Viral Pemedek Manjat
Diduga Cari Jalan Pintas, Oknum Pemedek Merayap di Pagar Pura Besakih. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Video dua orang perempuan berpakaian adat Bali menuruni tembok penyengker bangunan Pura mendadak viral di sosial media.

Aksi tersebut diduga terjadi di Pura Agung Besakih. Di dalam video yang beredar itu, terlihat dua orang oknum pemedek perempuan nekat menuruni pagar mirip superhero spiderman.

Kemungkinan, aksi nekat kedua perempuan tersebut dilakukan untuk nelewati kerumunan pemedek yang sedang antri dijalur utama Pura Agung Besakih.

Bendesa Adat Besakih, Jero Mangku Widiarta mengaku belum tau secara detail terkait adanya aksi pemedek tersebut. Hanya saja dari informasi sepintas yang beredar memang diduga kejadiannya memang di Pura Agung Besakih.

Baca Juga :  Belasan Warga Sibetan Diduga Terkena Meningitis Usai Konsumsi Olahan Daging Babi Mentah

“Kemungkinan pemedek di Pura Besakih, karena pada gambar terlihat seperti di jalur utama sisi timur Pura Penataran, kemungkinan karena kurang sabar antre sehingga melakukan hal itu,” kata Widiarta dikonfirmasi, Senin (8/4/2024).

Pihaknya sangat menyayangkan aksi -aksi oknum pemedek seperti itu, seharusnya yang bersangkutan bisa sedikit lebih bersabar dan tetap mengikuti arahan dan petunjuk dari petugas. Melakulan tindakan seperti itu selain dapat merugikan diri sendiri, juga dapat berdampak terhadap kelancaran upacara IBTK jika sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga :  Tembus 49.219 Dukungan, Kari Subali dan Ismaya Serahkan Dokumen Syarat Paslon Perseorangan ke KPU Karangasem

“Ini sangat kami sayangkan, kami di sini sudah berupaya membuat imbauan serta pengaturan untuk pemedek, seharusnya pemedek bisa lebih bersabar, jangan sampai hal-hal negatif mejadi viral, karena masih banyak hal positif di Pura Besaki yang bisa diviralkan,” terang Widiarta.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News