Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri
Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri, Lapas Tabanan Buka Kunjungan Keluarga. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Bertepatan dengan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri Tahun 2024, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tabanan membuka kegiatan kunjungan keluarga bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Tabanan, Rabu (10/4/2024). Meskipun pelaksanaan kunjungan ini diadakan dalam suasana Idul Fitri, namun kegiatan kunjungan diberikan kepada seluruh warga binaan tanpa mengkhususkan agama tertentu.

Berbeda dari kunjungan tatap muka yang biasa, kunjungan keluarga ini dilaksanakan di Aula Candra Prabhawa, sehingga kunjungan diberikan tanpa sekat antara warga binaan dengan keluarganya. Momen ini merupakan momen langka, di mana WBP dan keluarga dapat bercengkerama tanpa pembatas. Meskipun demikian, pada kegiatan kunjungan keluarga ini yang diberikan kesempatan untuk berkunjung hanya keluarga inti seperti orang tua kandung, istri, serta anak kandung.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Ngupasaksi Karya Ngenteg Linggih Pura Sang Hyang Landu 

Kepala Lapas (Kalapas) Tabanan, Muhamad Kameily mengungkapkan, bahwa diberikannya kesempatan kunjungan keluarga ini setelah dilaksanakan rapat internal dengan jajaran pejabat struktural di Lapas Tabanan, setelah memperhitungkan berbagai macam pertimbangan.

“Kunjungan ini dapat kami berikan setelah melakukan rapat dengan seluruh pejabat struktural. Untuk memastikan kegiatan berjalan dengan lancar, kami juga telah menyiapkan petugas-petugas yang akan bertugas dalam kegiatan tersebut,” ujarnya.

Kalapas juga menambahkan, setelah berdiskusi dengan pejabat struktural, kegiatan kunjungan diberikan kepada seluruh warga binaan, meskipun pelaksanaan kunjungan ini bertepatan dengan momen Hari Raya Idul Fitri.

“Komitmen kami jelas, untuk memberikan pelayanan yang tidak memihak. Meskipun ini momen Idul Fitri, tetapi kami juga memberikan kesempatan kepada WBP yang non-muslim juga memperoleh perlakuan yang sama. Ini tentu merupakan toleransi antarumat beragama yang ada di Lapas Tabanan,” ujar Kameily.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Apresiasi Kekompakan Krama Desa Dauh Peken

Salah seorang warga binaan yang mendapat kunjungan dari keluarganya, Imam, mengaku sangat senang bisa merayakan hari lebaran bersama dengan anak dan istrinya.

“Terima kasih Lapas Tabanan yang sudah menggelar kegiatan kunjungan keluarga ini. Saya sangat gembira, karena pada hari kemenangan ini saya dapat berkumpul dan bercengkerama dengan anak dan istri. Meskipun merayakan Hari Raya Idul Fitri di dalam lapas, dengan diberikannya kunjungan ini setidaknya dapat mengobati kerinduan saya kepada anak dan istri,” ucapnya.(ita/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News