24.8 C
Denpasar
Kamis, 29 September 2022
Beranda blog

Momentum ‘World Tourism Day 2022’, HARRIS Hotel Riverview Kuta Berbagi Kasih ke Sesama

0
Hari Pariwisata Sedunia
Sambut Hari Pariwisata Sedunia, Program CSR HARRIS Hotel Riverview Kuta sasar warga kurang mampu di wilayah Tuban. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Dalam momentum menyambut Hari Pariwisata Sedunia atau World Tourism Day 2022, HARRIS Hotel Riverview Kuta menggelar kegiatan bakti sosial pembagian sembako kepada masyarakat kurang mampu di wilayah Tuban, Kelan, Badung, yang dilaksanakan pada Selasa (27/9/2022) kemarin.

Dhony Himawan selaku General Manager HARRIS Hotel Riverview Kuta, saat dihubungi oleh Jurnalis Baliportalnews.com pada Rabu (28/9/2022) menerangkan, selain dalam rangka menyambut Hari Pariwisata Sedunia 2022 kegiatan yang dinamakan ‘Charity For Humanity’ ini digelar juga sebagai bentuk Corporate Social Responsibility (CSR), sehingga sudah menjadi tanggung jawab sosial HARRIS Hotel Riverview Kuta terhadap lingkungan sekitarnya.

“Sebagai perusahaan yang selalu bertanggung jawab atas masyarakat dan lingkungan sekitar, HARRIS Hotel Riverview Kuta melakukan aksi nyata, berupa pembagian sembako dan kebutuhan pokok kepada masyarakat sekitar dengan sasaran warga kurang mampu di daerah Tuban, Kelan dan Kuta. Acara kami lakukan kemarin, 27 September 2022, yang memang kami lakukan atas dasar kepedulian sosial dan rasa syukur dari bangkitnya pariwisata Bali serta momentum World Toursim Day di tahun ini,” jelasnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, bahwa acara ini akan selalu dijadwalkan setiap tahunnya sebagai wujud nyata perusahaan sebagai tanggung jawab sosial terhadap masyarakat.

“Selanjutnya, kami juga akan merencanakan kegiatan sosial lain berupa donor darah dan berbagi kasih dengan sasaran anak-anak yatim piatu di bulan Desember 2022 mendatang. Melalui CSR ini, kami berharap akan berdampak baik bagi perusahaan dan lingkungan sekitar secara berkelanjutan,” paparnya. (aar/bpn)

Disperinaker Badung Canangkan SMK Pandawa Bali Global Role Model “SMK Siap Kerja”

0
SMK Pandawa
Dari kiri: Kepala Cabang Bank BPD Bali Cabang Mangupura; Pembina Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar, Prof. Dr. I Made Bandem, MA; Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Badung, Drs. I Putu Eka Merthawan, M.Si; Sekretaris Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali; dan Kepala SMK Pandawa Bali Global Abiansemal, Hery Nugroho, S.Pd., M.Pd. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – SMK Pandawa Bali Global Abiansemal, Badung mendapat kepercayaan dari Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Badung sebagai ‘SMK Role Model Lulusan Siap Kerja’.

Pencanangan SMK Pandawa Bali Global sebagai SMK Role Model Lulusan Siap Kerja dilakukan oleh Kepala Disperinaker Kabupaten Badung, Drs. I Putu Eka Merthawan, M.Si., bertempat di SMK Pandawa Bali Global, Jl. Janger, Dauh Yeh Cani, Abiansemal, Badung pada Rabu (28/9/2022) pagi.

Kepala Disperinaker Kabupaten Badung, Drs. I Putu Eka Merthawan, M.Si., mengatakan, acara hari ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan Disperinaker Badung dengan jajaran STIKOM Bali Group dan setelah mendapat arahan dari Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, pihaknya langsung merancang pencanangan SMK Pandawa Bali Global sebagai Role Model SMK Lulusan Siap Kerja guna mengurangi penggangguran  terbuka di hulu.

“Karena Pak Bupati kita I Nyoman Gri Prasta sangat konsen mengenai masalah ketenagakerjaan di Badung pasca Pandemi Covid-19,” kata Eka Merthawan.

Eka Merthawan menguraikan, sebelum Covid-19, pengangguran di Badung hanya 0,97 persen, tetapi setelah Covid tahun 2020, angka pengangguran naik drastis menjadi 6,1 persen. Dan tahun 2021, menurut data statistik Kabupaten Badung, angka pengangguran  sebesar 6,93 persen.

“Yang dirumahkan kemarin sebanyak 42.000 orang dari 170.000 karyawan yang ada di Kabupaten Badung,” lanjutnya.

Namun menurut Eka Merthawan, ada perkembangan yang luar biasa dalam hal penyerapan tenaga kerja. Kondisi saat ini berangsur-angsur naik, sekarang terserap hampir 85 persen.

“Indikator terukurnya, jika Kuta, Petitenget, Seminyak dan Berawa macet berarti pendapatan Badung naik. Gitu cara hitungnya, gak terlalu ribet-ribet ukur dengan survei, gak. Begitu macet, saya yang paling bersyukur. Minimal tunjangan pegawainya bertambah,” kata Eka Merthawan sambil tertawa lepas.

SMK Pandawa
Disperinaker Badung Canangkan SMK Pandawa Bali Global Role Model “SMK Siap Kerja”

Mengenai pemilihan SMK Pandawa Bali Globai sebagai role mode, menurut Eka Merthawan karena Disperinaker Badung baru memiliki satu role model.

“SMK Yang lain tidak perlu khawatir, tentu karena role model kami baru satu, kalau rame-rame, koor, itu namanya paduan suara. Jadi bagi SMK lain yang ingin melihat apa keunggulan komparatif SMK Pandawa Bali Global Abiansemal, silahkan melakukan studi banding di tempat ini. Jadi apa keunggulannya, silahkan, SMK Pandawa Bali Global Abiansemal tidak ‘demit’ (tidak boleh pelit berbagi-red). Konsep yang kami lakukan adalah Sahabat Pekerja dan IKM, konsepnya adalah Jayanti, kami menang tidak merugikan orang lain, kami berjaya tidak menginjak harga diri orang lain. Kita semua bukanlah kompetitor, kita semua adalah partnership,” sebut Eka Merthawan.

Guna menguatkan komitmen Disperinaker Badung dalam hal menciptakan lulusan SMK siap kerja, pihaknya langsung menggandeng Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), HIPMI Kabupaten Badung, Bank BPD Bali, Lambaga Pelatihan Kerja (LPK) dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Tahun ini, Disperinaker Kabupaten Badung menggratiskan 500 sertifikat untuk kerja. HIPMI Badung membuat e-commerce dengan nama mahaputra.id guna menampung IKM (Industri Kecil dan Menengah) Badung. Sedangkan LPK bertugas melatih tenaga kerja sesuai profesinya, kemudian akan diuji oleh LSP.

