BPS
Kepala BPS Karangasem, I Ketut Mondai bertemu Bupati Karangasem. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Pada bulan Mei 2024 ini, Badan Pusat Statistik (BPS) kembali melaksanakan Pendataan Potensi Desa (Podes) diwilayah Kabupaten Karangasem.

Pendataan Potensi Desa (Podes) tahun 2024 ini merupakan satu-satunya pendataan lengkap pada tingkat desa yang dilaksanakan setiap 2 tahun menjelang dilaksanakannya sensus. Pendataan dimulai sejak 2 dan berakhir pada 31 Mei 2024 mendatang.

Kepala BPS Karangasem, I Ketut Mondai kepada wartawan, Sabtu (4/5/2024) mengungkapkan, pendataan Podes 2024 bertujuan untuk menyediakan data tentang keberadaan dan perkembangan potensi yang dimiliki desa/kelurahan di berbagai bidang.

Selain itu, juga bertujuan untuk menyediakan data bagi penghitungan indikator-indikator pembangunan desa, penyusunan berbagai analisis terkait desa, dan menyediakan data dalam rangka menunjang kegiatan Sensus Ekonomi pada tahun 2026 mendatang.

Baca Juga :  Ayam Berkaki Empat Milik Peternak di Bebandem Jadi Viral

“Pendataan Podes 2024 sebagai kegiatan yang sangat penting, sebab hasil pendataan ini nantinya mampu menggambarkan potensi yang dimiliki oleh suatu wilayah di tingkat desa, kecamatan, dan kabupaten/kota khususnya di Karangasem, ” kata Mondai.

Tidak sampai di sana, hasil pendataan Podes 2024 juga dapat digunakan sebagai bahan perencanaan dan evaluasi oleh berbagai pihak terutama bagi pemerintah desa setempat.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News