KILA
KILA Hadir untuk Pertama Kalinya di Bali, Bawa Semangat Lagu Anak Indonesia. Sumber Foto : tis/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Untuk menguatkan ekosistem musik di Indonesia, khususnya lagu anak, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media mempersembahkan Kita Cinta Lagu Anak Indonesia (KILA) untu pertama kalinya di Kota Denpasar, pada Jumat (3/5/2024) sore bertempat di Dharma Negara Alaya Lumintang.

Ketua Tim Kerja Apresiasi dan Literasi Musik Dirjen Perfilman, Musik dan Media Kemendikbudristek, Edi Irawan menjelaskan, KILA ke-5 ini di Kota Denpasar ini menampilkan duta-duta dari KILA hasil lomba selama empat tahun dari 2020.

“Sejak 2020, kami mengadakan lomba cipta lagu khusus anak-anak. KILA merupakan wujud nyata kepedulian dan komitmen dalam membentuk ekosistem lagu anak Indonesia,” ucap Edi Irawan kepada awak media.

Edi menerangkan, dalam dua dekade ini, Indonesia kekurangan lagu anak hingga hilangnya idola cilik. “Anak-anak yang mempunyai bakat cendrung menyanyikan lagu orang dewasa, mereka tidak menyanyikan lagu seusianya,” tambah Edi Irawan.

Bekerja sama dengan Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Pariwisata Kota Denpasar, serta Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar, KILA melakukan sosialisasi dalam bentuk pengenalan program KILA dan berbagi informasi mengenai lagu anak sebagai jembatan komunikasi materi belajar di hadapan sekitar 200 guru dan tenaga pendidik di Kota Denpasar dan sekitarnya pada 30 April 2024, serta kunjungan ke beberapa sekolah mulai 29 April sampai 2 Mei 2024.

Beberapa sekolah yang akan dikunjungi, antara lain: SDN 1 Peguyangan, SDN 17 Dauh Puri, SDN 4 Ubung, SD Cipta Darma, SD Saraswati 6, SD Raj Yamuna, SD Harapan, SD 1 Bumi, SDN 9 Padangsambian, SDN 8 Dauh Puri, SDN 19 Pemecutan, TK Cipta Darma, TK Pelita Bunda School, TK Adhi Mekar Indonesia, dan TK Davincio.

Baca Juga :  Ketut Adi Sutrisna dan Adi Setiawan Terpilih Sebagai Ketua dan Sekretaris AMSI Bali Periode 2024-2028

Di masing-masing sekolah, KILA akan melakukan pengenalan lagu-lagu anak karya pemenang lomba cipta lagu KILA dari tahun 2020 sampai 2022, dimana lagu-lagu tersebut membawa pesan tentang kerukunan, hubungan pertemanan, rasa syukur dan penghormatan kepada orang tua, serta keindahan alam Indonesia.

Selain itu, KILA juga akan mengajak anak-anak di wilayah Denpasar dan sekitarnya untuk berpartisipasi menjadi peserta lomba menyanyi lagu anak yang diselenggarakan KILA.

Di akhir kegiatan sosialisasi, KILA melakukan kegiatan pementasan lagu anak yang diberi tajuk ‘Sahabat Anak Indonesia’, dengan menampilkan beberapa Duta KILA (pemenang lomba menyanyi lagu anak KILA) dari berbagai angkatan, antara lain: Shelomita Gasya Amori (Salatiga), Axel Gloryus Christopradia (Yogyakarta), Felicia Angelica Emmanuella (Tangerang Selatan), Belvania Aletha Kaneisha (Pati), Krishna Sakti Mugipurbaya (Pati), dan Carissa Angel Indyra Putri (Tangerang Selatan).

Baca Juga :  Ciptakan Tertib Administrasi, Kelurahan Dauh Puri Gelar Pendataan Penduduk Non Permanen

Selain kegiatan sosialisasi dan pementasan di beberapa kota besar, KILA di tahun 2024 ini juga melombakan berbagai jenis lomba yang berkaitan dengan lagu anak, antara lain : Lomba menyanyi lagu anak kelompok usia 5-7 tahun, Lomba menyanyi lagu anak kelompok usia 8-13 tahun, Lomba cipta lagu anak peruntukan usia 5-7 tahun, Lomba cipta lagu anak peruntukan usia 8-13 tahun, dan Lomba aransemen lagu anak daerah.

KILA
Ketua Tim Kerja Apresiasi dan Literasi Musik Dirjen Perfilman, Musik dan Media Kemendikbudristek, Edi Irawan. Sumber Foto : tis/bpn

Pada kategori lomba cipta lagu anak tahun ini, KILA mengangkat tema ‘Ragam Budaya dan Alam Indonesia’. Tema ini diharapkan ke depannya anak-anak dapat mendengarkan lagu bertemakan budaya  bangsa yang sesuai usianya, sehingga mereka semakin peka, menghargai dan bangga akan budaya bangsa serta alam Indonesia. Dengan demikian mendukung perkembangan budi luhur anak dalam rangka pembentukan karakter sejalan dengan Profil Pelajar Pancasila.

Baca Juga :  Melalui Pasar Murah Sewaka Jaya, Pemkot Denpasar Tekan Angka Inflasi

Dengan beragamnya tema yang diusung oleh KILA setiap tahun, diharapkan koleksi lagu baru anak-anak akan bervariasi dan dapat menjawab berbagai kebutuhan anak dalam berbagai keadaan.

Pendaftaran lomba KILA 2024 kali ini mulai 9 Maret hingga 31 Mei 2024. Untuk registrasi serta persyaratan pendaftaran peserta dapat dilihat pada tautan laman www.kilaindonesia.id. Perlu dicatat bahwa program lomba ini tidak berbayar.

Dengan konsistensi penyelenggaraan KILA dapat memberikan dampak positif bagi anak-anak  Indonesia dan  dapat  menjadi  sarana pendukung  dalam mengajar dan menjadi alat untuk program merdeka belajar.

Selain Kota Denpasar, beberapa sasaran wilayah sosialisasi KILA 2024 berikutnya adalah Jakarta dan sekitarnya pada 13–16 Mei 2024 dengan kegiatan sosialisasi diberbagai Lembaga Pendidikan Musik, Sekolah, dan Tenaga Pendidik. Selanjutnya 17 Mei 2024 ada Pentas Lagu Anak.

Sementara di Kota Palembang pada 20–23 Mei 2024 dengan kegiatan Sosialisasi diberbagai Lembaga Pendidikan Musik, Sekolah, dan Tenaga Pendidik. Lalu 24 Mei 2024 ada Pentas Lagu Anak.(tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News