“Badung saat ini mengalami bencana tenaga kerja. Jika ingin ke luar negeri tanpa sertifikat tidak diterima. Makanya kita dikalahkan oleh Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Kamboja, karena kita sertifikasinya lemah. Nah undang-undang mewajibkan sertifikasi. Solusi kami tentu LSP. Siap kerja tanpa adanya sertifikasi no way,” tegas Eka Merthawan.

Eka Merthawan menyebut biaya sertifikasi profesi itu mahal, sekitar Rp600 ribu, jadi untuk 500 sertifikat tadi anggaran dari APBN langsung dikirim ke BNSP.

“Tahun ini, untuk SMK Pandawa Bali Global kami berikan kouta 60 orang sertifikasi gratis,” ujar Eka Merthawan.

Sementara itu, Pembina Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar, yang menaungi STIKOM Bali Group termasuk SMK Pandawa Bali Global Abiansemal, Prof. Dr. I Made Bandem, MA., mengapresiasi sedalam-dalamnya langkah yang diambil oleh Pemerintah Kabupaten Badung dan Kepala Disperinaker Badung ini.

“Umurnya (masa kerja) belum 100 hari, tapi langkahnya sangat tegas dan cepat dimulai dari SMK Pandawa Bali Global Abiansemal. Sampaikan salam kami kepada Bapak Bupati I Nyoman Giri Prasta atas usaha dan kerjasamanya dengan ITB STIKOM Bali, dengan SMK Pandawa Bali Global Abiansemal yang kita miliki. Kerja yang dimulai kelihatannya kecil, tapi dampaknya pasti besar,” kata Prof. Made Bandem.

SMK Pandawa
Dari kiri: Kepala Cabang Bank BPD Bali Cabang Mangupura; Pembina Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar, Prof. Dr. I Made Bandem, MA; Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Badung, Drs. I Putu Eka Merthawan, M.Si; Sekretaris Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali; dan Kepala SMK Pandawa Bali Global Abiansemal, Hery Nugroho, S.Pd., M.Pd. Sumber Foto : Istimewa

Pada kesempatan itu Kepala SMK Pandawa Bali Global Abiansemal, Hery Nugroho, S.Pd., M.Pd., menyampaikan terima kasih kepada Disperinaker Badung yang telah memilih SMK Pandawa Bali Global Abiansemal sebagai role model. Menurutnya, kerja sama ini akan memberikan impact yang sangat postip bagi lulusan SMK Pandawa Bali Global Abiansemal yang kompeten dan siap memasuki unia Kerja Saat ini.

“SMK Pandawa Bali Global Abiansemal memiliki Lima Kompetensi Keahlian yakni Akomodasi Perhotelan, Tata Boga, Akuntansi dan Keuangan, Multimedia, dan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor,” jelas Hery.(tis/bpn)

Sebanyak 6 Orang Pasien Covid-19 di Kota Denpasar Sembuh, Presentase Kesembuhan Capai 97,84 Persen

0
Dewa Gede Rai
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kasus sembuh Covid-19 di Kota Denpasar terus bertambah. Berdasarkan data resmi harian penanganan Covid-19 Kota Denpasar pada Rabu (28/9/2022) diketahui kasus meninggal dunia nihil penambahan. Kondisi ini dibarengi dengan penambahan kasus sembuh dan kasus positif Covid-19 dengan jumlah yang sama, yakni sebanyak 6 orang.

Berdasarkan data, secara komulatif kasus positif Covid-19 di Kota Denpasar tercatat 54.422 kasus, angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Denpasar mencapai angka 53.243 orang  (97,84%), meninggal dunia sebanyak 1.125 orang (2,07%) dan kasus aktif yang masih dalam perawatan sebanyak 54 orang (0,09%).

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai saat dikonfirmasi menjelaskan, saat ini penularan virus Covid-19 di Kota Denpasar menunjukkan trend peningkatan, tetapi masih terkendali. Karenanya, diimbau kepada masyarakat agar jangan sampai kendor menerapkan protokol kesehatan.

“Kondisi ini harus menjadi perhatian kita bersama, tidak boleh kendor dalam menerapkan protokol kesehatan, karena jika lengah dan abai dengan prokes tidak menutup kemungkinan kasus covid akan kembali meningkat, sehingga diperlukan kerja sama berbagai pihak serta seluruh lapisan masyarakat, kita harus terus waspada dan disiplin prokes, taati aturan saat penerapan PPKM,” ujar Dewa Rai.

Pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk selalu waspada dan tidak lengah atas perkembangan kasus saat ini. Dalam beraktivitas, penerapan protokol kesehatan tetap harus wajib dilaksanakan dengan berpedoman pada penerapan PPKM Level 1 Jawa-Bali. Terlebih lagi saat ini adanya mutasi Covid-19 dengan sub varian baru yang disebut dengan varian Omicron.

“Jangan mengurangi kewaspadaan, titik-titik lengah kemungkinan menyebabkan tingkat kasus Covid-19 di Denpasar meningkat, jadi intinya kapanpun dan dimanapun harus tetap waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, terlebih saat ini virus sudah bermutasi,” imbuhnya.

Lebih lanjut Dewa Rai mengatakan bahwa berbagai upaya terus dilaksanakan guna mendukung upaya penurunan zona resiko, penurunan tingkat penularan, meningkatkan angka kesembuhan pasien dan mencegah kematian. Hal ini dilaksanakan dengan sosialisasi dan edukasi berkelanjutan.

Selain itu, Pemkot Denpasar juga terus berupaya untuk memaksimalkan realisasi vaksinasi kepada masyarakat, dan vaksinasi menyasar pada anak-anak usia sekolah 12-17 tahun serta usia 6-11 tahun, ibu hamil dan disabilitas. Selain itu, Kota Denpasar juga telah memulai pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga atau booster.

Tak hanya itu, Satgas Covid-19 Kota Denpasar telah merancang 6 langkah strategis mengatasi lonjakan kasus Covid-19, mulai dari peningkatan kapasitas 3T (Tracing, Testing, Treatment), mengencarkan pelaksanaan vaksinasi termasuk booster, mewajibkan penerapan aplikasi PeduliLindungi, optimalisasi rumah sakit rujukan mulai dari ketersediaan bed, oksigen dan obat-obatan.

“Mohon kepada masyarakat untuk melakukan prokes secara ketat, termasuk saat di rumah wajib menerapkan prokes untuk meminimalisir klaster keluarga, termasuk juga kami mengajak masyarakat untuk mensukseskan vaksinasi Covid-19,” ajak Dewa Rai.

Terkait upaya menekan angka kematian akibat Covid-19, Dewa Rai mengatakan bahwa Satgas mengimbau kepada masyarakat yang memiliki penyakit bawaan atau yang berada pada usia rentan untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Hindari kerumunan, gunakan masker dan sesering mungkin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas, selain itu mari bersama terapkan 5M,” kata Dewa Rai.(bpn)

Undang CEO Cau Chocolates Bali, Kanwil Pajak Bali Bina Wajib Pajak UMKM melalui Program BDS

0
DJP
Undang CEO Cau Chocolates Bali, Kanwil Pajak Bali Bina Wajib Pajak UMKM melalui Program BDS. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Memasuki tahun 2022, pertumbuhan ekonomi di Indonesia khususnya Bali telah mengalami pertumbuhan dibandingkan tahun sebelumnya meskipun pandemi Covid-19 belum dinyatakan usai.

