Pengabdian Masyarakat Unmas di Blahbatuh
Kolaborasikan Program Desa Dengan Pengabdian Kepada Masyarakat, Mahasiswa Unmas Denpasar Laksanakan KKN Tematik di Desa Blahbatuh. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan pada 19 Februari 2024 sampai 1 Mei 2024 oleh mahasiswa Universitas Mahasaraswati Denpasar (Unmas Denpasar) yang berjumlah 33 orang mengkolaborasikan program desa dengan program pengabdian masyarakat di Desa Blahbatuh, Gianyar.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat diawali dengan observasi yang dimulai pada tanggal 24 Februari  2024 dan dilanjutkan kolaborasi program desa dengan program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan setiap bulan purnama, maka dari itu disebut dengan kegiatan ‘Blahbatuh Fullmoon’.

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh Made Santana Putra Adiyadnya, S.E., M.Si., selaku dosen pembimbing dengan Perbekel Desa Blahbatuh, Gede Satya Kusuma, S.H., bahwa pengabdian masyarakat Desa Blahbatuh dilaksanakan untuk memberikan arahan dan pembinaan kepada mahasiswa agar dapat bekerja sama dalam tim dalam upaya untuk membangun desa.

Made Santana Putra Adiyadnya, S.E., M.Si., menjelaskan bahwa mahasiswa yang menjalankan program pengabdian masyarakat dilatih agar dapat mandiri untuk melaksanakan program kerja pengabdian masyarakat khususnya di Desa Blahbatuh. Pengabdian masyarakat dilaksanakan dengan empat tema utama, yaitu : membangun desa, kegiatan berwirausaha, program kemanusiaan, dan kampus mengajar.

Baca Juga :  Pokja Bunda PAUD Kota Denpasar Kembali Sapa Siswa di Kecamatan Densel dan Dentim, Juga Bagikan Alat Mewarnai Serangkaian Hardiknas

Mahasiswa Pengabdian Masyarakat Desa Blahbatuh bekerja sama dengan pihak Desa Blahbatuh telah melaksanakan kegiatan Blahbatuh Fullmoon, dengan mahasiswa penanggung jawab, I Komang Arsa Saguna dan Agung Diva Widia Noviyana (Fakultas Hukum).

“Program kerja ini dilaksanakan di Puri Ageng Blahbatuh dengan tujuan agar membangkitkan kreatifitas pegiat seni yang ada di Desa Blahbatuh dan menjadi daya tarik wisatawan apalagi Desa Blahbatuh menjadi desa wisata yang ada di Kabupaten Gianyar,” ujar Made Santana.

Sementara itu, Gede Satya Kusuma, S.H., selaku Kepala Desa Blahbatuh menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan mahasiswa dari Unmas Denpasar.

“Blahbatuh Fullmoon yang menjadi daya tarik wisatawan sehingga Desa Blahbatuh dapat dikenal sebagai ‘Desa Wisata’ ditambah kegiatan ini menjadi wadah bagi pegiat seni yang ada di kawasan Desa Blahbatuh,” ujarnya sembari menegaskan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa Unmas Denpasar sangat bermanfaat.

Gede Satya selaku kepala desa juga meminta agar mahasiswa jangan sungkan dalam memberikan kontribusi positif yang dapat berguna untuk kemajuan Desa Blahbatuh.

Sependapat dengan Gede Satya, Penglingsir Puri Ageng Blahbatuh, Anak Agung Ngurah Alit Kakarsana, berharap kegiatan Blahbatuh Fullmoon dapat terus dijalankan agar dapat bermanfaat bagi Desa Blahbatuh sebagai desa wisata.

Selain itu, pada kegiatan Blahbatuh Fullmoon juga mengikutsertakan berbagai pegiat seni yang ada di Desa Blahbatuh untuk memeriahkan kegiatan Blahbatuh Fullmoon. Adanya berbagai komunitas seni yang ada di Desa Blahbatuh diberikan kesempatan agar dapat tampil pada Blahbatuh Fullmoon.

Baca Juga :  Bunda Literasi Denpasar Buka Program SSEC dan Workshop Permainan Tradisional
Pengabdian Masyarakat Unmas di Blahbatuh
Kolaborasi Mahasiswa Pengabdian Masyarakat Desa Blahbatuh dalam Pelaksanaan Kegiatan Blahbatuh Fullmoon. Sumber Foto : Istimewa

Adanya komunitas seni, seperti Sanggar Tari Windhu Candra Budaya yang ikut memeriahkan kegiatan Blahbatuh Fullmoon yang merupakan bentuk pelestarian seni yang ada di Desa Blahbatuh.

Tugas para mahasiswa pengabdian masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar, kolaborasi antara program kerja Desa Blahbatuh dengan program kerja pengabdian masyarakat ini berguna bagi pembangunan desa sebagai bentuk nyata kepedulian seluruh masyarakat, pegiat seni dan mahasiswa Universitas Mahasaraswati Denpasar terhadap perkembangan seni di kawasan Desa Blahbatuh.

Mahasiswa pengabdian masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar berharap kegiatan ini dapat menjadi langkah awal yang baik bagi perkembangan dan kemajuan seni dan wisata agar seni di Desa Blahbatuh tetap lestari.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News