IOS 18
Sumber Foto : apple.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Apple secara resmi mengumumkan perilisan iOS 18 pada Senin (10/6/2024) waktu Amerika Serikat, pembaruan besar untuk sistem operasi iPhone yang membawa berbagai fitur baru dan menarik. Pembaruan ini menghadirkan kontrol personalisasi yang lebih luas, desain aplikasi Foto yang dirombak total, cara baru untuk mengelola kotak masuk di Mail, dan masih banyak lagi.

Senior Vice President of Software Engineering Apple, Craig Federighi mengaku sangat senang memperkenalkan iOS 18. Ini adalah pembaruan besar dengan fitur luar biasa, termasuk tingkat penyesuaian dan kemampuan baru, aplikasi Foto yang didesain ulang, dan cara kuat untuk tetap terhubung dengan Pesan. Ada begitu banyak manfaat untuk semua orang.

“Rilis ini juga menandai awal dari era baru kecerdasan pribadi yang sangat menarik dengan Apple Intelligence yang menghadirkan pengalaman intuitif, kuat, dan berguna secara instan yang akan mengubah pengalaman iPhone, semuanya dengan privasi sebagai intinya. Kami tidak sabar menunggu pengguna merasakannya,” ucap Craig Federighi dilansir dari laman Apple Newsroom, Selasa (11/6/2024).

Lebih Personal dan Mudah Digunakan

iOS 18 menghadirkan berbagai opsi penyesuaian yang memungkinkan pengguna untuk mempercantik iPhone mereka sesuai dengan keinginan. Pengguna dapat mengatur aplikasi dan widget di ruang terbuka mana pun di Layar Utama, termasuk menempatkannya tepat di atas dock untuk memudahkan akses. Ikon aplikasi dan widget dapat tampil dengan gaya baru dengan efek gelap atau berwarna, dan pengguna dapat membuatnya tampak lebih besar untuk menciptakan pengalaman yang sempurna.

Baca Juga :  POCO Pad Hadir di Pasar Global dengan Performa Ekstrem bagi Para Digital Mobile Lifestyler

Pusat Kontrol telah dirancang ulang untuk memberikan akses lebih mudah ke berbagai fitur yang sering digunakan, seperti pemutaran media, kontrol Rumah, dan konektivitas. Pengguna juga dapat menambahkan kontrol dari aplikasi pihak ketiga yang didukung ke Pusat Kontrol untuk membuka kunci kendaraan dengan cepat atau langsung melompat ke pengambilan konten untuk media sosial.

Pengalaman Foto yang Lebih Baik

Aplikasi Foto di iOS 18 telah mengalami desain ulang besar untuk membantu pengguna menemukan dan menghidupkan kembali momen spesial dengan mudah. Tampilan tunggal yang sederhana menampilkan kisi familiar, dan koleksi baru membantu pengguna menjelajah berdasarkan tema tanpa harus mengatur konten ke dalam album. Koleksi favorit juga dapat disematkan untuk akses yang lebih cepat.

Tampilan carousel baru menghadirkan sorotan yang diperbarui setiap hari dan menampilkan orang, hewan peliharaan, tempat favorit, dan lainnya. Konten putar otomatis di seluruh aplikasi menghidupkan perpustakaan foto, memungkinkan pengguna untuk menikmati momen masa lalu sambil menjelajah.

Tetap Terhubung dengan Mudah

iMessage di iOS 18 menghadirkan efek teks baru yang menghidupkan percakapan dengan memperkuat huruf, kata, frasa, atau emoji apa pun dengan tampilan animasi yang dinamis. Pengguna dapat lebih baik mengekspresikan nada dengan menambahkan format seperti tebal, garis bawah, miring, dan coret. Tapback diperluas untuk memasukkan emoji atau stiker apa pun, dan pengguna juga dapat membuat pesan dan menjadwalkannya untuk dikirim di lain waktu.

Baca Juga :  Menguak Peningkatan Ekstrem Performa AI, Chipset Snapdragon 8s Gen 3 Debut Global Pertama di POCO F6

Untuk situasi ketika koneksi seluler atau Wi-Fi tidak tersedia, iOS 18 memperkenalkan Pesan melalui satelit. Didukung oleh teknologi inovatif yang sama dengan kemampuan satelit iPhone yang ada, Pesan melalui satelit secara otomatis meminta pengguna untuk terhubung ke satelit terdekat mereka langsung dari aplikasi Pesan untuk mengirim dan menerima teks, emoji, dan Tapback melalui iMessage dan SMS.

Peningkatan Lainnya

  • Mail: Mail di iOS 18 memperkenalkan cara baru bagi pengguna untuk mengelola kotak masuk dan tetap up to date. Kategorisasi pada perangkat mengatur dan mengurutkan email yang masuk ke Utama untuk email pribadi dan sensitif waktu, Transaksi untuk konfirmasi dan tanda terima, Pembaruan untuk berita dan pemberitahuan sosial, dan Promosi untuk email pemasaran dan kupon. Mail juga menampilkan tampilan ringkasan baru yang menyatukan semua email relevan dari bisnis, memungkinkan pengguna untuk dengan cepat memindai apa yang penting saat itu.
  • Safari: Safari, peramban tercepat di dunia,4 sekarang menawarkan cara yang lebih mudah untuk menemukan informasi di web dengan Sorotan dan pengalaman Reader yang didesain ulang. Menggunakan pembelajaran mesin, Safari dapat menampilkan informasi penting tentang halaman web. Misalnya, pengguna dapat meninjau ringkasan untuk mendapatkan inti sari artikel; cepat melihat lokasi restoran, hotel, atau landmark; atau mendengarkan trek artis langsung dari artikel tentang lagu atau album tersebut.
  • Apple Intelligence: iOS 18 memperkenalkan Apple Intelligence, sistem kecerdasan personal untuk iPhone, iPad, dan Mac yang menggabungkan kekuatan model generatif dengan konteks personal untuk menghadirkan kecerdasan yang sangat berguna dan relevan. Apple Intelligence dibangun dengan privasi sebagai inti dan terintegrasi secara mendalam ke dalam iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia.
Baca Juga :  POCO Rilis POCO Pad, Tablet Pertama Berperforma Fearless di tahun 2024

Ketersediaan

iOS 18 tersedia sebagai pratinjau pengembang hari ini dan akan dirilis ke publik pada musim gugur 2024. Pembaruan ini kompatibel dengan iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, iPhone 14 Pro Max, iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max, iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, iPhone SE (2nd generation or later).(tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News