Oleh karena itu, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Bali (Kanwil DJP Bali) mengadakan kegiatan Business Development Services (BDS) yang mengangkat tema ‘Etika dan Kiat Sukses Berbisnis bagi UMKM’. 400 peserta yang terdiri dari wajib pajak UMKM yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di Bali beserta masyarakat umum berpartisipasi mengikuti acara yang diadakan secara daring dan siaran langsung di Youtube Kanwil DJP Bali.

Kepala Kanwil DJP Bali, Anggrah Warsono dalam sambutannya menyampaikan, BDS merupakan kegiatan yang strategis sebagai bentuk dukungan dari Direktorat Jenderal Pajak terhadap UMKM.

“Harus kita sadar struktur ekonomi di Indonesia agak berbeda, dimana UMKM memiliki jumlah persentase yang cukup besar, hampir 99% struktur ekonomi di Indonesia itu UMKM. Jadi kalau kita lihat, inilah kekuatan perekonomian Indonesia,” ujar Anggrah, Rabu (28/9/2022).

Anggrah menjelaskan tentang situasi ekonomi yang tidak baik, resesi, dan sebagainya, tahun 1988, 1998 dan 2008, tapi Indonesia bisa survive. Dimana keluwesan fleksibilitasnya tetap bisa menopang ekonomi Indonesia dengan baik.

“Kita lihat contohnya, Singapura yang pada tahun 1998 kurang bagus secara ekonomi karena struktur UMKM mereka tidak terlalu kuat, berbeda dengan Indonesia, meskipun jumlah penduduk Indonesia banyak yang seharusnya berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi, nyatanya tidak terlalu berpengaruh,” ucap Anggrah.

Lebih lanjut, Anggrah mengatakan, pemerintah sadar bahwa semua wajib pajak orang pribadi pelaku UMKM adalah penguat perekonomian Indonesia. Oleh sebab itu, Direktorat Jenderal Pajak mengadakan banyak kegiatan, salah satunya Bussiness Development Services.

“Ini adalah komitmen kami, tidak semata-mata berapa pajak yang harus dibayar, tetapi kami juga mengajari, membekali, memberi pengetahuan, khususnya para pelaku UMKM baru, agar bisnisnya survive,” tambahnya

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Kadek Surya Prasetya Wiguna selaku CEO Cau Chocolates Bali. Kadek menyampaikan dalam paparannya bahwa berdasarkan data Direktorat Jenderal Perbendaharaan di Bali pada bulan Juni 2022 telah mengalami pertumbuhan ekonomi sebesar 3,04% year on year (YoY) tetapi disisi lain pada bulan yang sama Bali mengalami inflasi sebesar 5,75% YoY. Ini menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi di Bali belum dinyatakan sama di setiap bidang.

”Kapan sekiranya kita harus berbisnis ? Pasti banyak bapak dan ibu bertanya seperti itu. Nah jawabannya adalah bisnis terbaik adalah bisnis yang dimulai, bukan hanya bisnis yang dipikirkan. Sering kita mikir-mikir kayaknya bagus bisnis ini, kelamaan dipikir, ketika kita lakuin, ternyata tidak laku, karena sudah lewat waktunya, lewat masa,” ujar Kadek.

Setelah penyampaian materi oleh Kadek Surya, acara dilanjutkan dengan tanya jawab oleh peserta yang hadir. Acara ditutup dengan para peserta dibagi breakout room zoom dengan para penyuluh pajak sesuai dengan KPP para peserta terdaftar sebagai wajib pajak.

Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Ida Ernawati mengharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat membantu para UMKM ini berkembang dan survive dimana kedepannya masih banyaknya ancaman ekonomi yang akan terjadi dan diharapkan UMKM ini akan menjadi penopang dan pemerkuat perekonomian Indonesia.

Di sisi lain kinerja penerimaan dan kepatuhan pajak sampai dengan hari ini, Kanwil DJP Bali sudah mencapai penerimaan pajak sebesar Rp7,169 triliun atau sebesar 92,91% dan kepatuhan masyarakat dalam melaporkan SPT nya sudah mencapai 97,84%. Ini adalah hal yang sangat baik karena semakin besar pajak yang dibayar dan semakin patuh masyarakat terhadap pelaporan SPT maka akan meningkat pula pertumbuhan ekonomiannya khususnya di Pulau Bali ini.(tis/bpn)

Kejari Denpasar Musnahkan Barang Bukti Dari Sejumlah Kasus Sepanjang Tahun 2022

0
pemusnahan barang bukti
Kegiatan pemusnahan Barang Bukti oleh Kejari Denpasar. Sumber Foto : den

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kejaksaan Negeri (Kejari) Denpasar pada Rabu (28/9/2022) pagi, melaksanakan pemusnahan Barang Bukti (BB) dari sejumlah kasus sebagai upaya untuk mengurangi kapasitas gudang penyimpanan serta meminimalisir adanya dugaan penyalahgunaan.

Dalam kegaiatan tersebut, nampak hadir Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Bali, Gusti Agung Diah Utari, perwakilan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bali, Ketua DPRD Kota Denpasar, Dandim 1611/Badung, Kepala BNN Kota Denpasar dan undangan lainnya di halaman Kantor Kejari Denpasar.

Dalam keterangan persnya, Kepala Kejaksaan Negeri Denpasar, Rudy Harotono menjelaskan, pemusnahan barang bukti yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap agar tidak menyalahgunakan barang tersebut oleh pihak-pihak tertentu jika terlalu lama disimpan gudang.

“Bisa kita lihat beberapa barang bukti berupa sabu-sabu, extasi, ganja, pil koplo, tembakau sintetis, miras (Minum Keras, red), uang palsu, sajam (senjata tajam, red) dan handphone yang akan dimusnahkan hari ini juga,” jelasnya.

Sementara itu, Kasi Intel Kejari Denpasar, Putu Eka Suyantha menambahkan, bahwa pemusnahan barang bukti ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Kejari Denpasar selaku eksekutor untuk mengeksekusi barang bukti yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap, dimana pemusnahan ini terdiri dari beberapa kasus tindak pidana umum atau khusus dalam kurun waktu dari Bulan Januari hingga September 2022, dengan jumlah kasus sebanyak 407 perkara.

“Pemusnahan barang bukti ini dilakukan dengan cara seperti narkotika dengan dibakar dan diblender, senjata tajam dipotong menggunakan gerinda, handphone dan botol minum kerja dihancurkan dengan  mesin penghancur,” tambahnya.(aar/bpn)

Jelang Lomba Taman Telajakan di Kota Denpasar, 3010 Bibit Tanaman Jempiring Maskot Denpasar Disebar

0
Denpasar
Jelang Lomba Taman Telajakan di Kota Denpasar, 3010 Bibit Tanaman Jempiring Maskot Denpasar Disebar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Penyerahan bantuan 3010 bibit tanaman Jempiring oleh PT. Jasa Raharja Bali kepada Camat, Perbekel, Lurah se-Kota Denpasar melalui DPD LPM Kota Denpasar dilaksanakan pada Rabu (28/9/2022) di Gedung Dharma Negara Alaya (DNA), Denpasar.

