Karya Ngenteg Linggih
Bupati Tamba Hadiri Karya Ngenteg Linggih Pura Desa lan Puseh Baler Bale Agung. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Bupati Jembrana, I Nengah Tamba hadir dalam rangkaian karya Ngenteg Linggih Pura Desa lan Puseh Desa Adat Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, Jumat (25/5/2024).

Puncak karya Ngenteg Linggih jatuh pada Purnama Sadha, Rabu (22/5/2024) yang rangkaian upacara akan dilaksanakan hingga nyineb pada hari Minggu (26/5/2024).

Berbaur dengan masyarakat setempat dan sejumlah undangan, Bupati Tamba mengikuti persembahyangan bersama sekaligus ngupaksaksi upacara Dewa Yadnya tersebut.

Dalam kesempatan itu, Bupati Tamba juga menyerahkan bantuan hibah Pemerintah Kabupaten Jembrana sebesar Rp200 juta yang diterima Bendesa Adat Baler Bale Agung, I Nengah Subagia yang disaksikan seluruh undangan dan masyarakat yang hadir.

Baca Juga :  Peringatan Harkitnas Ke-116, Bangun Optimisme Sambut Indonesia Emas 2045

Bupati Tamba mengatakan, bantuan hibah yang diberikan disesuaikan kemampuan APBD Kabupaten Jembrana. Hal ini jelasnya, untuk memberikan kesamaan hak kepada seluruh masyarakat yang melaksanakan upacara Yadnya.

“Saat ini Pemerintah Kabupaten Jembrana hanya bisa memberikan bantuan sebesar Rp200 juta. Karena kita sekarang memberlakukan standar pemberian bantuan ini,” ucapnya.

Bupati Tamba menyadari pelaksanaan upacara Yadnya diperlukan adanya gotong-royong seluruh umat yang menyumbangkan tenaga, waktu, pikiran bahkan materiil. Untuk meringankan hal tersebut, bantuan dari pemerintah tentunya sangat dibutuhkan.

“Hari ini masyarakat kita bahu-membahu melestarikan adat dan budaya. Adat dan budaya Bali ini sebagai salah satu yang dinikmati oleh wisatawan yang datang ke Jembrana maupun ke Bali. Astungkara atas perjuangan teman-teman di DPRD Provinsi Bali sudah mulai ada untuk pemberdayaan adat dan budaya Bali. Sehingga saat kita melaksanakan upacara Yadnya seperti ini ada bantuan turun dan tentu meringankan masyarakat,” imbuhnya.

Baca Juga :  Jembrana Ajukan 625 Formasi ASN di Tahun 2024

Lebih lanjut, kata Bupati Tamba, Pemerintah Kabupaten Jembrana terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menggenjot pembangunan di berbagai sektor dengan harapan seluruh masyarakat dapat bekerja dan sejahtera sehingga Jembrana Emas dapat terwujud.

“Ke depan atas dukungan seluruh masyarakat, mudah-mudahan Jembrana Emas bisa tercapai. Sehingga beban untuk pelaksanaan prosesi upacara Yadnya bisa kita tanggulangi bersama, tidak ada lagi urunan, ini cita-cita yang ingin dicapai. Mohon doa restu, Jembrana Emas itu bisa tercapai,” tutupnya.

Dilain sisi, Bendesa Adat Baler Bale Agung, I Nengah Subagia menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Jembrana yang ikut mendukung pelaksanaan upacara Ngenteg Linggih Pura Desa lan Puseh Baler Bale Agung. Pihaknya pun berharap, Bupati Jembrana selalu memberikan perhatian kepada Desa Adat untuk bersama-sama melestarikan adat dan budaya Bali.

Baca Juga :  Hari Kesatuan Gerak Ke-52 PKK di Jembrana, Tamba-Ipat ikuti Lomba Sambung Lagu

“Semoga Desa Adat selalu bisa dibantu oleh Bapak Bupati, selalu bisa ngerombo membangun adat di Kabupaten Jembrana,” tandasnya.(ang/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News