Posisi Kaki
Berikut Posisi Kaki Agar #Cari_Aman Saat Berkendara Menempuh Jarak Jauh. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Posisi berkendara yang nyaman sangat dipenting untuk dirasakan oleh pengendara bermotor. Tidak hanya posisi tubuh ada bagian penting lainnya yang harus juga menjadi perhatian agara selalu nyaman yakni posisi kaki. Tidak sulit untuk menerapkan posisi yang nyaman dalam berkendara apalagi menempuh jarak jauh.

Berikut tips yang dibagikan oleh team safety riding Astra Motor Bali dan layak untuk diketahui :

Posisi kaki yang ideal

Jarak tempuh saat berkendara sangat mempengaruhi posisi kaki. Buatlah senyaman mungkin agar tidak mudah lelah saat perjalanan bermotor. Ketika berkendara didalam kota sebaiknya selalu posisikan kaki di dek bawah agar motor mudah dikendalikan dan bermanuver.

Baca Juga :  Tutup Posyandu Paripurna Banjar Kebonkuri Tengah, Antari Jaya Negara Apresiasi Peran Kader PKK Turunkan Angka Stunting

Namun ketika berkendara di luar kota menepuh jarak jauh dan sepi, sebaiknya kaki bisa diposisikan di dek depan agar lebih santai. Perlu diketahui apabila posisi kaki berada di dek depan secara terus menerus saat berkendara di dalam kota akan mengurangi kestabilan dan mengganggu keseimbangan.

Pastikan posisi lutut ke depan dan rapat

Perlu juga diperhatikan selain kaki sebagai titik tumpu, posisi lutut juga dibuat senyaman mungkin dengan cara memastikan lutut kearah depan dengan posisi yang rapat untuk memudahkan mengontrol sepeda motor dan lebih seimbang. Apabila pengendara menggunakan motor matik, agar lutut agak masuk ke dalam sayap sehingga lebih sesuai dengan lebar bodi motor. Untuk motor spot, pengedara harus menjepit tangki, jangan biarkan posisi lutut terbuka.

Baca Juga :  "Bali Nice", Upacara Segara Kerthi Untuk Kesuksesan World Water Forum Ke-10

Safety Riding Instructor Astra Motor Bali, Yosepth Klaudius menyebutkan agar selalu #Cari_Aman di jalan raya berkendaralah dengan pandangan lurus ke depan. Posisi ini untuk menganalisa kondisi jalan yang ada di depan, memprediksi lingkungan jalan, dan memprediksi bahaya yang ada di jalan, dengan posisi tangan yang rileks dan lengan membentuk sudut dan posisi jemari harus penuh memegang handgrip.

“Dengan semangat Sinergi Bagi Negeri, kami selalu berusaha selain melalui edukasi, kami juga berbagi tips yang berkaitan dengan keselamatan berkendara. Semoga dengan semakin banyaknya informasi tentang keselamatan berkendara yang bisa kami sebarkan, tentunya kami turut berkontribusi terhadap upaya dalam menekan angka kecelakaan di jalan raya, dengan kampanye #Cari_Aman,” ungkap Yoyo.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News