontribusi, Pj Gubernur Bali Kukuhkan Kepengurusan PWRI Provinsi Bali 2024-2029

Mengingat Sudikerta merupakan Ketua Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Bali. “Dari pantaun saya hari ini kenaikan harga yang terjadi di Pasar Intaran masih cukup stabil, mulai dari bahan upacara sampai pada kebutuhan pokok”, ujarnya kepada awak media.

Sudikerta berharap harga-harga yang beredar di pasar sampai pada hari raya nanti akan tetap stabil dan tidak terlalu mengalami  peningkatan yang signifikan, sehingga inflasi di Bali tidak mengalami kenaikan. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News