SPKLU
Gede Arka pemilik kendaraan listrik sedang melakukan pengisian daya di SPKLU Gilimanuk untuk persiapan balik ke tempat kerjanya di Surabaya. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pasca perayaan Idul Fitri 1445 H Tahun 2024, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali telah siap untuk menyambut arus balik. Terutama dalam menjaga keandalan listrik hingga kesiapan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) lengkap dengan personelnya untuk melayani para pelanggan electric vehicle (EV) atau kendaraan listrik.

General Manager PT PLN (Persero) UID Bali I Wayan Udayana saat diwawancarai, Sabtu (13/4/2024) mengatakan, sejak Posko Siaga Lebaran 1445 H dibuka dari 3-19 April 2024, PLN UID Bali telah menyiagakan 657 personel. Para personel ini juga bersiaga memberikan pelayanan yang sigap pada titik titik lokasi SPKLU. Di Bali sendiri telah tersedia 76 unit SPKLU di 30 lokasi yang siap menyambut arus balik saat ini.

Baca Juga :  Tiga Bulan Pertama 2024, Bandara I Gusti Ngurah Rai Layani 5,1 Juta Penumpang

Sementara itu, terkait keandalan listrik di Bali, Udayana mengatakan sistem kelistrikan Di Bali dalam kondisi sangat aman dan andal.

Sampai H+2 untuk pemanfaatan SPKLU, PLN UID Bali mencatat 429 kali transaksi selama Posko Siaga Lebaran 1445 H. Total jumlah daya yang terjual yakni sebesar 6.111,2 kWh. Transaksi paling banyak pada H+2 dilakukan di SPKLU Rumah BUMN Denpasar.

Udayana mengatakan, menyambut arus balik PLN selalu siaga dan waspada untuk memberikan kenyamanan pelanggan saat berkendara dengan kendaraan listrik. PLN mengajak pemudik yang berkendaraan listrik, khususnya arus balik untuk memanfaatkan Aplikasi PLN Mobile agar mempermudah mengetahui titik SPKLU terdekat. Hal ini dapat membantu pemudik untuk merencanakan titik pengisian baterai mobil listrik selama perjalanan.

Salah seorang pelanggan EV, Erjunto dari Gresik ke Bali dalam rangka mudik plus travelling mengaku sangat terbantu dengan banyaknya titik lokasi SPKLU. Dia yang Minggu (14/4/2024) siang akan kembali lagi ke Gresik mengaku tidak ada kendala sama sekali.

Baca Juga :  PLN Women Summit 2024, Perkuat Eksistensi Perempuan Untuk Kemajuan Perseroan

“Perjalanan sangat terbantu sekali, titik lokasi charging banyak sekali, sangat membantu,” ucapnya.

Dia juga mengatakan tidak ada kendala saat perjalanan termasuk saat pengisian baterai mobil listrik. Ditambah pelayanan petugas di SPKLU yang selalu memberikan support.

Kedepan dia berharap, titik SPKLU diperbanyak dan pelayanan yang sudah baik ini bisa dipertahankan. ”PLN Sukses Terus,” ujarnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News