Badung
Bupati Nyoman Giri Prasta saat mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Kabupaten Badung tahun 2022, Minggu (14/8/2022) di Wantilan Pura Lingga Bhuwana, Puspem Badung. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta secara resmi mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Badung tahun 2022, Minggu (14/8/2022) di Wantilan Pura Lingga Bhuwana, Puspem Badung. Setelah dikukuhkan, Paskibraka akan bertugas mengibarkan dan menurunkan bendera merah putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada Rabu, 17 Agustus 2022 di Lapangan Puspem Badung. Upacara pengukuhan dihadiri Ketua DPRD Badung, Putu Parwata beserta Pimpinan Forkopimda Badung, Sekda Badung, I Wayan Adi Arnawa serta Pimpinan Perangkat Daerah dilingkungan Pemkab. Badung.

Baca Juga :  FPRB Tanjung Benoa Beberkan Implementasi 12 Indikator Tsunami Ready di Barcelona

Mengawali sambutannya Bupati Giri Prasta mengajak adik-adik Paskibraka untuk menanamkan empat pilar kebangsaan di hati sanubari serta bersama-sama untuk mengepalkan tangan untuk memekikkan salam kebangsaan ‘Merdeka’. Terkait pengukuhan paskibraka ini, Bupati berterima kasih kepada Tim Pelatih sudah membina adik-adik Paskibraka Badung sehingga sudah siap menjalankan tugas mulia pada peringatan HUT ke-77 RI, 17 Agustus 2022.

“Kami sangat apresiasi, karena kami melihat adik-adik Paskibraka Badung sudah sangat luar biasa semangatnya, semoga dapat menjalankan tugas dengan baik dan paripurna,” jelasnya.

Bupati mengharapkan kepada adik-adik paskibraka untuk meningkatkan rasa patriotisme dan nasionalisme dengan selalu menjaga empat pilar kebangsaan yaitu, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945.

Baca Juga :  Karya Ngenteg Linggih di Pura Sang Hyang Landu Gelagah Puwun Desa Kekeran

Sementara Kadis Sosial Badung, I Ketut Sudarsana selaku Ketua Panitia melaporkan, dalam rangka persiapan hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77, telah dilaksanakan persiapan perangkat upacara pasukan pengibar bendera pusaka. Paskibraka Badung dikelompokkan ke dalam tiga kelompok yaitu kelompok 17, kelompok 8 dan kelompok 45. Peserta paskibraka terdiri dari 70 orang yang merupakan perwakilan dari SMA dan SMK se-Badung yang telah melewatkan seleksi ketat. Selama persiapan Paskibraka dibina oleh Instruktur dari Polresta Denpasar, Kodim 1611/Badung, Polres Badung, Disdikpora dan Purna Paskibraka Indonesia.

“Pelatihan telah dilaksanakan mulai 23 Juli-16 Agustus 2022. Dengan persiapan ini Paskibraka Badung secara fisik dan mental sudah optimal untuk melaksanakan tugas pengibaran dan penurunan bendera merah putih pada puncak peringatan HUT ke-77 RI  pada 17 Agustus 2022,” imbuhnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News