PLN
Kawal Kesuksesan WWF ke–10 di Bali, Ini Peran Aktif DCC PLN Dalam Memastikan Operasi Sistem Kelistrikan Bali Tetap Andal. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Perhelatan internasional World Water Forum (WWF) ke–10 tahun 2024 tak lepas dari peran PLN sebagai penyedia pasokan listriknya. Andil PLN untuk menyokong keandalan listrik pada event ini salah satunya dilakukan dengan mengoperasikan fungsi Distribution Control Center (DCC) yang dimiliki.

“Pengoperasian DCC dengan teknologi yang canggih merupakan upaya PLN mendukung WWF ke – 10 2024 untuk memastikan kualitas pasokan listrik terjaga terus keandalannya,” terang General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali, I Wayan Udayana.

DCC PLN sendiri adalah pusat pengendalian sistem kelistrikan berbasis digital yang bertanggung jawab atas manajemen dan pengawasan sistem penyaluran energi listrik. DCC merupakan komponen kunci dalam sistem penyediaan energi listrik yang andal dan efisien, dan berperan penting dalam menjaga ketersediaan listrik yang stabil untuk pelanggan.

“Tugas utama DCC meliputi pengendalian operasional yang bertanggung jawab untuk mengontrol dan mengelola aliran energi listrik dalam jaringan distribusi untuk memastikan bahwa permintaan energi dapat dipenuhi dan jaringan tetap beroperasi secara efisien,” jelas Udayana.

Baca Juga :  OJK, Kedutaan Australia, dan Prospera Perkuat Manajemen Risiko Iklim di Sektor Perbankan Indonesia

Tak hanya itu, tugasnya juga untuk pemantauan kondisi jaringan distribusi secara berkelanjutan menggunakan sistem pemantauan canggih, seperti sistem Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA), untuk mendeteksi gangguan, memantau beban, dan memprediksi masalah yang mungkin timbul.

Tugas lainnya sebagai manajemen beban listrik mengatur distribusi energi listrik untuk memastikan bahwa beban di seluruh jaringan terdistribusi secara merata dan tidak melebihi kapasitas maksimum yang dapat ditangani oleh sistem. DCC juga berperan dalam perencanaan dan penjadwalan pemeliharaan rutin serta perbaikan pada infrastruktur jaringan distribusi untuk memastikan keandalan sistem.

Baca Juga :  Semester I 2024, Bandara I Gusti Ngurah Rai Layani 11.259.019 Penumpang

“Adanya DCC Mobile yang ditempatkan langsung di lokasi kegiatan memudahkan koordinasi sehingga lebih efektif dan efisien, karena Keputusan dapat diambil segera sehingga keandalan pasokan listrik makin terjamin,” terang Udayana.

DCC Mobile ini terhubung dengan peralatan pendukung keandalan listrik di lapangan dan dilengkapi dengan human machine interface sebagai alat komunikasi dengan infrastruktur tersebut.

“Tentunya teknologi ini merupakan inovasi PLN untuk siaga kelistrikan pada event berskala besar seperti WWF ke–10 ini yang membutuhkan listrik dengan keandalan yang tinggi,” ucap Udayana.

Baca Juga :  Sanggar Seni Majalanggu, Duta Kabupaten Badung Tampilkan “Arja Cupak” dalam Pergelaran Revitalisasi Kesenian Klasik

Terakhir, Udayana berharap, dengan adanya DCC ini dan personel yang cakap dan kompeten yang bertugas di DCC, keandalan listrik untuk mendukung berbagai event di Bali dapat terus meningkat.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News