Pemeriksaan Gigi dan Mulut
PKK Kota Denpasar Gandeng Fakultas Kedokteran Gigi Mahasaraswati Denpasar, Aktifkan Meja Penyuluhan, Pemeriksaan Gigi dan Mulut di Tiap Posyandu. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – PKK Kota Denpasar menggandeng Fakultas Kedokteran Gigi Mahasaraswati Denpasar untuk mengaktifkan meja penyuluhan, pemeriksaan gigi dan mulut di setiap pelaksanaan posyandu di banjar-banjar di Kota Denpasar. Hal tersebut disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara saat meninjau pelaksanaan posyandu di Kota Denpasar, Selasa (7/5/2024).

Lebih lanjut Antari Jaya Negara menambahkan, mengaktifkan meja meja penyuluhan, pemeriksaan gigi dan mulut merupakan salah satu arahan Ketua TP PKK Provinsi Bali dan sebagai bentuk senergisitas untuk pelaksanaan program posyandu. Dengan adanya penambahan meja penyuluhan khususnya untuk kesehatan mulut dan gigi diharapkan masyarakat memahami bagaimana menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Baca Juga :  "Bali Nice", Upacara Segara Kerthi Untuk Kesuksesan World Water Forum Ke-10

“Dengan adanya penyuluhan dan pemeriksaan gigi dan mulut kami harapkan masyarakat lebih memahami pentingnya menjaga kesehatan mulut dan gigi,” ujar Antari Jaya Negara.

Selama ini menurut Ny. Antari Jaya Negara, masyarakat pasti sudah melaksanakan menggosok gigi setiap habis makan. Namun untuk menggosok gigi yang benar dan menjaga kesehatan mulut belum tentu semua memahami. Dengan adanya penyuluhan dari Fakultas Kedokteran Gigi Fakultas Mahasaraswati Denpasar diharapkan dapat menjaga kesehatan mulut dan gigi dengan benar.

Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Maha Sarawati Denpasar, Dr. drg. Dewa Made Wedagama, Sp.KG., FICD, menyampaikan apresiasi pada Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar karena langsung bergerak cepat untuk melaksanakan arahan Ketua TP PKK Provinsi Bali. Ini merupakan sebagai bentuk senergisitas pelaksanaan program kesehatan yang pelaksanaanya langsung menyentuh masyarakat melalui posyandu.

“Saya tahu pelaksanaan posyandu di Kota Denpasar sangat aktif, bahkan sudah banyak posyandu di Kota Denpasar telah paripurna,” ujar Dr. drg. Dewa Made Wedagama, Sp.KG., FICD.

Baca Juga :  Indonesia Siap Gelar Forum Air Dunia ke-10 dengan Praktik Pengelolaan Sampah Bertanggung Jawab

Lebih lanjut, Dr. drg. Dewa Made Wedagama, Sp.KG., FICD menambahkan, untuk melaksanakan kegiatan ini pihaknya melibatkan seluruh dosen fakultas kedokteran gigi dan mahasisi kedokteran gigi yang sedang koas. Untuk kegiatan di posyandu Dr. drg. Dewa Made Wedagama, Sp.KG., FICD menyampaikan akan mengutamakan penyuluhan sehingga masyarakat diharapkan mengatahui secara benar bagaimana menjaga kesehatan gigi dan mulut. Namun tidak lepas untuk pemeriksaan gigi bagai anak-anak dan lansia akan tetap dilakukan dan bila perlu dilakukan tindakan segara untuk kesehatan gigi akan dilakukan karena pihaknya telah membawa mobil pelayanan kesehatan gigi.

“Bila tidak pasien diperlukan ambil tindakan segera untuk gigi kami akan melakukan tindakan mobil pelayanan,” ujarnya.

Sarah seorang lansia Ketut Suani (60) mengaku sangat mengapresiasi pelaksanaan penyuluhan gigi dan mulut. Terlebih lagi diperuntukan untuk anak-anak dan lansia.

“Kami sangat mengapresiasi penambahan pelayanan untuk pemeriksaan gigi dan mulut. Sehingga kami memahami bagaimana menjaga kesehatan mulut dan gigi secara benar,” ujarnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News