Dalam kesempatan tersebut hadir Sekretaris Daerah Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana bersama Direktur Hubungan Kelembagaan Jasa Raharja Bali, Munadi Herlambang. Hadir pula Kepala Dinas pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kota Denpasar, Wayan Budha, Perwakilan OPD, Jajaran DPD LPM Kota Denpasar, Camat, Perbekel, Lurah se-Kota Denpasar serta undangan lainnya.

Sekda Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana menyambut baik penyerahan 3010 bibit tanaman jempiring yang merupakan tanaman maskot Kota Denpasar kepada Camat, Perbekel, Lurah se-Kota Denpasar.

“Ini sebagai bukti dukungan kepada DPD LPM Kota Denpasar sebagai pelestarian fungsi taman telajakan. Sebagai warisan budaya dan kearifan lokal, taman telajakan merupakan yang multi fungsi selain sebagai visual estetika juga sebagai pelestarian lingkungan,” jelasnya.

Ditambahkannya, pembangunan infrastruktur untuk mendukung ekonomi membuat berkurangnya ruang terbuka hijau, hal ini menjadi perhatian Pemkot Denpasar mengingat pentingnya fungsi taman telajakan.

“Melalui lomba taman telajakan diharapkan mampu memberikan edukasi pelestarian lingkungan dan menjaga ciri khas tata ruang Bali,” kata Alit Wiradana.

Sementara, Ketua Panitia Lomba Taman Telajakan Kota Denpasar, Sayang Mardawa mengatakan alih fungsi lahan karena tuntutan pembangunan ekonomi maka kami Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat kota Denpasar bersinergi dengan Pemkot Denpasar dan PT. Jasa Raharja ingin kembali menumbuhkan rasa peduli dalam pelestarian lingkungan melalui lomba taman telajakan.

“Nantinya ada empat tahapan diantaranya sosialisasi bersama Dinas Perkim mulai September hingga Oktober 2022 mellaui zoom meeting. Dilanjutkan pembinaan di bulan November hingga Desember 2022 serta tahap penilaian mulai bulan Januari 2023 hingga pengumuman juara pada HUT Kota Denpasar di Bulan Februari 2023,” ucapnya.(bpn)

Jelang G20, Stafsus Kemendagri Tinjau Progres Pembangunan TPST Kesiman Kertalangu

0
Stafsus Kemendagri
Jelang G20, Stafsus Kemendagri Tinjau Progres Pembangunan TPST Kesiman Kertalangu. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Staff Khusus (Stafsus) Bidang Keamanan dan Hukum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Irjen Pol. Drs. Sang Made Mahendra Jaya, MH., dan rombongan lakukan peninjauan terkait perkembangan pembangunan TPST Kesiman Kertalangu, Denpasar, Rabu (28/9/2022). Peninjauan ini dalam rangka persiapan menghadapi rangkaian Presidensi G20 yang digelar di Bali, Oktober-November 2022 mendatang.

Dalam kunjungan itu, turut serta dua orang Stafsus Kemendagri lainnya dalam tim rombongan. Yakni Stafsus Bidang Pemerintahan, Prof. Muchlis Hamdi dan Stafsus Bidang Politik dan Pembentukan Jaringan, Dr. Apep Fajar Kurniawan.

Sebelum kunjungan lapangan, tim rombongan terlebih dahulu diterima oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Kota Denpasar, Ida Bagus Putra Wirabawa dan jajarannya di kantor DLHK, Lumintang.

Dalam pertemuan itu, paparan mengenai perkembangan pembangunan TPST di Denpasar disampaikan Kabid Penataan dan Peningkatkan Kualitas Lingkungan Hidup DLHK Kota Denpasar, Agus Sudarmo.

“Hingga saat ini, pembangunan TPST Kesiman Kertalangu dan 2 TPST lainnya masih terus berproses. Sedangkan progress mesin, tertanggal 23 September 2022, sebanyak 4 kontainer yang membawa mesin Disc. Screener, Shredder, Manual Sorting dan Burner Wold Pellet telah tiba di Surabaya Port,” papar Agus Sudarmo.

Sementara itu, Stafsus Kemendagri, Irjen Pol. Drs. Sang Made Mahendra Jaya berharap pembangunan TPST ini dapat berjalan sesuai rencana yang telah dibuat.

“Menjelang event akbar Presidensi G20, kita harapkan agar proses pembangunan TPST ini bisa sesuai dengan planning yang telah disusun dan berjalan dengan lancar. Agar penanggulangan dan pengolahan sampah dapat tertangani dengan baik,” ujar Mahendra Jaya.

Selain tim yang meninjau ke TPST Kesiman Kertalangu, terdapat 2 tim lainnya mengunjungi TPST Padangsambian Kaja dan TPST Tahura guna meninjau perkembangan pembangunan kedua TPST tersebut.(bpn)

Wabup Suiasa Pimpin Rakor TKPK, Target 2023 Kemiskinan Ekstrem di Badung Nol

0
rapat TKPK
Wabup Ketut Suiasa selaku Ketua TKPK Badung saat memimpin Rapat Koordinasi TKPK di ruang pertemuan Rumah Jabatan Wakil Bupati, Puspem Badung, Rabu (28/9/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Pemkab. Badung menargetkan di tahun 2023 nanti angka kemiskinan ekstrem di Kabupaten Badung turun menjadi 0%.

“Sesuai data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Badung, angka kemiskinan ekstrem di badung saat ini berjumlah 310 orang atau 0,04%. Setelah kami melakukan koordinasi dengan para pemangku kepentingan khususnya TKPK juga dengan Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP), untuk keluarga miskin ekstrem optimis terselesaikan di tahun 2023 sehingga kemiskinan ekstrem di badung menjadi nol. Hal ini sejalan dengan Instruksi Presiden No. 4 tahun 2022 tentang percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem dan arahan Presiden untuk Indonesia bisa menekan angka kemiskinan ekstrem mendekati nol persen pada tahun 2024,” tegas Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa selaku Ketua TKPK Badung saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) TKPK membahas mengenai Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem di Kabupaten Badung bertempat di ruang pertemuan Rumah Jabatan Wakil Bupati, Puspem Badung, Rabu (28/9/2022).

Rapat dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan, I.B Gede Arjana, Kepala Bappeda, I Made Wira Dharmajaya, Pimpinan OPD, Forum TJSP serta Forum Perbekel dan Lurah.

Kemiskinan ekstrim didefinisikan sebagai kondisi dimana kesejahteraan masyarakat berada dibawah garis kemiskinan ekstrem, dengan pendapatan perkapita per hari Rp11.941 atau Rp358.233 per kapita per bulan. Menurut Suiasa langkah-langkah yang akan diambil untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem ini, dengan pola penganggaran dari empat sumber anggaran yaitu alokasi dari dana pusat, dana APBD, dana desa dan dari Forum TJSP.

