Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Setelah dilaksanakan selama dua hari, Taman Ayun Barong Festival Regeneration Superstar pada Minggu (6/8/2017) malam lalu ditutup secara resmi Kepala Dinas Kebudayaan IB. Anom Bhasma ditandai dengan penyerahan piagam dan piala penghargaan kepada para pemenang lomba-lomba dan peserta. Turut hadir Penglingsir Puri Ageng Mengwi A.A Gde Agung serta para pimpinan OPD terkait dilingkungan Pemkab Badung.

Kepala Dinas Kebudayaan IB. Anom Bhasma pada kesempatan tersebut melaporkan Festival Barong ini merupakan festival yang kedua dilaksanakan yaitu sebelumnya dilaksanakan pada tahun 2016, di tahun 2017 ini dilaksanakan lomba Bapang Barong Super Star dan Kendang tunggal Super Star yang diikuti oleh 12 peserta kategori Dewasa umur 30 tahun kebawah. Dilaksanakan juga lomba Barong Buntut kategori anak-anak berumur 15 tahun kebawah dengan jumlah peserta 22 dari seluruh Kabupaten di Provinsi Bali. Dari Hasil keputusan Dewan Juri kategori Bapang Barong Super Star juara I diraih oleh I Putu Bagus Wisnawa dengan Gede Ariawan, Juara II I Dewa Nyoman Sedana Arta dengan I Komang Adi Suryoga, Juara III, Ketut Suardana dengan I Gede Ersa Gifta Prandika. Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan lomba makendang.

Baca Juga :  Pilkada Badung 2024, Gusde Mahendra: Pemuda Badung Selektif Menentukan Pilihan

Sementara itu Penglingsir Puri Mengwi Mengatakan maksud penyelenggaraan Festival ini dengan tema Regeneration supaya ada kesinambungan antara seniman-seniman Barong bisa diwariskan kepada anak–anak dan remaja ini sehingga warisan ini bisa tetap lestari dimasa mendatang. Berkaitan dengan pelaksanaan Bapang Barong dan mekendang, dinilai akan lebih seru karena antara mekendang dan Bapang Barong tidak berada dalam satu tim sehingga hal ini menjadi suatu tantangan tersendiri dari masing masing peserta.

Lebih lanjut Penglingsir Puri Mengwi ini berharap Taman ayun Barong Pestivasal Regeneration bisa dilaksanakan berkelanjutan setiap tahunnya mengingat dari hasil evaluasi tahun yang lalu animo masyarakat sangat luar biasa baik dikalangan muda maupun anak – anak.

Baca Juga :  Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik dan Peran Media di Badung

“Dengan besarnya animo masyarakat, besarnya dukungan masyarakat, besarnya perhatian masyarakat di harapkan Festival ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya dengan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Badung” ujar Gde Agung. (humas-badung/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News