Biaung Beach Fishing Tournament I
Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara didampingi Ketua DPRD Denpasar, I Gusti Ngurah Gede dan tamu undangan lainnya melepas tukik, dan melempar alat pancing pertama sebagai tanda dibukanya Biaung Beach Fishing Tournament I, Minggu (12/5/2024) di Pantai Biaung, Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara membuka secara resmi “Biaung Beach Fishing Tournament I,” yang diselenggarakan Sekaa Teruna Dharma Santi Banjar Biaung, Desa Kesiman Kertalangu, Kecamatan Denpasar Timur, Minggu (12/5/2024) di Pantai Biaung, Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur.

Pembukaan ditandai dengan pelepasan tukik dan pelemparan alat pancing pertama oleh Wali Kota Jaya Negara yang tampak dihadiri Ketua DPRD Denpasar, I Gusti Ngurah Gede,

Tokoh masyarakat, I Wayan Warka yang juga anggota DPRD Denpasar, Jro Bendesa Adat Kesiman, I Ketut Wisna, Camat Denpasar Timur, Ni Ketut Srikaryawati, dan Perbekel Kesiman Kertalangu, I Made Suena.

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi atas penyelenggaraan Biaung Beach Fishing Tournament yang dilaksanakan untuk pertama kalinya oleh Sekaa Teruna Dharma Santi Banjar Biaung.

Baca Juga :  KILA Hadir untuk Pertama Kalinya di Bali, Bawa Semangat Lagu Anak Indonesia

“Kami apresiasi pelaksanaan Biaung Beach Fishing Tournament I, dan melihat antusias tinggi dari  peserta,  kegiatan ini akan kami siapkan menjadi agenda tahunan sebagai event wisata dan juga olahraga di Kota Denpasar,” ujar Wali Kota Jaya Negara disela-sela pembukaan Biaung Beach Fishing Tournament.

Lebih lanjut Wali Kota Jaya Negara menyampaikan, Biaung Beach Fishing Tournament bertujuan untuk mempromosikan kegiatan memancing di kawasan Pantai Biaung dengan tehnik yang biasa disebut “Mancing Dasaran”. Kegiatan ini juga untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya konservasi lingkungan laut, serta mendukung pariwisata lokal di sekitar Pantai Biaung, Kesiman Kertalangu. Melalui turnamen ini, diharapkan dapat memperkuat komunitas memancing dan memperkuat kesadaran akan pentingnya menjaga keberlanjutan sumber daya alam, terlebih saat ini di Pantai Biaung telah memiliki tempat penangkaran penyu.

Baca Juga :  Cetak Generasi Pertanian Unggul, Alumni FP Unwar Diminta Berbagi Inovasi dan Kreativitas

“Turnamen ini memberikan kesempatan bagi para pemancing untuk bersosialisasi, bersenang-senang, dan mengasah keterampilan mereka sambil mempromosikan keindahan alam dan pentingnya pelestarian lingkungan. Selain itu, turnamen ini juga dapat meningkatkan perekonomian lokal melalui pariwisata dan promosi produk-produk lokal,” ujar Jaya Negara.

Sementara Ketua Panitia Biaung Beach Fishing Tournament I, Ketut Surya Nadisaputra menyampaikan, kegiatan ini pertama kali dilaksanakan Sekaa Teruna Dharma Santi Banjar Biaung. Kegiatan Biaung Beach Fishing Tournament

menggunakan teknik mancing dasaran, yaitu teknik yang dipakai untuk memancing ikan di dekat dasar laut. Teknik mancing dasaran ini mungkin salah satu teknik yang membuat pemancing bisa bersantai sambil menunggu umpan disambar oleh ikan.

Baca Juga :  Perhatikan Tumbuh Kembang Anak, Pj Ketua TP PKK Bali Serukan Semua Pihak Ngrombo Atasi Stunting

“Sebagai kegiatan pertama, Biaung Beach Fishing Tournament diikuti 238 peserta dari masyarakat umum yang bersaing mencari ikan terberat, dan memperebutkan Juara I, II, III, dan doorprize sepeda listrik, serta hadiah hiburan lainnya,” ujarnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News