“Di desa kita diwajibkan penganggarannya minimal 30% untuk program pengentasan kemiskinan di desa. Kita juga kolaborasi dengan pihak swasta Forum TJSP yang sekarang sudah berbadan hukum berupa yayasan,” imbuhnya.

Selain itu mewajibkan semua OPD membuat program penanganan kemiskinan dalam pelaksanaannya agar berkorelasi langsung dengan penanganan stunting.

Lebih lanjut Wabup Suiasa menekankan, tidak hanya memfokuskan pengentasan kemiskinan ekstrim, sampai anggaran APBD 2024 juga akan meminimalisir untuk keluarga miskin yang masih tersisa, dengan target penurunan kemiskinan di badung mendekati 0%.

“Sekarang ini yang masuk data penduduk miskin di badung di angka 2,62%. Ini yang akan menjadi sasaran kita di anggaran 2023 dan 2024, sehingga dapat ditekan menjadi nol koma. Kami optimis, mudah-mudahan kondisi ekonomi dan normalitas kehidupan masyarakat sudah baik, dengan harapan tidak terjadi lagi kebencanaan yang sifatnya kesehatan dan lainnya. Dengan demikian pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dapat kita tingkatkan termasuk inflasi dapat kita tekan,” harapnya.(bpn)

Bupati Giri Prasta Terima Kunjungan Ketua DPR Puan Maharani di Badung, Lihat Secara Langsung Pantai Pandawa dan Pertanian di Desa Sedang

0
Bupati Badung
Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta mendampingi Ketua DPR RI, Puan Maharani mengunjungi Pantai Pandawa Kuta Selatan dan Pertanian di Desa Sedang Abiansemal, Rabu (28/9/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta menerima langsung Kunjungan Kerja (Kunja) Ketua DPR RI, Puan Maharani ke dua (2) lokasi di Kabupaten Badung, Rabu (28/9/2022). Pertama Ketua DPR RI melaksanakan kunjungan ke Pantai Pandawa, Kuta Selatan untuk melaksanakan transplantasi terumbu karang lalu dilanjutkan pelepasan tukik dan meninjau penataan kios dan warung di Pantai Pandawa.

Setelah mengunjungi Pantai Pandawa, Ketua DPR RI melanjutkan kunjungan ke Desa Sedang, Kecamatan Abiansemal untuk melaksanakan penanaman padi. Turut hadir mendampingi, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, I.G.A Bintang Darmawati, Anggota DPR RI, I Made Urip, Wagub Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Ketua DPRD Badung, Putu Parwata, Sekda Badung, Adi Arnawa serta pejabat terkait.

Dalam wawancara Bupati Giri Prasta mengatakan, bahwa laut ini sebagai destinasi wisata dan begitu juga sumber kehidupan ekonomi kerakyatan yang ada. Sehingga biota laut harus dijaga dengan baik, begitu juga dengan kekayaan laut yang ada ini bisa dijadikan sebuah produk untuk UMKM seperti misalnya kerupuk ikan, rumput laut dan sebagainya.

“Inilah yang kita berdayakan dan kita lakukan di Kabupaten Badung, sehingga bisa menjadikan masyarakat Badung menjadi tuan di tanahnya sendiri, termasuk juga pembangunan dan penataan kios- kios,” ujarnya.

Selanjutnya untuk acara penanaman padi di Desa Sedang yang mengambil tema ‘Puan Menanam, Masyarakat Memanen’, Bupati Giri Prasta mengatakan bahwa pihaknya di Kabupaten Badung sudah melaksanakan Perda Nomor 1 Tahun 2018 tentang Pemberdayaan dan Perlindungan Petani, yang selanjutnya ditindaklanjuti dengan Perda Nomor 8 Tahun 2019 tentang Lahan Pertanian dan Perkebunan Yang Berkelanjutan.

“Jadi konsep inilah yang kami lakukan dari hulu, tengah dan hilir, termasuk kami di Kabupaten Badung sudah melaksanakan badan pangan yang teknisnya itu dilakukan oleh Dinas Pertanian kami di Kabupaten Badung,” imbuhnya seraya mengatakan bahwa secara prinsip Kabupaten Badung berkomitmen mewujudkan ‘Bela, Beli, Wujudkan Jadi Petani dan Bangga Jadi Petani’.

Lebih lanjut dikatakan, berkaitan dengan inflasi saat ini, di sektor perkotaan sudah mulai digerakkan terkait dengan urban farming dan ini menggunakan sistem hidroponik sehingga masyarakat bisa menggunakan lahannya dengan baik dan maksimal.

“Khusus wilayah pertanian di Kabupaten Badung ini kami memiliki lahan sawah yang dilindungi seluas 9800 hektar yang akan menopang ketahanan pangan kami. Selain itu kami sudah membuat bendungan untuk menopang irigasi kami sesuai dengan program bapak Presiden yaitu program pelaksanaan pembangunan tata guna irigasi dan berjalan sangat baik serta diakui oleh UNESCO sehingga bisa mensejahterakan masyarakat kami di Badung,” ucap Giri Prasta.

Sementara Ketua DPR RI, Puan Maharani mengatakan bahwa kehadirannya ke Kabupaten Badung yakni ke Pantai Pandawa dan Desa Sedang adalah untuk melihat secara langsung infrastruktur dan kios-kios di seputaran Pantai Pandawa sehingga bisa lebih baik dan lebih bersih serta representatif untuk wisatawan dan masyarakat yang berkunjung kesana. Disamping itu juga memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya menjaga ekosistem laut demi keberlangsungan pariwisata laut sehingga bisa lebih mensejahterakan masyarakatnya. Untuk kunjungan di Desa Sedang, Puan Maharani berkomitmen mendorong petani untuk melihat perkembangan teknologi agar hasil pertanian nantinya lebih produktif sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat dan sekaligus menekankan untuk dana desa sudah seharusnya dialokasikan untuk membangun infrastruktur pertanian setempat.

“Kehadiran saya di Kabupaten Badung adalah untuk menanam padi dan biarkan rakyat nanti yang memanen. Selama ini orang hanya fokus pada hasil panennya saja, padahal proses dari sebelum panen itu panjang dimulai dari kita menanam,” ujarnya.(bpn)

Sasar Pasar Eropa dan Australia, BASCOMM Siap Dukung Kebangkitan Pariwisata Bali

0
Putu Arisudhiana
Putu Arisudhiana, Ketua BASCOMM, saat menemui awak media disela-sela agenda workshop. Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Dalam upaya mendukung geliat kebangkitan sektor Pariwisata Bali pasca hantaman krisis pandemi global Covid-19 yang terjadi, Bali Sales and Marketing Community (BASCOMM) menggelar Workshop Australia & Europe Market Update, bertempat di Ballroom Hotel Four Points by Sheraton Bali, Ungasan, Badung pada Rabu (28/9/2022) pagi.

