Masak
Srikandi PLN UID Bali menjelaskan penggunaan kompor induksi kepada salah satu tim penggerak PKK peserta lomba masak serba ikan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – PT PLN (Persero) mengajak tim penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) se-Bali untuk memasak menggunakan kompor ramah lingkungan dalam kegiatan lomba masak serba ikan yang digelar pada Senin (10/6/2024). Lomba ini, yang diselenggarakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bali, berlangsung di Hotel The Meru, Sanur, dan didukung oleh PLN dengan menyediakan kompor induksi untuk ke-8 tim peserta.

Pelaksana Harian (Plh.) General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali, Edyansyah, mengatakan bahwa dukungan ini adalah bagian dari kampanye transisi energi melalui penggunaan energi hijau, salah satunya dengan kompor induksi.

Baca Juga :  BPR Kanti Gelar Temu Wirasa Pabligbagan ‘BPR Kanti Ngorta Desa Adat’ 

“Kegiatan ini menjadi salah satu langkah nyata untuk memperkenalkan kompor ramah lingkungan, bertujuan mengurangi emisi karbon demi mencapai Net Zero Emission (NZE) 2060,” ujar Edyansyah.

Edyansyah menambahkan bahwa lomba memasak ini bisa menjadi ajang untuk memperkenalkan kemudahan dan efisiensi memasak menggunakan kompor induksi.

“Penggunaan kompor induksi telah terbukti efisien, mudah, dan aman. Kami akan terus memperkenalkannya agar masyarakat semakin familiar,” imbuhnya.

Ia juga menyebutkan bahwa saat ini peralatan memasak bertenaga listrik semakin beragam dalam bentuk, fitur, dan harga, memberikan masyarakat banyak pilihan untuk meningkatkan pengalaman memasak.

Baca Juga :  Satpol PP Kota Denpasar Tertibkan Puluhan Media Iklan Tanpa Izin

Kepala DKP Provinsi Bali, I Putu Sumardiana, menyampaikan bahwa lomba tahunan ini dimaksudkan untuk menggaungkan kampanye makan ikan di Bali dan meningkatkan kegemaran masyarakat dalam mengonsumsi ikan.

Perlombaan ini juga dihadiri oleh Ketua Umum PKK Pusat, Tri Suswati Tito Karnavian, yang mengecek proses memasak setiap tim dari berbagai kabupaten/kota se-Bali. Ia berbincang dengan beberapa peserta yang sedang menyiapkan berbagai menu kudapan, menu keluarga, hingga menu balita yang dipersyaratkan dalam lomba tersebut.

Selain itu, Koki Ida Bagus Gede Desimarta, Wakil Ketua Bidang Pelestarian Kuliner Tradisional dari Asosiasi Chef Indonesia, turut hadir dan melakukan demo memasak ikan tuna menggunakan kompor induksi.(tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News