AP1
Airport Environment Senior Manager AP1, Ujang Hendra (kanan) saat menerima penghargaan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – PT Angkasa Pura I (AP1) meraih penghargaan dalam ajang ‘Transparansi dan Penurunan Emisi Korporasi Terbaik 2024’ yang diselenggarakan oleh Investortrust bekerja sama dengan Bumi Global Karbon (BGK) Foundation. Pada penghargaan yang digelar pada Rabu (29/5/2024) malam, AP1 berhasil meraih penghargaan kategori ‘Transparansi Perhitungan Emisi Korporasi – Gelar Gold Plus’.

Penghargaan ini merupakan wujud apresiasi yang diberikan kepada perusahaan yang dianggap berkontribusi positif terhadap upaya pengelolaan dan penurunan emisi karbon secara berkelanjutan.

“Penghargaan ini menjadi bukti nyata dari komitmen AP1 dalam menjalankan bisnis sebagai pengelola bandara, serta dalam waktu yang bersamaan menjalankan komitmen untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan hidup secara berkelanjutan,” ujar Direktur Utama AP1, MMA Indah Preastuty, Jumat (31/5/2024) dalam keterangan resminya.

Dalam acara penyerahan penghargaan, CEO Investortrust, Primus Dorimulu menyampaikan bahwa penurunan emisi akan berdampak positif terhadap perubahan iklim.

Baca Juga :  Kader Gerindra Bali Bersyukur atas Kesuksesan Operasi Prabowo, Harap Sehat Selalu untuk Pimpin Indonesia

“Perusahaan yang bisa menurunkan emisi karbon patut diberikan apresiasi karena sudah berkontribusi menyelamatkan bumi,” ujar Primus.

Sesuai dengan perwujudan misi perusahaan ‘Memberikan kontribusi positif pada kelestarian lingkungan’, AP1 telah menerapkan sejumlah langkah dan kebijakan yang sejalan dengan misi perusahaan tersebut, utamanya yang berkaitan dengan konservasi energi dan manajemen emisi gas rumah kaca (GRK).

Pengurangan GRK menjadi fokus arah mitigasi dengan menerapkan prinsip bandara ramah lingkungan atau eco-friendly airport , dengan menjalankan sejumlah langkah seperti penghijauan di bandara, penggunaan infrastruktur hemat energi seperti lampu LED dan lampu sel surya, penerapan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), penerapan konsep green building , pemanfaatan Building Automatic System (BAS), serta penerapan ISO 14001:2015 Sistem Manajemen Lingkungan dan ISO 50001:2018 Sistem Manajemen Energi.

Selain itu, AP1 secara berkelanjutan juga melakukan inventarisasi GRK yang dihasilkan oleh bandara-bandara yang dikelola dengan menggunakan formulasi ACI’s Airport Carbon and Emissions Reporting Tool (ACERT). Metodologi ini digunakan untuk mendapatkan nilai emisi GRK dari aktivitas operasional bandara.

Melalui penerapan sejumlah langkah dan kebijakan tersebut, AP1 berhasil melakukan inventarisasi emisi GRK sebesar 151.119 ton CO2eq di 15 bandara yang dikelola, serta berperan aktif dalam mengurangi emisi GRK di sektor transportasi dengan keberhasilan menurunkan sebanyak 440.985 ton CO2eq.

Baca Juga :  Owner Saff & Co Ungkap Kiat Sukses Bisnis di E-Commerce hingga Parfum Favorit Orang Indonesia

“Penghargaan ini melengkapi capaian AP1 dalam penghargaan terkait lingkungan yang diraih sebelumnya, serta sekaligus menjadi motivasi bagi perusahaan untuk terus dapat menjalankan komitmen dalam memberikan kontribusi positif terhadap pelestarian alam dan lingkungan,” tutup Indah Preastuty.(tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News