Terkait kegiatan yang digelar, BASCOMM mengundang secara langsung Ms. Melanie McTighe, Contracting Manager Global Land Supply dari Flight Centre Travel Group Australia dan Mr. Jiri Panek, Product and Account Manager, Go Vacation Indonesia, sebagai pembicara utama dalam workshop pariwisata untuk pasar Australia dan Eropa kali ini.

Dalam kesempatannya, Ketua BASCOMM, Putu Arisudhiana kepada awak media menjelaskan, pihaknya menginisiasi workshop yang digelar kali ini sebagai upaya untuk memberikan edukasi dan informasi kepada seluruh Professional Hotel Sales and Marketing yang ada di Bali, terkait perekembangan tren terkini untuk pasar Eropa dan Australia di Bali pasca dibukanya kembali sejumlah penerbangan oleh Pemerintah Indonesia beberapa waktu yang lalu.

“Hal ini merupakan sumbangsih BASCOMM untuk membantu pemulihan pariwisata Bali dengan memberikan pengetahuan dan informasi terkini khususnya pasar Australia dan Eropa kepada pelaku industri pariwisata,” tegasnya.

Menurutnya, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali, turis dari Australia saat ini menduduki peringkat teratas dan pasar Eropa, terutama dari negara Jerman yang menyusul pada urutan ke tujuh di kedatangan ke Bali, dimana pasar ini sangat besar potensinya untuk Bali dan BASCOMM berhasil mengundang dua narasumber penting ini untuk berbagi informasi kepada pelaku pariwisata di Bali pada khususnya.

“Flight Centre Australia sebagai pemain global dunia dan terbesar untuk pasar Australia dan Go Vacation Indonesia dengan pasar terbesarnya adalah Eropa terutama Jerman, dirasa tepat untuk memberikan penjelasan terkini tentang potensi pasar Australia dan Eropa untuk Bali, dan kami pelaku pariwisata sangat haus akan informasi-informasi terkini dari dua pasar besar ini setelah lebih dari 2,5 tahun vakum karena pandemi,” jelas Putu Arisudhiana, selaku Ketua BASCOMM.

Lebih lanjut, pihaknya mengungkapkan bahwa workshop kali ini dihadiri oleh hampir 500 orang peserta dari berbagai industri pariwisata seperti hotel, villa, resort dan vendor-vendor penyedia paket aktifitas dan tour. Peserta sangat antusias untuk mendengarkan penjelasan langsung dari narasumber Melanie McTighe dan Jiri Panek.(aar/bpn)

Jaring Ide Kreatif, Pemkot Denpasar Gelar Gathering Bersama Lintas Komunitas

0
Wakil Wali Kota Denpasar
Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa saat menghadiri Gathering Komunitas Kreatif Persiapan D'Youth Fest, di Denpasar, Selasa (27/9/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemkot Denpasar menggelar Gathering Komunitas Kreatif Persiapan D’Youth Fest di Denpasar, Selasa (27/9/2022) petang. Kegiatan tersebut dilaksanakan guna menjaring ide kreatif dan keinginan komunitas serta anak muda Denpasar. Kegiatan yang bertujuan untuk memastikan kesiapan pelaksanaan D’Youth Fest 2.0 Tahun 2022 ini dihadiri Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa. Tampak hadir Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai serta OPD terkait di lingkungan Pemkot Denpasar.

Kabid Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekraf Dispar Kota Denpasar, I Wayan Hendaryana menjelaskan, pelaksanaan D’Youth Fest setiap tahun bertujuan untuk menciptakan ruang ekspresi dan kreatifitas anak muda Kota Denpasar. Sehingga ide kreatif anak muda dapat tersalurkan dan diketahui masyarakat umum.

“D’youth Fest memberikan ruang kreatifitas generasi muda untuk menciptakan aksi, memberikan reaksi dan menghasilkan kreasi dalam pengembangan potensi,” jelasnya.

Adapun D’Youth Fest 2022 yang akan digelar pada 28-30 Oktober 2022 mendatang ini menyajikan beberapa mata acara yang dipusatkan di Gedung Dharma Negara Alaya dan Lapangan Lumintang. Di Gedung DNA akan digelar Pentas Teater, D’Youth Urban, Fashion, Pameran, d’Youth Film, Marathon, Workshop, Food Court, Podcast Tattoo. Sementara di Lapangan Lumintang akan berlangsung Opening Ceremony, D’Youth Competition, Booth Umkm, d’Youth Live, Food Court, Community Activity, d’Youth Arcade Games.

“Dengan pelaksanaan Gathering Komunitas Kreatif kita dapat menjaring ide-ide kreatif sebelum pelaksanaan D’Youth Fest, sehingga nantinya anak muda ikut andil langsung dalam kegiatan,” ujarnya.

Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa didampingi Kepala Bagian Prokopim Setda Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai berharap pelaksanaan D’Youth Fest diharapkan mampu memberikan ruang dan kesempatan berkarya dan berkreativitas untuk anak muda di Kota Denpasar. Hal ini utamanya dalam bidang seni tradisional, kontemporer, hingga modern.

“Harapan kami tentu kreativitas anak muda terus tumbuh dan bergerak meratas batas, sehingga kedepannya dapat berkarya secara berkelanjutan,” jelasnya.(bpn)

Wawali Arya Wibawa Hadiri Pemusnahan Barang Bukti Tindak Pidana di Kejari Denpasar

0
Wawali Arya Wibawa
Wawali Arya Wibawa Hadiri Pemusnahan Barang Bukti Tindak Pidana di Kejari Denpasar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa hadiri pelaksanaan pemusnahan barang bukti yang telah memiliki kekuatan hukum tetap (inkracht) di halaman belakang Kantor Kejaksaan Negeri Denpasar pada Rabu (28/9/2022).

Pemusnahan barang bukti ini merupakan agenda rutin serta merupakan tindak lanjut dari kewenangan Kejaksaan selaku eksekutor khususnya di wilayah hukum Kejaksaan Negeri Denpasar. Barang bukti yang dimusnahkan merupakan barang bukti yang berasal dari tindak pidana umum dan tindak pidana khusus yang telah memiliki kekuatan hukum tetap dalam kurun waktu bulan Januari hingga September 2022. Acara ini awali oleh sambutan kepala Kejari Denpasar dan dilanjutkan dengan pemusnahan barang bukti secara simbolis oleh tamu undangan yang hadir.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Kepala Kejaksaan Negeri Denpasar, Rudy Hartono, Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar, I Wayan Mariana Wandira, Dandim 1611/Badung, Kolonel Inf Dodi Triyo Hadi, Kepala BNN Kota Denpasar, KBP. I Ketut Adnyana Putera, Perwakilan dari Bank Indonesia wilayah Bali serta instansi terkait lainnya.

Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, ditemui usai acara mengatakan, Pemkot Denpasar berkomitmen untuk mendukung penegakan hukum khususnya yang ada di wilayah Kota Denpasar.

