Kelapa
Wakil Bupati Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna menghadiri acara ngruak dan mecaru bangunan pembuatan bibit bertempat di Banjar Pangkung Kwa, Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo yang digagas oleh anggota DPR RI, A. A. Bagus Adhi Mahendra Putra, Selasa (28/6/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Wakil Bupati Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna menghadiri acara ngruak dan mecaru bangunan pembuatan bibit bertempat di Banjar Pangkung Kwa, Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo yang digagas oleh anggota DPR RI, A. A. Bagus Adhi Mahendra Putra, Selasa (28/6/2022).

Dengan bantuan dana APBN senilai Rp1 miliar, di lahan seluas 4.000 meter persegi akan diproduksi bibit kepala genjah sebanyak 8.000 sampai 10.000 pohon dalam setahun.

Hal itu disampaikan Adhi Mahendra Putra dalam sambutannya. “Disini akan ada 4.000 meter persegi yang akan kita bangun sentra pembibitan kelapa genjah. Jadi pembibitan ini dalam satu tahun akan bisa menghasilkan bibit kelapa 8.000 sampai 10.000 bibit, di mana panennya ada dua fase panen dalam setahun,” ucapnya.

Adhi Mahendra Putra menambahkan dalam proses pembuatan bibit itu diminta masyarakat yang kurang mampu untuk bekerja ditempat tersebut, dan dalam 3 tahun akan dididik bagaimana membuat bibit yang baik.

Baca Juga :  Bupati Tamba Serahkan Laporan Keuangan Unaudited Tahun 2023

“Karena selama tiga tahun kita akan gaji untuk belajar membuat bibit sampai betul-betul bisa dan bibitnya nanti bersertifikat. Tiga tahun nanti setelah mereka betul-betul bisa maju, barulah ada nilai ekonomis. Kalau dia pakai polybag berarti Rp30 ribu per pohon, jadi akan ada perputaran uang sebesar Rp300 juta, itu yang akan dimiliki oleh kelompok bukan saya,” ujarnya.

Lanjutnya, Anggota DPR RI Dapil Bali ini mengungkap keinginannya untuk menjadikan Kabupaten Jembrana sebagai sentra industri pertanian.

“Cita-cita dan angan saya Jembrana ini akan menjadi industri pertanian, industri pariwisata religius karena mempunyai hutan-hutan yang bagus, industri pariwisata perikanan karena mempunyai laut yang bagus. Kabupaten lain tidak mempunyai nilai ini. Hutannya tidak sebanyak hutan di Jembrana. Sentra pertanian ini satu-satunya dan baru pertama di Bali, dan baru ada di 13 provinsi dari 34 provinsi yang ada,” jelas Adhi Mahendra Putra.

Sementara itu, Wakil Bupati Patriana Krisna yang akrab disapa Ipat menyampaikan apreasiasinya kepada anggota DPR RI tersebut, karena sudah memberikan perhatian lebih kepada Kabupaten Jembrana.

“Hal pertama yang bisa saya sampaikan adalah terima kasih kepada Bapak Agung Adhi, beliau memberikan perhatian yang luar biasa untuk Kabupaten Jembrana, dan perhatian yang lebih khusus lagi di bidang pertanian. Perhatian beliau terhadap pertanian di Kabupaten Jembrana, beliau masih terus membawa program-program dari pusat ke Kabupaten Jembrana,” ucap Wabup Ipat.

Lebih lanjut, Ipat menjelaskan bahwa perekonomian di Kabupaten Jembrana pada masa pandemi masih terselamatkan karena sebagian besar masyarakat Jembrana bekerja pada sektor pertanian.

“Pertanian adalah salah satu sektor yang menyelamatkan Jembrana pada saat pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Baca Juga :  Bupati Tamba Buka Musrenbang Penyusunan RKPD Tahun 2025

Terkait dipilihnya kelapa untuk dikembangkan pada sentra pembibitan ini, Ipat sangat menyetujui hal tersebut. Ia melihat bahwa tanaman kelapa memiliki potensi yang sangat besar untuk pasar di Bali pada khususnya.

“Saya lihat kelapa itu adalah tanaman dari ujung atas sampai ujung bawah itu sangat berguna di kehidupan sehari-hari dan kehidupan beragama kita, sehingga Bali secara umum itu masih kekurangan produk-produk kelapa. Ini merupakan pasar yang potensial, jadi saya rasa sudah sangat tepat membuat sentra pembibitan dan tempat ini sebagai pusat untuk mengembangkan kelapa terutama kelapa genjah,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Anggota DPRD Provinsi Bali, I Made Suardana, Wakil Ketua DPRD Jembrana, I Wayan Suardika, Anggota DPRD Jembrana dari fraksi Golkar, Camat Mendoyo, serta Kelompok Tani Mapan Maju.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News