Ban
Inilah tips #Cari_Aman Mengenal Tire Wear Indicatior, Lambang Petunjuk Keausan Ban. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kali ini Astra Motor Bali melalui Tim Safety Riding Instructor akan memberikan penjelasan bagaimana mengenal Tire Wear Indicator sebagai lambang petunjuk keausan ban.

TWI (Tire Wear Indicatior) adalah lambang untuk membantu dalam memeriksa ketebalan telapak ban. TWI adalah indikator berupa tonjolan di antara blok telapak ban dengan tinggi 1,6 mm yang bisa menjadi tanda apakah sudah waktunya ban diganti dengan unit baru.

Memperhatikan kondisi ban adalah salah satu cara agar mendapatkan pengalaman berkendara secara aman dan nyaman. Pemeriksaan ban bisa meliputi tekanan dan ketebalan telapak ban, kedua hal tersebut merupakan hal yang bisa diperhatikan terkait perawatan ban.

Berikut tips yang akan dibagikan oleh Safety Riding Instructor Astra Motor Bali, Yosepth Klaudius agar selalu #Cari_Aman di jalan raya dengan cara mengenal Tire Wear Indicatior, yaitu :

  1. Bentuk lambang TWI berupa segi tiga berada di sisi dinding ban, sebagai tanda batas aman ban;
  2. Tonjolan ban biasanya berada dalam alur ban sejajar atau dekat dengan lambang TWI;
  3. Jika tinggi permukaan ban sudah sejajar atau mengenai tonjolan TWI, artinya ban sudah aus dan harus diganti; dan
  4. Ban yang aus atau halus permukaannya sangat berbahaya terutama saat jalan basah, karena akan mudah licin dan selip.
Baca Juga :  Pasca Api Kebakaran Padam, Pengangkutan Sampah ke TPA Suwung Kembali Lancar

Dari tanda-tanda tersebut di atas bisa menjadi antisipasi mengetahui ban aus dan harus segera diganti. Perlu diingat tanda segitiga TWI sebaiknya dicek minimal dua minggu sekali atau bisa dilakukan pengecekan berbarengan dengan pengecekan tekanan angin.

“Tetap waspada dan selalu safety riding saat berkendara di jalan raya dengan selalu ingat #Cari_Aman,” tutup Yosepth Klaudius.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News