“Pada intinya kami atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Denpasar mengucapkan terima kasih kepada aparat penegak hukum khususnya Kejaksaan Negeri Denpasar yang telah membantu Pemerintah Kota Denpasar dalam memberantas pelaku kejahatan seperti peredaran narkoba, pencurian atau hal lain yang melanggar hukum, serta berkomitmen mendukung upaya pencegahan maupun penindakan hukum di wilayah Kota Denpasar, ” kata Arya Wibawa.

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri Denpasar, Rudy Hartono dalam sambutannya mengatakan, pemusnahan barang bukti ini merupakan barang bukti yang didapatkan dari kurun waktu dari bulan Januari hingga bulan September tahun 2022. Selama kurun waktu tersebut tercatat total sebanyak 407 perkara.

Dari 407 perkara tersebut ada sebanyak 278 perkara Narkotika, perkara Orang, Harta dan Benda (Oharda) sebanyak 75, perkara keamanan Negara dan Ketertiban Umum (Kamnentibum) sebanyak 54 perkara dan perkara Cukai sebanyak 1 perkara. Dan adapun jenis barang bukti yang dimusnahkan yaitu Uang Palsu sebanyak 90 lembar, Sabu seberat 8,13 gram, Ekstasi seberat 1437,81 gram, Ganja seberat 11253,41 gram, Narkotika lain seberat 12,15 gram, Obat-obatan sebanyak 10352 tablet, Tembakau seberat 151,6 gram, Tembakau sintetis seberat 1,82 gram, Handphone sebanyak 216 buah, Sajam sebanyak 20 buah, dan berbagai macam alat-alat lainnya seperti botol miras, pita cukai palsu, dan peralatan produksi minuman keras.

Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan penukaran uang rupiah kertas tahun emisi 2022 oleh Bank Indonesia Perwakilan Propinsi Bali.(bpn)

Ratusan Personel Polda Bali Amankan Kegiatan Agriculture Minister Meeting

0
polda bali
Ratusan Personel Polda Bali Amankan Kegiatan Agriculture Minister Meeting. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Gelaran kegiatan Agriculture Ministers Meeting (AMM) G20 Indonesia, AMM akan dimulai dengan side event Global Forum. Kegiatan berbentuk panel diskusi ini akan membahas secara khusus tentang pertanian digital.

Sebagai bentuk dukungan terhadap ajang internasional tersebut, Polda Bali dan jajaran melaksanakan Apel Kesiapan Pasukan Ops Gapura Agung-XIII dalam rangka pengamanan Kegiatan Agriculture Minister Meeting (AMM). yang berlokasi di Central Parkir ITDC, Nusa Dua, Selasa (27/9/2022).

Apel dimulai pukul 09.00 Wita dan yang bertindak sebagai pemimpin apel pada gelar kesiapan tersebut Kepala Biro Operasi Polda Bali, Kombes Pol Firman Nainggolan, SH., MH., yang bertindak sebagai Karendal Ops Gapura Agung-XIII 2022.

Dalam arahannya, Karendal Ops Gapura Agung-XIII 2022 ini menyampaikan bahwa kekurangan pengamanan pada operasi-operasi sebelumnya untuk benahi dan ditingkatkan, sebab pengamanan dalam rangkaian G-20 ini masih panjang.

“Mari kita benahi apa yang menjadi kekurangan dalam pengamanan operasi sebelumnya, karena rangkaian pengamanan yang berkaitan dengan G-20 masih ada lagi beberapa event Internasional setelah ini,” ucapnya.

Pada kesempatan itu pula, Karo Ops Polda Bali menyampaiakan kepada seluruh personel yang terlibat untuk menyiasati agar tetap menjaga kesehatan saat bertugas, sehingga tugas yang diemban dapat berjalan baik.

“Saya minta setiap personel yang terlibat untuk tetap menjaga kesehatan, untuk itu silahkan rekan-rekan dalam bertugas di lapangan menyiasatinya, silahkan bergantian istirahat, jangan sampai tidak ada personel di tempat yang terploting,” tutupnya.

Agriculture Minister Meeting (AMM) akan berlangsung dari tanggal 27 sampai 29 September 2022 yang melangsungkan pertemuan di hotel Intercontinental Jimbaran.(bpn)

Digitalisasi RS di Bali Jadi Agenda Pembahasan HIMSS22 APAC

0
HIMSS22 APAC
HIMSS22 APAC di BNDCC. Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Digitalisasi pelayanan Rumah Sakit (RS) di Bali menjadi salah satu agenda yang dibahas, dalam pagelaran Konferensi & Pameran Kesehatan HIMSS22 APAC, yang berlangsung di Bali Nusa Dua Convetion Center (BNDCC), Nusa Dua, Badung pada 26-29 September 2022.

HIMSS22 APAC merupakan wadah bagi para komunitas layanan kesehatan di Asia Pasifik yang telah lama ditunggu-tunggu, dengan rencana penekanan pada percepatan transformasi digital layanan kesehatan di Negara tuan rumah Indonesia. Dalam kesempatannya, Ketua HIMSS22 APAC, Dr.dr. Fathema Djan Rachmat, Sp.B, Sp.BTKV (K), MPH mengungkapkan, melalui HIMSS22 APAC Health Conference & Exhibition, bisa menambah wawasan bagi peserta di seluruh dunia yang masih mencari cara untuk mengangkat sektor kesehatan menjadi lebih baik di masa yang akan datang melalui transformasi digital untuk mengurangi beban di sistem kesehatan itu sendiri, yang juga dapat membantu mentransfer pengetahuan antara delegasi asing dan Indonesia.

“Program kami kali ini adalah dengan menawarkan wawasan dari para pemimpin, pemikir di sektor kesehatan tanah air. Dalam forum kali ini para peserta bisa mencari topik, data dan relasi secara lebih luas. Dan untuk pertama kalinya di Bali, kami membahas tentang pentingnya perubahan digitalisasi di industri kesehatan Indonesia, dan kami berharap HIMSS dapat menjadi solusi perubahan bagi seluruh pesertanya,” ungkapnya.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia juga telah membuat rencana untuk mempercepat transformasi digital layanan kesehatan di tahun 2024, oleh karena itu HIMSS22 APAC ini akan menjadi tempat bagi peserta untuk berjejaring, menjalin kemitraan, dan menciptakan peluang untuk mengubah layanan kesehatan di Indonesia melalui data dan teknologi.

Sementara itu, Sekretaris Umum Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi), dr. Tri Hesty Widyastoeti, Sp.M., MPH., yang juga ditemui disela-sela acara tersebut menambahkan, khusus untuk Bali pihaknya akan mendorong seluruh Rumah Sakit yang ada untuk bertranformasi secara digital dalam hal administrasi, pelayanan hingga perawatan, dimana Bali sebagai pintu masuk utama Indonesia diyakini harus dapat menjadi pelopor transformasi digital untuk sektor kesehatannya, mengingat setiap waktu perkembangan teknologi terus berkembang dengan harapan dapat mempermudah suatu pekerjaan.

