HUT ke-420 Kota Singaraja
Wujud Tali Kasih Serangkaian HUT Ke-420 Kota Singaraja, Pj Bupati Buleleng Berbagi ke LKSA. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-420 Kota Singaraja, pemerintah Kabupaten Buleleng melakukan bakti sosial ke Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA). Dalam kunjungan tersebut Penjabat (Pj) Bupati Buleleng memberikan bantuan berupa paket makanan dan pakaian layak pakai, yang dihimpun dari seluruh perangkat daerah.

Ada tiga LKSA yang dikunjungi, Rabu (20/3/2024), yaitu LKSA Ananda Seva Dharma Desa Kerobokan, LKSA Saiwa Dharma Desa Kerobokan, dan LKSA Anak Domba Desa Tegallinggah. Dalam kunjungan tersebut Pj Bupati didampingi Kepala Dinas Sosial I Putu Kariaman Putra dan Kepala Dinas Kesehatan dr. Sucipto berkesempatan bertatap muka langsung dengan anak-anak asuh. Selain menyalurkan bantuan, Dinas Kesehatan juga melakukan pemeriksaan kesehatan kepada anak asuh.

Baca Juga :  Ribuan Pegawai Pemkab Buleleng Elukan Pj Bupati Lihadnyana

Disela-sela bakti sosial, Pj Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana mengapresiasi keberadaan LKSA. Menurutnya, LKSA sangat dibutuhkan utamanya dalam membantu tugas pemerintah dalam menjaga dan memelihara anak-anak yang kurang beruntung.

“Saya atas nama pemerintah merasa gembira sekali dapat mengunjungi LKSA Ananda Seva Dharma dan LKSA Saiwa Dharma dimana yayasan ini banyak menampung anak-anak kita yang kurang beruntung sehingga kita lihat aktivitasnya, tempatnya representatif, dan anak-anak kita lihat cukup ceria,” ujarnya.

Untuk itu sebagai pemerintah wajib memberikan dukungan dan dorongan agar aktivitas di LKSA dapat berjalan sebagaimana mestinya. Pj Bupati Lihadnyana juga berharap kerjasama LKSA dengan pemerintah kabupaten terkait dengan fungsi rumah singgah dapat berjalan dengan baik.

“Karena disini juga menampung anak-anak kita yang terkena musibah, sehingga dengan berada disini secara mental, fisik, dan spiritualnya diobati. Namun kita berharap yayasan ini sebagai cermin bahwa dari sinilah masa depan mereka bisa lebih baik, itu harapannya,” pungkas Lihadnyana.

Baca Juga :  Pj Bupati Buleleng Pimpin Aksi Pemberantasan Nyamuk Demam Berdarah

Ditempat yang sama, Ketua LKSA Ananda Seva Dharma, Nyoman Parta mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah terhadap puluhan anak asuhnya. Ia menyampaikan, bahwa operasional LKSA selama ini bersumber dari relawan dan donatur tetap, disamping kepedulian beberapa teman yang rutin menggelar kegiatan yoga dan meditasi di tempat tersebut. Namun demikian, anak-anak asuh juga perlu mendapat dukungan secara langsung untuk melatih mental mereka.

“Kami sangat berbahagia karena baru kali ini kami dikunjungi Penjabat Bupati, sehingga kami merasa diperhatikan,” terangnya.

Baca Juga :  Pj Bupati Lihadnyana Nyatakan THR ASN Buleleng 100 Persen

Sementara Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buleleng, I Putu Kariaman Putra menjelaskan, dalam rangka HUT ke-420 Kota Singaraja pihaknya menyalurkan 50 kilogram beras, 50 liter minyak goreng, 50 kilogram gula pasir, dan 30 dus mie instan kepada masing-masing LKSA. Di samping bantuan tersebut, disalurkan pula bantuan pakaian layak pakai dan makanan siap saji kolaborasi dari Kementerian Sosial RI.

“Khusus pakaian layak pakai dan makanan siap saji itu kita salurkan juga ke LKSA lain seperti LKSA Destawan, LKSA Mutaalimin, LKSA Mawaddah, dan LKSA Amanah. Ini kita lakukan agar mereka juga merasakan berkah pada peringatan HUT ke-420 Kota Singaraja,” ungkapnya.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News