PKBM Widya Sentana
Pusat Asesmen Pendidikan Pantau Kesiapan Uji Kesetaraan di PKBM Widya Sentana. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KUTA UTARA – Pusat Asesmen Pendidikan, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melaksanakan kegiatan Monitoring Simulasi Uji Kesetaraan Tahun 2024 ke PKBM Widya Sentana. Kegiatan ini bertujuan untuk memantau kesiapan penyelenggaraan Uji Kesetaraan di PKBM Widya Sentana, serta memastikan pelaksanaan Uji Kesetaraan berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Monitoring ini dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 28 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Dalam Permendikbudristek tersebut, Pusat Asesmen Pendidikan ditugaskan untuk melaksanakan pembinaan, pemantauan, dan evaluasi penyelenggaraan pendidikan.

Baca Juga :  IKN dan INA Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Meningkatkan Investasi Global di Ibu Kota Nusantara

Tim monitoring dari Pusat Asesmen Pendidikan, Suryo Atmojo selaku Pengembang Penilaian Pendidikan Ahli Pertama, beserta tim. Dalam kunjungannya, tim monitoring disambut oleh Wakil Ketua PKBM Widya Sentana, Putu Dina Yuniarini, SE., S.Psi., M.Pd., beserta jajaran pengurus PKBM.

Pada kesempatan tersebut, tim monitoring meninjau langsung kesiapan sarana dan prasarana Uji Kesetaraan di PKBM Widya Sentana, termasuk ruangan ujian, komputer, dan jaringan internet. Tim monitoring juga berdialog dengan panitia penyelenggara Uji Kesetaraan untuk mendapatkan informasi tentang kesiapan pelaksanaan Uji Kesetaraan, termasuk sosialisasi kepada peserta didik, pelatihan petugas, dan penyusunan soal ujian.

Secara keseluruhan, tim monitoring menilai bahwa PKBM Widya Sentana telah siap melaksanakan Uji Kesetaraan Tahun 2024. Tim monitoring memberikan beberapa saran kepada panitia penyelenggara Uji Kesetaraan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Uji Kesetaraan, seperti memastikan kecukupan jumlah pengawas ujian dan memperjelas tata tertib pelaksanaan Uji Kesetaraan.

Uji Kesetaraan adalah ujian yang diselenggarakan untuk menilai kompetensi peserta didik yang tidak berkesempatan mengikuti pendidikan formal. Hasil Uji Kesetaraan dapat digunakan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau untuk mencari pekerjaan.

Baca Juga :  PertaLife Insurance Berikan Perlindungan dan Dukungan Pendidikan di Bali

Kemendikbudristek terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan Uji Kesetaraan di seluruh Indonesia. Melalui kegiatan monitoring ini, diharapkan Uji Kesetaraan dapat dilaksanakan secara bermutu dan kredibel, sehingga dapat memberikan manfaat yang optimal bagi para peserta didik.

Wakil Ketua PKBM Widya Sentana, Putu Dina Yuniarini, SE., S.Psi., M.Pd., mengaku senang PKBM Widya Sentana menjadi sample kunjungan dari Pusat Asesmen terkait simulasi uji kesetaraan tahun ini.

“Kami jadi tau bagaimana kesiapan sarana dan prasarana yang ada di sekolah untuk pelaksanaan Uji Kesetaraan,” ucap Dina, Minggu (5/5/2024).

Baca Juga :  Pertamina Goes To Campus, Langkah Kolaborasi Pertamina Hadapi Trilema Energi

PKBM Widya Sentana merupakan salah satu penyelenggara Uji Kesetaraan di Kabupaten Badung yang telah terakreditasi oleh Kemendikbudristek. PKBM ini menyelenggarakan Uji Kesetaraan untuk jenjang Paket A, Paket B, dan Paket C.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News