PertaLife
PertaLife Insurance Adakan Pelatihan Eco Enzyme di Bali untuk Kelestarian Lingkungan. Sumber Foto : ads/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – PT Perta Life Insurance (PertaLife Insurance) telah sukses menyelenggarakan pelatihan Eco Enzyme sejak 21 Maret 2024 hingga hari ini.

Kegiatan yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pengolahan limbah organik ini diadakan di berbagai lokasi di Bali, termasuk Banjar Sawangan, Banjar Bualu, Banjar Permata, Sekolah Al-Azhar Tuban, Sekolah Prima Udayana Siligita, dan terakhir di Banjar Seminyak pada Jumat (17/5/2024).

Pesatnya perkembangan pariwisata di Bali membawa manfaat ekonomi yang signifikan bagi masyarakat setempat. Namun, hal ini juga memicu peningkatan produksi limbah yang berpotensi mencemari lingkungan. Eco Enzyme, hasil fermentasi sampah dapur seperti ampas buah dan sayur, menawarkan solusi inovatif untuk mengatasi masalah ini dengan membersihkan lingkungan dan mengurangi limbah.

PertaLife Insurance Adakan Pelatihan Eco Enzyme di Bali untuk Kelestarian Lingkungan. Sumber Foto : ads/bpn

Dalam pelatihan ini, kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) diberi pemahaman tentang cara mengolah sampah organik menjadi Eco Enzyme. Produk ini tidak hanya berguna untuk lingkungan, tetapi juga dapat diolah menjadi barang bernilai jual seperti sabun, pupuk tanaman, dan pengusir hama, yang dapat menjadi komoditas produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) guna meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

Baca Juga :  President of The UN General Assembly Terkesan dengan Simulasi Bencana Tsunami di Tanjung Benoa

Direktur Utama PertaLife Insurance, Hanindio W. Hadi, menyatakan bahwa program ini merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap kelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.

“Kelestarian lingkungan sangat penting, terutama bagi Bali yang sangat bergantung pada sektor pariwisata. Turis mancanegara akan merasa nyaman jika tempat yang mereka kunjungi bersih dan bebas dari pencemaran lingkungan,” ujar Hanindio.

Hanindio menambahkan, melalui pelatihan dan penyuluhan ini, PertaLife Insurance berharap masyarakat, terutama ibu-ibu, dapat memperoleh penghasilan tambahan dari hasil Eco Enzyme. Ini adalah langkah penting bagi perusahaan dan masyarakat untuk bersama-sama mendukung adopsi Eco Enzyme sebagai solusi masalah lingkungan, sekaligus meningkatkan perekonomian.

Kepala Bagian Administrasi Pembangunan, Sekretariat Daerah Kabupaten Badung, Anak Agung Putri Mas Agung, memberikan apresiasi tinggi atas inisiatif PertaLife Insurance.

“Acara ini diharapkan akan menjadi katalisator untuk gerakan global menuju praktik yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan. Dengan memperluas pemahaman dan pengetahuan tentang Eco Enzyme, pelatihan ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk mengambil langkah-langkah konkret dalam menjaga kelestarian lingkungan dan menciptakan dunia yang lebih hijau untuk generasi mendatang. Semoga kegiatan ini juga diikuti oleh korporasi lainnya,” kata Anak Agung Putri Mas Agung.

Baca Juga :  Astra Motor Bali Rayakan Idul Adha dengan Berkurban 1 Sapi dan 6 Kambing

Melalui program ini, PertaLife Insurance tidak hanya menunjukkan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan, tetapi juga berperan aktif dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui inovasi yang berkelanjutan.(ads/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News