Jalan Rusak
Jalan Menuju Pura Pasar Agung Karangasem Rusak Parah. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Jalan aspal menuju Pura Pasar Agung Sebudi di Desa Selat, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, dalam kondisi rusak parah. Kerusakan ini sudah berlangsung selama 10 tahun terakhir dan belum mendapatkan perbaikan permanen.

Berdasarkan pantauan, jalan tersebut bergelombang dan terdapat banyak lubang menganga di beberapa titik. Kondisi ini membuat pengendara kesulitan melintas, terutama saat hujan, dan sering menyebabkan kemacetan.

Perbekel Desa Selat, I Gusti Ngurah Oka saat dikonfirmasi, Senin (22/4/2024) membenarkan kondisi jalan tersebut. Ia mengatakan, kerusakan diperkirakan sudah terlihat sejak 10 tahun terakhir ini. Pihak terkait juga sempat melakukan penambalan namum tidak bertahan lama dan rusak kembali.

“Kerusakan sudah lama sekali kurang lebih 10 tahunan, bahkan masyarakat sudah pernah menambal pakek beton. Pernah juga pihak terkait melakukan tambal sulam tapi tidak kuat karena kurang menyatu. Terkait kondisi ini saya sudah pernah bersurat ke provinsi,” terang Ngurah Oka.

Baca Juga :  Mobil Terjun ke Laut di Pelabuhan Padangbai

Ia mengatakan, untuk ruas jalan provinsi di wilayah Desa Selat yang mengalami kerusakan ada sekitar 1 kilometer mulai dari jalur perbatasan Desa Duda dengan Selat sampai dengan jalur perbatasan Desa Selat dengan Desa Amertha Buana.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Karangasem, Wedasmara juga mengakui kondisi jalan berstatus jalan provinsi tersebut. Menurutnya, sekitar 2 tahun yang lalu jalur tersebut sudah ada perbaikan sampai atas, tetapi memang saat ini kondisinya rusak lagi terutama di bagian bawah atau hilirnya akibat beban kendaraan yang melewati jalur itu.

Baca Juga :  Minim Peralatan, Pemda Karangasem Gelar Nobar Kecil-Kecilan

“Itu jalan provinsi, biasanya mereka tiap tahun tetap ada dana pemeliharaan rutin jalan, seharusnya dialokasikan juga sebagian ke sana,” ujar Wrdasmara.

Disinggung apakah tahun ini ada agenda perbaikan, menurut Wedasmara, tahun ini kegiatan PU Provinsi di Karangasem hanya ada dua yaitu proyek jembatan Banges dan trotoar Kota Amlapura. Namun demikian, untuk perbaikan sementara yang bisa didorong hanya melalui pemeliharaan rutin jalan.

“Kalau komunikasi sih sudah waktu menyampaikan kerusakan jalan yang di depan kantor Camat Selat saya sisipkan juga jalan di menuju Pura Pasar Agung ini, nanti kita akan komunikasikan kembali,” tandasnya.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News