Megendu Wirasa
Megendu Wirasa, Cara Bupati Tamba Rangkul Aspirasi Anak Muda Jembrana. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Bupati Tamba mengajak Sekaa Teruna sebagai generasi muda untuk senantiasa kompak dan bersatu (masikian), jika sudah kompak dan bersatu niscaya apapun yang diperjuangkan akan memperoleh hasil yang maksimal.

Hal tersebut Ia sampaikan saat megendu wirasa bersama Sekaa Teruna se-Kecamatan Melaya bertempat di Balai Banjar Nusasari, Desa Nusasari, Rabu (5/6/2024).

Mengambil tema “Megesah Jah”, banyak hal yang disampaikan oleh orang nomor satu di Jembrana tersebut.

Salah satunya terkait peluang kerja yang bisa dimanfaaatkan para sekaa teruna, mengingat saat ini beberapa perusahaan besar banyak berinvestasi di Kabupaten Jembrana. Perusaha Mitra Prodin salah satunya.

“Saat ini, PT Mitra Prodin yang ada di Desa Penyaringan, Mendoyo kembali membuka kesempatan berkerja untuk generasi muda Jembrana. Silahkan manfaat peluang itu, karena tidak sedikit tenaga kerja yang dibutuhkan dan itu prioritas untuk anak-anak di Jembrana,” ungkapnya.

Disamping itu, Bupati Tamba juga terus mendorong bagi generasi muda untuk bekerja keluar negeri dengan memanfaatkan keberadaan BLK (Balai Latihan Kerja) Kabupaten Jembrana.

Baca Juga :  Bupati Tamba Siapkan Penataan Kawasan Yeh Leh, Percantik Pintu Masuk Jembrana

“Yang ingin kerja keluar negeri, silahkan daftarkan diri di BLK Jembrana, banyak job vacancy yang disediakan. Saya terus mendorong hal ini, dengan harapan dengan bekerja keluar negeri, nantinya adik-adik dapat mengangkat derajat keluarga kearah yang lebih baik lagi. Disamping itu, hal ini juga sebagai langkah kita di pemerintah daerah dalam mengurangi angka pengangguran di Jembrana,” ucapnya.

Satu hal lagi, kata Bupati Tamba, saat ini Pemkab Jembrana juga menyediakan beasiswa berprestasi bagi anak yang berasal keluarga kurang mampu.

Baca Juga :  Rapat Paripurna DPRD Jembrana Agendakan Pandangan Umum Fraksi

“Pak bupati sangat percaya sekali, salah satu jalan  mengentaskan kemiskinan adalah lewat pendidikan. Jadi bagi-bagi adik yang ingin melanjutkan pendidikan silahkan manfaatkan beasiswa tersebut, karena kuotanya masih sangat banyak,” harapnya.

Terakhir, Bupati Tamba juga berharap dukungan gerenasi muda juga sangat penting dalam mewujudkan Jembrana Emas 2026. Untuk itu, ia juga berhadap untuk para sekaa teruna-teruni untuk senantiasa menjaga tingkah laku, belajar dengan baik, hindari hal-hal yang tidak produktif.

“Dimomentum yang luar biasa ini juga, saya berharap sekaa teruna juga bisa menjadi bagian dalam ngajegan budaya Bali. Kekompakan dan kerukunan menyama braya juga harus selalu dijaga dengan sebaik-baiknya,” harapnya.

Baca Juga :  Kunjungi Jembrana, Pangdam IX Udayana Perkuat Sinergi dan Kebersamaan

Sementara itu, Ketua Pasikian Yowana Jembrana, Putu Ferry mengungkapkan kegiatan megendu wirasa dengan tema “Megesah Jah” ini menjadi bagian dari peringatan Bulan Bung Karno di Kabupaten Jembrana.

Pada kegiatan megendu wirasa ini juga, bekerjasama dengan Pemkab Jembrana, Polres Jembrana, Majelis Adat Jembrana, dan stakeholder lainnya.

“Harapannya dengan kegiatan ini wawasan dari sekaa teruna akan semakin terbuka lebar, tentang isu-isu yang terjadi di Kabupaten Jembrana. Termasuk informasi-informasi yang berkaitan dengan program pemerintah Kabupaten Jembrana, khususnya dalam mewujudkan Jembrana Emas 2026. Kegiatan megendu wirasa akan dilaksanakan diseluruh kecamatan di Jembrana,” pungkasnya.(ang/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News