Pekan Daerah KTNA XXVII Tahun 2024
Kota Denpasar Ikuti Pekan Daerah KTNA XXVII Tahun 2024 Tingkat Provinsi. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kota Denpasar mengirim 30 orang Kontingen Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) mengikuti Pekan Daerah KTNA XXVII Tahun 2024 yang telah berlangsung di areal Pura Samuan Tiga Bedulu Gianyar dari 13 – 17 Mei.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Denpasar, A.A Gde Risnawan, saat penutupan KTNA, Jumat (17/5/2024) menyampaikan KTNA salah satu kelembagaan petani dan nelayan yang memiliki peran strategis dalam pembangunan. Hadir dalam penutupan KTNA tersebut Kepala Dinas Pertanian Kota Denpasar, A.A Gde Bayu Brahmasta, Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, I.B Bagus Mayun Suryawangsa dan Kepala Bagian Perekonomian Setda Kota Denpasar, I Wayan Putra Sarjana. Mengingat mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan produksi, dan pendapatan serta kesejahteraan. Lebih lanjut Risnawan menambahkan pertanian di wilayah kota sudah mengalami perubahan ke arah pertanian urban farming. Hal ini dampak dari tingginya tinggkat urbanisasi yang mempengaruhi keterbatasan lahan pertanian.

Baca Juga :  MARKAS Bali Sukses Gelar Sekolah Beta Intensif Batch 1, Luluskan 72 Talenta Digital Muda

Melalui pekan daerah ini pihaknya berharap anggota KTNA Kota Denpasar dapat meningkatkan motivasi petani-nelayan dan masyarakat pelaku agribisnis. Hal ini utamanya dalam pembangunan sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui kemitraan yang saling menguntungkan, serta menumbuhkembangkan minat generasi muda pada bidang pertanian, perikanan dan kelautan serta kehutanan.

Pj Gubernur Bali, Irjen (Purn) Sang Made Mahendra Jaya, dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali, I Wayan Sunada menyampaikan, Bali dengan alam yang luar biasa sumber daya Pertanian, Kelautan, Perikanan dengan luas perairan laut seluas 9.634,35 km2 dan wilayah daratan seluas 5.636,66 km2. Lebih lanjut dijelaskan sektor pertanian dan perikanan Provinsi Bali dengan catatan Share sektor pertanian terhadap PDRB Bali dalam 3 tahun terkahir adalah tahun 2021 : 16,66%, tahun 2022 : 14,67% dan tahun 2023: 13,73% Sedangkan target share sektor pertanian terhadap PDRB Bali Tahun 2024, sebesar 14,71%. Sementara share sektor perikanan terhadap PDRB Bali dalam 3 tahun terakhir adalah tahun 2021 : 5,10%, tahun 2022 : 4,74% dan tahun 2023 : 5,20%. Untuk target share sektor perikanan terhadap PDRB Bali Tahun 2024, sebesar 5,79%.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Hadiri Pembinaan Drama Gong Duta Kota Denpasar

Ketua KTNA Provinsi Bali, I Nyoman Selamet menjelaskan tujuan pelaksanaan Pekan Daerah KTNA XXVII Tahun 2024 ini adalah untuk meningkatkan motivasi petani-nelayan dan masyarakat pelaku agribisnis, dalam pembangunan sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan, melalui kemitraan yang saling menguntungkan, serta menumbuh-kembangkan minat generasi muda pada bidang pertanian, perikanan, dan kelautan serta kehutanan.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News