Undiksha
NKA Tahun 2023, Undiksha Sabet Dua Penghargaan Terbaik dari Kemdikbudristek. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, SINGARAJA – Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) kembali meraih penghargaan tingkat nasional. Penghargaan tersebut diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) atas Nilai Kinerja Anggaran (NKA) terbaik tahun 2023.

Undiksha meraih penghargaan terbaik I pada kategori Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (BLU) dengan Nilai Kesesuaian Antara Rencana dan Implementasi Tertinggi dengan raihan skor NKA sebesar 100,00% dengan predikat sangat baik. Selain itu, perguruan tinggi di bentangan Bali Utara ini meraih posisi terbaik III kategori PTN dengan Pola Pengelolaan Keuangan BLU, dengan raihan NKA sebesar 95,74% dengan predikat sangat baik.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd., di Jakarta, Selasa (30/4/2024). Ia yang didampingi oleh Wakil Rektor Undiksha Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Umum, Prof. Dr. I Wayan Artanayasa, S.Pd., M.Pd., menyampaikan penghargaan ini adalah hasil kerja bersama seluruh civitas akademika Undiksha dalam balutan keharmonisan.

“Semoga momentum ini bisa lebih memotivasi segenap warga Undiksha untuk berkinerja lebih baik di semua dimensi prestasi kelembagaan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Ditinggal Kerja, Bocah 7 Tahun di Buleleng Disetubuhi Tetangga

Dikatakan lebih lanjut, dalam kinerja pengelolaan keuangan, Undiksha senantiasa berpegang pada regulasi dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh kementerian, dengan tetap berupaya mensinergikan semua potensi sumber daya yang ada dalam keharmonisan.

Guna meningkatkan kinerja pelaksanaan anggaran, Undiksha telah melakukan langkah-langkah strategis, antara lain memastikan bahwa setiap personal pengelola keuangan adalah yang kompeten dan terampil di bidangnya, mengoptimalkan pengelolaan dan penginputan kinerja anggaran berbasis online di dalam aplikasi Sistem Perencanaan, Evaluasi, dan Akuntabilitas Kinerja (SPASIKITA) dan Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) secara maksimal. Selain itu, meningkatkan dan memastikan kepatuhan terhadap Prosedur Operasional Standar (POS) di setiap level, serta meningkatkan dan memastikan E-Planing dan E-Budgeting telah terlaksana secara optimal.

Baca Juga :  Widia Utami, Sosok Inspiratif Perempuan Buleleng Pelestari Seni dan Budaya

Undiksha tengah berproses untuk menjadi PTN Badan Hukum (BH). Tentunya, menurut Rektor Prof. Lasmawan capaian ini bukan akhir dari kinerja Undiksha, tetapi menjadi sebuah tanggungjawab dan tagihan kinerja yang semakin membaik ke depannya.

“Undiksha juga kita inginkan bisa menjadi International Reputable University in Education and Leadership (IRUEL). Tentunya capain kali ini dapat menjadi motivasi untuk mewujudkan kinerja yang semakin baik,” kata Prof. Lasmawan.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A., dalam arahannya menyampaikan penetapan dan pelaksanaan kebijakan, program, dan anggaran harus selalu fokus pada tiga hal, yaitu alokasi dan pemanfaatan yang berkualitas, berbasis kinerja, dan berorientasi kepada hasil. Dengan berfokus pada tiga hal tersebut menunjukkan dukungan terhadap reformasi birokrasi yang menjadi salah satu prioritas pemerintah pada saat ini.

Baca Juga :  Angka Kejahatan Terhadap Anak di Buleleng Empat Bulan Terakhir Capai 15 Laporan 

“Tentunya ketiga hal tersebut harus senantiasa menjadi pedoman kita dalam melanjutkan gerakan merdeka belajar agar upaya perbaikan layanan pendidikan dan kebudayaan dapat terus dan semakin terakselerasi,” ungkapnya. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News