TEROBOSAN BLUEBIRD LIFECARE TAXI
Lifecare Taxi Bluebird. Sumber Foto : tis/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, JIMBARAN – Memasuki usia ke-52, Bluebird terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung agenda pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals) yang dicanangkan pemerintah.

Tak hanya di Jakarta, berbagai inisiatif berkelanjutan Bluebird juga terus dijalankan di kota-kota lain, termasuk Bali.

Sebagai bentuk dukungan terhadap Pemerintah Provinsi Bali, Bluebird pada Jumat (26/4/2024) meluncurkan tiga inisiatif sekaligus yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan dan kehidupan sosial yang lebih baik.

Pertama adalah peluncuran Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Berkolaborasi dengan Dinas   Ketenagakerjaan dan ESDM, Dinas Lingkungan Hidup, serta Dinas Perhubungan, Bluebird menyediakan SPKLU yang berlokasi di Jimbaran. SPKLU tersebut tidak hanya digunakan untuk mengisi armada listrik Bluebird, tapi juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum.

Melanjutkan kick-off penggunaan panel surya pada November 2023, kini Bluebird melakukan instalasi panel surya di pool Jimbaran.  Inisiatif ini juga merupakan upaya Bluebird Bali dalam melengkapi operasional mobilitas ramah lingkungan dari hulu ke hilir. SPKLU dan panel surya tersebut diharapkan dapat menciptakan ekosistem mobilitas berkelanjutan yang sejalan dengan Visi Keberlanjutan Bluebird 50:30 (mengurangi  hingga 50% emisi karbon dan buangan di tahun 2030) dan dukungan terhadap program Dinas Ketenagakerjaan dan ESDM, Dinas Lingkungan Hidup, serta Dinas Perhubungan.

Selain upaya menciptakan lingkungan yang lebih sehat, Bluebird juga memiliki kepedulian terhadap kehidupan dan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik.

Baca Juga :  Pajak Atas Usaha Ekonomi Digital Tembus Rp24,12 Triliun

Melalui inisiatif lainnya, yaitu pengembangan Lifecare Taxi, Bluebird ingin memberikan inklusivitas dan kesetaraan akses mobilitas kepada individu dengan kebutuhan khusus, lansia, atau mereka yang memerlukan perhatian ekstra. Menggunakan MPV (Multi-purpose Vehicle) baru berkabin lega, armada Lifecare Taxi dilengkapi kursi penumpang yang dirancang khusus agar bisa naik–turun secara otomatis,  serta pengemudi  yang  dibekali keahlian cara menggunakan  fitur-fitur armada Lifecare Taxi.  Lifecare Taxi di Bali bisa dipesan dengan menghubungi nomor 0819-9499-9123 atau dapat ditemui di beberapa rumah sakit yang ada di Bali.

Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Adrianto Djokosoetono mengatakan, Bluebird terus memperkuat komitmen Visi Keberlanjutan Bluebird, tidak hanya di Jakarta tetapi juga di kota-kota lain seperti Bali.

“Melalui peluncuran tiga inisiatif penting ini, kami berupaya menciptakan lingkungan dan kehidupan sosial yang lebih baik untuk semua. Dengan kolaborasi bersama Pemerintah Provinsi Bali dan dukungan masyarakat, kami yakin SPKLU, panel surya, dan Lifecare Taxi akan menjadi langkah nyata menuju masa depan yang lebih berkelanjutan dan inklusif,” jelas Andre sapaan akrabnya.

SPKLU
SPKLU Bluebird di Jimbaran. Sumber Foto : tis/bpn

Salah satu rekan strategis Bluebird dalam pengadaan SPKLU, yaitu PT Utomo Chargeplus Indonesia, melalui Direktur Utamanya, Anthony Utomo, mengungkapkan langkah Bluebird dalam keberlanjutan sangat diapresiasi, terutama yang berkaitan dengan penurunan emisi karbon melalui pengadaan SPKLU.  Apalagi SPKLU ini tidak hanya untuk armada Bluebird, tapi juga semua orang yang punya mobil listrik bisa pakai.

Baca Juga :  Tumbuh 19 Persen, 37 Bandara Injourney Airports Layani 14,4 Juta Penumpang pada April 2024

“Ini sangat besar manfaatnya untuk mendorong perbaikan lingkungan. Sebagai mitra strategis, tentu kami sangat mendukung inisiatif ini,” ucap Anthony Utomo.

Ditemui di sela-sela acara, Kepala Dinas Pehubungan Provinsi Bali, I Gde Wayan Syamsi Gunarta mengatakan, ini berkaitan dengan target Pemerintah Provinsi Bali dalam pengembangan wisata Kesehatan dan kita harus memberikan perhatian lebih kepada penyandang disabilitas.

“Ini masih uji coba dari Bluebird, kita masih melihat bagaimana cara mengakses bagi masyarakat lokal maupun wisatawan,” tutur Gunarta.(tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News