PLN
Ketua Srikandi PLN UID Bali, Made Sumaryani menyerahkan bantuan secara simbolis kepada keluarga Nengah Darmini. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – PT PLN (Persero) melalui Srikandi PLN melakukan penyaluran bantuan kepada Nengah Darmini yang merupakan perempuan disabilitas di Karangasem.

Kegiatan yang dilakukan sebagai bentuk kepedulian dengan menyisihkan rupiah dari masing–masing kantong pegawai khususnya Srikandi PLN ini, dimaksudkan untuk memberikan dukungan dan semangat melalui pemberdayaan kepada perempuan khususnya yang memiliki keterbatasan.

Ketua Srikandi PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali, Ni Made Sumaryani saat melakukan kunjungan dan penyerahan bantuan kepada Nengah Darmini Warga Dusun Tanah Barak, Desa Seraya Timur, Karangasem, Jumat (26/4/2024) menyampaikan perhatiannya terhadap perjuangan Nengah Darmini yang akrab disapa Bu Nengah.

Ia menuturkan bahwa peran perempuan tak jarang kerap dilekatkan sebagai sosok yang rentan terhadap berbagai upaya marginalisasi dan hal ini masih jamak ditemukan di masyarakat. Walaupun di era kesetaraan gender yang kerap digaungkan, perempuan acapkali masih memperoleh stigma kelompok kelas kedua.

Baca Juga :  Bank BPD Bali Kolaborasi dengan Pemkot Denpasar dan IGTKI Gelar Lomba Anak-anak

“Namun, hal ini rupanya tak menyurutkan Bu Nengah untuk berjuang menghidupi keluarga dengan berjualan berbagai makanan ringan yang dijajakan untuk warga sekitar, dan kami sangat mendukung hal ini, apalagi Bu Nengah sendiri memiliki banyak keterbatasan,” Kata Made.

Perempuan, menurutnya, memiliki peran sentral dalam masyarakat. Perempuan dapat menjadi aktor penting yang mendukung pembangunan di masyarakat, contohnya saja Ibu Nengah yang juga menjadi tulang punggung keluarga walaupun memiliki keterbatasan secara fisik.

Made menyampaikan pihaknya berharap dapat menjadi katalisator yang mendukung pembangunan tak hanya di lingkup PLN saja namun juga dapat masyarakat secara umum khususnya perempuan.

“Kami ini sesama perempuan sudah masanya untuk saling mendukung dan memberdayakan, sehingga perempuan seperti Bu Nengah yang memang berjuang demi keluarga dapat memperoleh akses terhadap sumber daya untuk menghidupi diri dan keluarganya,” imbuhnya.

Nengah Darmini, yang merupakan penyandang tuna daksa ini sehari–hari menjajakan makanan ringan di sebuah warung kecil yang dibangun di rumah mungilnya.

Hidup bersama suami penyandang tuna netra, Nengah menjadi tulang punggung keluarga demi menghidupi dirinya dan anak perempuan satu – satunya yang masih berusia 4 tahun.

Baca Juga :  Konferwil III AMSI Bali, Perkuat Kolaborasi Media Online dengan UMKM

“Kami berterima kasih atas kepedulian dari ibu–ibu yang datang hari ini, semoga bantuan ini dapat kami manfaatkan sebaik–baiknya untuk usaha warung kami,” ucap Nengah.

Nyoman Suarjana selaku Kasi Pemerintahan Desa Seraya Timur yang turut mendampingi kegiatan ini menyampaikan apresiasinya kepada Srikandi PLN. Dirinya juga berharap bahwa kepedulian ini juga dapat disampaikan kepada masyarakat di desanya yang juga memiliki keterbatasan fisik.

“Terima kasih kepada Srikandi PLN, semoga bantuan ini dapat memberikan semangat kepada Bu Nengah dan keluarganya,” pungkasnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News