PPDB
Ombudsman Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Bali saat menyambangi Posko PPDB di Kantor Disdikpora Kota Denpasar, Senin (24/6/2024). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Negeri di Kota Denpasar untuk tahun ajaran 2024/2025 kembali dibuka. Setelah jalur prestasi, mulai Senin (24/6/2024), pendaftaran jalur afirmasi dan perpindahan tugas orang tua/wali resmi dimulai.

Pendaftaran dilakukan melalui laman resmi Siap PPDB Kota Denpasar di tautan https://denpasar.siap-ppdb.com hingga 25 Juni 2024 pukul 15.00 WITA. Hasil seleksi untuk dua jalur tersebut akan diumumkan pada Rabu (26/6/2024) pukul 06.00 WITA.

Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, AA Putu Gede Astara, melaporkan bahwa pada hari pertama pendaftaran jalur afirmasi, terdapat 315 pendaftar. Dari jumlah tersebut, 166 berkas pendaftar telah diverifikasi, 143 berkas ditolak, dan 6 berkas belum diverifikasi. Sementara itu, untuk jalur perpindahan tugas orang tua/wali, terdapat 268 pendaftar dengan 107 berkas yang telah diverifikasi, 156 berkas ditolak, dan 5 berkas belum diverifikasi.

“Kuota untuk jalur afirmasi dan perpindahan tugas orang tua/wali masing-masing sebesar 5 persen di setiap SMP Negeri di Kota Denpasar. Jika hasil seleksi menunjukkan adanya sisa kuota, maka akan dialihkan ke jalur zonasi bina lingkungan,” kata Agung Astara.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Buka Secara Resmi KKN Nusantara IV UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

Agung Astara menjelaskan bahwa jalur afirmasi ditujukan bagi siswa penerima program penanganan keluarga tidak mampu dari pemerintah pusat atau daerah. Syarat untuk mendaftar jalur ini adalah memiliki KK Kota Denpasar, terdaftar di basis data Dinas Sosial Kota Denpasar sebagai keluarga kurang mampu, memiliki Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia atau Surat Pengantar Layanan dari Dinas Sosial Kota Denpasar, serta memiliki ijazah atau surat keterangan lulus SD dan Surat Keterangan Hasil Belajar yang dikeluarkan oleh sekolah di Kota Denpasar.

Sementara itu, jalur perpindahan tugas orang tua/wali diperuntukkan bagi siswa yang orang tua/walinya pindah tugas yang dibuktikan dengan surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor pemerintah, atau Badan Usaha Milik Negara terhitung sejak Juni 2023 sampai pelaksanaan PPDB. Jalur ini juga memfasilitasi siswa yang pindah karena kasus khusus seperti pindah dari daerah konflik atau kawasan rawan bencana. “Calon siswa wajib diterima selama daya tampung memungkinkan dan dibuktikan dengan surat keterangan yang sah,” jelas Astara.

Baca Juga :  Intip Sneak Peek, Longtime Ambil Alih Club Soda Bali untuk Cicipi Apa Yang Akan Datang

Setelah pelaksanaan PPDB jalur afirmasi dan perpindahan tugas orang tua/wali, pendaftaran PPDB dilanjutkan dengan jalur zonasi umum pada 27-29 Juni 2024 dan hasil seleksinya akan diumumkan pada 1 Juli 2024. Terakhir, pendaftaran jalur zonasi bina lingkungan akan dilaksanakan pada 2-3 Juli 2024 dan hasilnya akan diumumkan pada 4 Juli 2024.

PPDB SMP Negeri tahun ajaran 2024/2025 ini terdiri dari empat jalur: jalur zonasi dengan kuota 60 persen, jalur afirmasi 5 persen, jalur prestasi 30 persen, dan jalur perpindahan tugas orang tua/wali 5 persen. Jalur zonasi dibagi menjadi dua, yaitu jalur zonasi umum dengan kuota 40 persen dan jalur zonasi bina lingkungan dengan kuota 20 persen. Jalur prestasi juga dibagi menjadi dua, yaitu prestasi akademik dengan kuota 6 persen dan prestasi non-akademik 24 persen.

Baca Juga :  Antari Jaya Negara Buka Pelatihan Banten Pulegembal Desa Dangin Puri Kangin

Untuk jalur prestasi non-akademik, kuota dibagi menjadi prestasi non-akademik Utsawa Dharma Gita (1 persen), lomba Puja Tri Sandya (1 persen), Bulan Bahasa Bali (2 persen), olahraga (10 persen), seni (6 persen), dan Pesta Kesenian Bali (4 persen).(tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News