Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa mengambil langkah cepat, dengan mengunjungi langsung bangunan Bale Pewaregan di Pura Dalem Gede Desa Adat Blahkiuh, Kecamatan Abiansemal yang roboh di landa puting beliung, Rabu (1/2/2017).

Turut mendampingi Camat Abiansemal, Thomas Yuniarta, Bendesa Desa adat Blahkiuh, I.B. Nyoman Bajra serta tokoh masyarakat setempat.

Suiasa dalam kesempatan tersebut menyampaikan beberapa hari  ini banyak terjadi bencana di Badung  yang diakibatkan oleh angin kencang diantaranya banyak  pohon-pohon besar bertumbangan serta terjadinya putting beliung.

“Angin putting beliung telah merobohkan bangunan Bale Pewaregan  di Pura Dalem Gede Desa Adat Blahkiuh. Untuk itu kami langsung mengecek kondisi dilapangan sehingga bisa secepatnya dilakukan perbaikan. Saya sudah perintahkan BPBD untuk melakukan identifikasi dan menganalis kerugian yang diakibatkan bencana ini. Untuk teknis saya juga sudah perintahkan Dinas PU Badung untuk secara teknis segera melakukan langkah-langkah investigasi sehingga dapat memperkirakan besaran biaya untuk membangun kembali Bale ini,” ungkapnya.

Baca Juga :  Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik dan Peran Media di Badung

Pejabat asal Pecatu ini juga meminta kepada Bendesa Desa Adat Blahkiuh segera membuat laporan tertulis terkait bencana yang menimpa Bale Pewaregan tersebut, “Laporan ini diperlukan sebagai dasar untuk mengambil  kebijakan  administrasi terkait penganggaran sehingga pemerintah dapat dengan segera memperbaiki bale tersebut apalagi  bale ini sangat diperlukan masyarakat dalam melaksanakan upacara,”pungkasnya.

Lebih lanjut dihimbau kepada masyarakat Badung agar bisa menyikapi iklim yang ektrem belakangan ini dengan tidak berada di bawah pohon dan memarkir kendaraan dibawah pohon. “Selain itu juga masyarakat jangan membuang sampah di sungai karena membuang sampah di sungai dapat mengakibatkan bencana besar sepert banjir yang tentu mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit,” himbaunya. (humasbdg/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News