Walikota Rai Mantra Lepas Peserta Utsawa Dharma Gita Tingkat Provinsi

89

BALIPORTALNEWS.COM – Utsawa Dharmagita Tingkat Provinsi Bali kembali digelar pada pada tanggal 27 hingga 29 September di Taman Budaya Art Centre Denpasar. Pada Senin (26/9/2016) di Kantor Dinas Kebudayaan Denpasar, sebanyak 86 peserta perwakilan Kota Denpasar dilepas secara langsung oleh Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra. Pada kesempatan itu Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Plt Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, Ni Nyoman Sujati, Mantan Kadisbud Kota Denpasar, Made Mudra serta sejumlah perwakilan Widya Sabha Kota Denpasar.

Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra dihadapan peserta yang akan mengikuti Utsawa Dharmagita Tingkat Provinsi Bali mengatakan generasi muda hendaknya jangan sampai melupakan karya leluhur yang adiluhung. Genersi muda harus paham jati diri sebagai orang Bali yaitu seni budaya.

“Perlu juga dikaji mengenai seni, bahasa dan kebudayaan dijadikan muatan lokal disekolah- sekolah agar kedepannya tidak sulit lagi mencari bibit- bibit untuk kegiatan seperti Utsawa Dharmagita baik tingat regional maupun nasional. Pemkot Denpasar juga akan mengucurkan bonus kepada para peserta wakil Kota Denpasar yang berprestasi pada ajang Utsawa Dharmagita tingkat Provinsi Bali berupa uang pembinaan serta sertifikat yang akan berguna nanti saat anak- anak ini menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi” ujar Rai Mantra
Lebih lanjut Rai Mantra mengatakan generasi muda harus bangga menjadi orang Bali dikarenakan Bali terkenal di dunia karena adat istiadat kebudayaannya, maka sudah semestinya kita mencintai dan menjaganya.

“Partisipasi generasi muda di Kota Denpasar akan terarah dengan baik karena saat Ini Pemkot Denpasar telah menyiapkan mereka untuk ikut serta sebagai Kader Pelestari Budaya yang nantinya dapat bergabung dalam Gabungan Pelestari Budaya Dunia, dengan begitu anak – anak ini akan berkesempatan dikirim ke luar negeri dan bergabung dengan volunter budaya dari seluruh dunia” ujar Rai Mantra.

Putu Suarta Wijaya, Ketua Widya Sabha Kota Denpasar, mengatakan pada pelaksanaan Utsawa Dharmagita Tingkat Provinsi Bali 2016 ini akan dilombakan total 38 kegiatan diantaranya Bidang Sloka, Bidang Kidung, Bidang Macepat, Bidang Kekawin, Bidang Palawakya, Bidang Dharma Widya, dan Bidang Dharma Wacana yang akan diikuti anak- anak, remaja, dan dewasa baik putra maupun putri.

“Kota Denpasar yang pada pelaksanaan Utsawa Dharmagita Tingkat Provinsi Bali Tahun 2015 menyabet juara umum, pada tahun ini mengirim sebanyak 86 peserta dan ditargetkan mempertahankan juara umum” ujar Putu Suarta. (esa/humas pemkot dps/bpn)