Hoaks
Video Viral Presiden Jokowi "Makan Siang Gratis" Ternyata Hoaks. Sumber Foto : cekfakta.com

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTASebuah video yang menghebohkan di media sosial, menampilkan Presiden Joko Widodo yang sedang menikmati jagung rebus di sebuah warung, kini menjadi sorotan. Akun Facebook dengan nama Abu Humaira mengunggah video tersebut, dengan klaim bahwa Presiden Jokowi sedang melakukan uji coba program makan siang gratis.

Namun, setelah ditelusuri menggunakan Google Lens, ternyata klaim dalam video tersebut tidak benar. Video ini sebenarnya merujuk pada artikel dari Tribunnews yang menceritakan tentang kunjungan Presiden Jokowi ke Kabupaten Sorong, Papua Barat pada tahun 2021. Dalam kunjungannya tersebut, Presiden Jokowi tidak sedang melakukan uji coba program makan siang gratis, melainkan mampir membeli jagung rebus di penjual pinggir jalan.

Baca Juga :  Siap Hadapi Tantangan Energi Masa Depan, Pertamina Beri Edukasi dan Peluang bagi Mahasiswa di PGTC 2024

Artikel tersebut menjelaskan bahwa Presiden Jokowi, didampingi oleh Ketua DPR Puan Maharani dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, berkesempatan untuk menikmati jagung rebus setelah meninjau penanaman jagung di daerah tersebut.

Dengan demikian, klaim dalam video yang menyatakan bahwa Jokowi sedang melakukan uji coba program makan siang gratis dengan jagung rebus ternyata tidaklah benar. Video tersebut hanyalah potongan momen saat Presiden Jokowi menikmati jagung rebus setelah kunjungan kerjanya di Sorong, Papua Barat. (bpn/cekfakta.com)

Rujukan

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News