sosialisasi dan edukasi
Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa didampingi Kadis Damkar dan Penyelamatan Kota Denpasar, I Made Tirana saat membuka Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat melalui sosialisasi dan edukasi dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran tingkat rumah tangga yang dilaksanakan di SPNF Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Denpasar Timur, pada Jumat (31/5/2024). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan melaksanakan Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat melalui sosialisasi dan edukasi dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran tingkat rumah tangga. Kegiatan yang menyasar kader PKK se-Kota Denpasar ini dilaksanakan sebagai upaya dini pencegahan kebakaran ini dibuka Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa didampingi Kadis Damkar dan Penyelamatan Kota Denpasar, I Made Tirana di SPNF Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Denpasar Timur, pada Jumat (31/5/2024).

Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara dalam sambutan yang dibacakan Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa menjelaskan, bahwa pengetahuan tentang pencegahan serta penanganan dini kebakaran sangat penting bagi kader PKK. Hal ini lantaran PKK meskipun seorang perempuan mempunyai peranan penting dalam rumah tangga.

Baca Juga :  Kanwil DJP Bali dan Kodam IX/Udayana Sepakati Kerja Sama Data Perpajakan

“Kegiatan ini sangat penting bagi kami semua khususnya para ibu-ibu rumah tangga dalam menghadapi adanya potensi kebakaran. Mengingat kerugiannya tidak hanya materi namun juga dapat mengancam keselamatan hingga nyawa kita,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, awal mula kebakaran sebagian besar bersumber dari lingkup rumah tangga. Hal ini mulai dari kebocoran tabung gas, konsleting listrik, asap dupa, dan pembakaran sampah. Sehingga upaya pencegahan dan penanganan dini sangatlah penting.

“Maka dari itu kami mengajak seluruh ibu-ibu TP PKK Kecamatan yang hadir dan mengikuti sosialisasi hari ini agar dapat digetok tularkan sampai ke dasawisma. Dan kami turut mengucapkan terima kasih kepada seluruh ibu-ibu peserta telah mengikuti sosisalisasi ini dan mari kita lanjutkan upaya sehingga dapat menjadikan kota yang lebih tangguh terhadap bencana kebakaran,” ujar Ayu Kristi.

Sementara Kadis Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Denpasar, I Made Tirana dalam laporannya mengatakan, bahwa pelaksanaan Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dalam Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran melalui Sosialisasi dan Edukasi Masyarakat ini dalam rangka menyambut Hari Lahir Pancasila Tahun 2024. Dimana, kegiatan ini diikuti kurang lebih sebanyak 100 orang perwakilan PKK se-Kota Denpasar. Dan kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kesigapan khususnya para ibu-ibu rumah tangga dalam memberikan perlindungan khususnya dalam mencegah bencana kebakaran.

Baca Juga :  Dalam Rangka Bulan Bakti Tahun 2024, Karang Taruna Kertha Widya Santhi Desa Kesiman Kertalangu Gelar Berbagai Lomba

“Kami berharap setelah pelaksanaan ini para peserta dapat menerapkannya di lingkuangan rumah masing-masing sebagai upaya dini pencegahan dan penanganan potensi kebakaran, sehingga dapat melindungi sanak keluarga dari ancaman bencana kebakaran,” ujar Made Tirana.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News