Wali Kota Denpasar
Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara saat peninjauan proses pendinginan pasca kebakaran di TPA Suwung, Kamis (9/5/2024). Sumber Foto : Istimewa 

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Proses pengangkutan sampah dari Tempat Pembuangan Sementara (TPS) menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Suwung dipastikan kembali lancar. Hal ini lantaran proses penanganan kebakaran di TPA tersebut memasuki tahap pendinginan, yang mana titik api telah dinyatakan nihil. Demikian diungkapkan Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara disela peninjauan proses pendinginan pasca kebakaran di TPA Suwung, Kamis (9/5/2024).

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Jaya Negara mengatakan, musibah Kebakaran yang melanda TPA Suwung membuat lalu lintas pembuangan sampah ke lokasi tersebut tersendat. Hal ini guna memberikan ruang bagi kendaraan Pemadam Kebakaran untuk mendukung optimalisasi pemadaman api.

Baca Juga :  Koalisi Indonesia Maju Bali dan Nasdem Jalin Silaturahmi Menyambut Pilkada Bali 2024

“Kemarin memang sempat kita alihkan sementara, kita berikan prioritas mobil pemadam kebakaran, setelah dinyatakan padam, mulai pagi ini truk sampah sudah bisa masuk ke TPA,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, sembari proses pendinginan oleh Tim Damkar Kota Denpasar bersama Water Cannon Brimob Polda Bali terus berlangsung, pembnguangan sampah difokuskan pada sisi timur TPA Suwung. Hal ini lantaran kawasan yang mengalami kebakaran berada di sisi barat dekat kolam lindi.

“Jadi kami sudah berkordinasi dengan Kepala UPT, sudah disiapkan disisi Timur untuk pembuanhan sampah, dan kami sudah terjunkan alat berat untuk mempercepat loading sampah,” ujar Jaya Negara.

Meski sudah kembali lancar, pihaknya tetap mengimbau masyarakat untuk dapat mengolah sampah berbasis sumber. Hal sederhana yang dapat dilaksanakan adalah dengan memilah sampah. Sehingga secara berkelanjutan dapat mengurangi jumlah sampah menuju TPA.

Baca Juga :  Astra Motor Bali Semarakkan May Day dengan Beragam Kegiatan dan Sinergi Harmonis

“Dalam kesempatan ini kami tetap mengajak masyarakat untuk tetap memilah sampah serta mengolah sampah berbasis sumber untuk menciptakan kebersihan kota, serta mengurangi distribusi sampah menuju TPA, mari bersama pilah dan olah sampah,” ujarnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News