“Digitalisasi tidak bisa dihindari dan ditinggalkan, terutama untuk health care. Ini juga sejalan dengan keinginan Kementerian Kesehatan untuk transformasi digital. Kami dari PERSI sendiri akan membantu sebagai mitra stakeholder utama,” katanya.

Menurutnya, perubahan ini (Transformasi digital) harus tetap dilaksanakan, karena ini merupakan persaingan dunia. Dari segi finansial dirinya menyebut bahwa Bali bisa, perlu adanya komitmen dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang benar-benar dilatih, terkait kebiasaan manual yang harus dirubah ke digital.

Menyambut baik hal tersebut, Kepala Sub Bagian (Kasubag) Humas, RSUP Sanglah Denpasar, Dewa Ketut Krisna, mengatakan bahwa pelaksanaan HIMSS22 APAC merupakan hal yang paling dinanti, dimana pihaknya menyebut sejak tahun 2022 ini, beberapa hal di RS sudah mulai mengalami perubahan, seperti medical record, administrasi dan lainnya telah bergeser ke digital.

“Jadi, medical record yang selama ini berupa manual menggunakan kertas tidak ada lagi. Selama ini level kecil sudah kita mulai digital, misal untuk surat menyurat, absensi dan dalam pemeriksaan radiologi. Jadi, dimana saja dan kapan saja dokter bisa membaca hasil foto dan itu sudah kami lakukan selama ini,” ucapnya.

Dirinya juga berharap, melalui pergeseran teknologi ini dapat makin meningkatkan mutu dan pelayanan RS, sehingga masyarakat dapat terlayani dengan cepat dan lebih baik lagi kedepannya.(aar/bpn)

Polresta Denpasar Terima Penghargaan BNNP Bali, Terkait Pengungkapan Jaringan Narkoba

0
Narkoba
Polresta Denpasar Terima Penghargaan BNNP Bali, Terkait Pengungkapan Jaringan Narkoba. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Denpasar menerima penghargaan dari Badan Narkotika Nasional (BNNP) Provinsi Bali, sebagai bentuk apresiasi khusus kepada jajaran Satresnarkoba terkait pengungkapan jaringan Narkoba, pada Rabu (28/9/2022).

Berdasarkan keterangan pers yang berhasil dihimpun melalui Humas Polresta Denpasar, pemberian penghargaan ini telah ditetapkan berdasarkan keputusan kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Bali nomor : KEP/07/IX/Ka/HM.05/ 2022/ BNNP-BALI tentang pemberian penghargaan memperkuat hubungan kerjasama penanganan P4GN dengan Instansi terkait.

Sebanyak 21 personel Polresta Denpasar menerima penghargaan tersebut, diantaranya :

  1. Kapolresta Denpasar, Kombes Pol Bambang Yugo Pamungkas, S.H.,S.I.K.M.Si.
  2. Wakapolresta Denpasar, AKBP I Wayan Jiartana, S.H.,S.I.K.,M.Si.
  3. Kasat Narkoba AKP Mirza Gunawan,S.I.K.
  4. Kanit Idik I AKP I Wayan Sujana, S.H.,M.H.
  5. Kasubdit Idik II Ipda Alpran Prabaswara Pradana,S.Tr.K.
  6. Kasubdit Idik I Ipda I Wayan Sudarsana, S.H. dan 15 Personel Satesnarkoba Polresta Denpasar.

Berdasarkan data, penanganan Narkoba yang dilaksanakan oleh Satresnarkoba Polresta Denpasar selama tahun 2021, ada sebanyak 298 perkara dengan keterlibatan 382 tersangka serta Barang Bukti (BB) Narkoba jenis Sabu seberat 4.375 gram, Ganja 38.320 gram, Hasis 488 gram, Ekstasi 1.528 butir dan Tembakau Gorila 367 gram.

Sementara untuk penanganan Narkoba diawal tahun 2022 sampai saat ini, ada sebanyak 229 perkara dengan keterlibatan 297 tersangka serta Barang Bukti Narkoba jenis Sabu seberat 20.393 gram, Ganja 22.597 gram, Ganja Cair 384 gram, Ekstasi 2.148 gram dan Tembakau Gorila 67 gram.

Terkait pemberian penghargaan kepada jajaran personel Polresta Denpasar, Kepala BNNP Bali, Brigjen Pol Drs. Gde Sugianyar Dwi Putra, S.H., M.Si., mengatakan, pemberian penghargaan ini merupakan bentuk dukungan BNN kepada Polresta Denpasar dan jajaran dimana saat ini Indonesia sedang mengalami darurat narkoba, dan kejahatan narkoba merupakan salah satu kejahatan ekstaordinary selain Terorisme dan Korupsi, dimana ada pelaku penyalahgunaan Narkoba di Indonesia yang hampir mencapai 3,5 juta dan Bali sendiri mencapai 15 ribu, sehingga hampir setiap hari Kepolisian maupun BNN melakukan pengungkapan kasus Narkoba dan lebih dari 50% kasus penuntutan merupakan kasus Narkoba begitu pula di persidangan.

“Kami mengapresiasi apa yang dilakukan Polresta Denpasar yang luar biasa, berhasil mengungkap kasus dan jaringan besar dengan harapan ini akan bisa memutus mata rantai penyebaran narkoba, untuk itu koordinasi dan bersama saling bahu-membahu dalam penanganan narkoba akan terus ditingkatkan,” ucap Kepala BNNP Bali.

Sementara itu, Kapolresta Denpasar juga turut menyampaikan apresiasinya kepada seluruh personel Polresta Denpasar dan khususnya kepada personel yang mendapatkan penghargaan, dimana ini dapat menjadi momentum terbaik dan diharapkan dapat menjadi motivasi personel lainnya untuk terus meningkatkan kinerja yang professional yaitu Polri yang Presisi.

“Polresta Denpasar siap untuk berelaborasi terkait apa yang menjadi tugas baik preemtif, preventif maupun refresif dalam rangka memerangi Narkoba. Selamat kepada personel yang menerima penghargaan, teruslah berkompetisi dan berprestasi yang sehat untuk diri sendiri dan institusi Polri,” tegas Kapolresta Denpasar.

Penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba merupakan permasalahan yang terus ada dan terus berkembang seiring jaman, sehingga Polresta Denpasar melalui Satresnarkoba dan Polsek jajaran akan terus berupaya untuk menangani dengan baik permaslahan bangsa ini, baik melalui penyuluhan, himbauan, hingga penegakkan hukum, bersama dengan BNN selaku badan yang dibentuk langsung oleh Presiden dalam penanganan kasus-kasus Narkoba yang terjadi, secara konferhenship dan berkoordinasi dalam tugas-tugas yang dilakukan untuk memberantas Narkoba, sehingga generasi muda Bali mendatang bisa bebas dari jerat Narkoba. (aar/bpn)

IKUTI KAMI

2,027FansSuka
14,053PengikutMengikuti
8PengikutMengikuti
79PengikutMengikuti
4,200PelangganBerlangganan

BERITA TERBARU