Sembahyang
Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, dan Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, serta bersama Panglingsir Puri Kesiman, Anak Agung Ngurah Gede Kusuma Wardana, saat melaksanakan Bhakti Pujawali di Pura Dalem Sakenan, Sabtu (9/3/2024). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Serangkaian Pujawali di Pura Dalem Sakenan, Desa Adat Serangan, Kecamatan Denpasar Selatan,  pada Hari Suci Kuningan, jajaran Pemkot Denpasar melaksanakan persembahyangan, Sabtu (9/3/2024).

Pelaksanaan Bhakti Pujawali dihadiri Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, dan Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Panglingsir Puri Kesiman, Anak Agung Ngurah Gede Kusuma Wardana,  Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, bersama pimpinan OPD, serta masyarakat dan pemedek yang datang silih berganti sejak pagi hari untuk melaksanakan persembahyangan.

Ida Bagus Gede Pidada selaku Pengenter Yadnya Pura Dalem Sakenan mengungkapkan, pelaksanaan Bhakti Pujawali di Pura Dalem Sakenan berlangsung seperti biasa yang tetap memegang pada tatwa. Namun pada Bhakti Pujawali kali ini berlangsung satu hari saja, dan tidak ‘Ngelungayang Prasanak’ Pura Dalem Sakenan. Hal ini berkaitan dengan rangkaian pelaksanaan Tawur Kasanga, Hari Suci Nyepi, Caka 1946.

Baca Juga :  Masyarakat Banjar Tengah Peguyangan Antusias Ikuti Bank Sampah

“Pelaksanaan bhakti pujawali berjalan seperti biasa, namun karena bertepatan dengan rangkaian Tawur Kasanga, Ida Bhatara hanya nyejer satu hari saja, dan tidak ngerauhin prasanak,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, pada Minggu (10/3/2024) bertepatan dengan Tilem Kasanga, pelaksanaan Tawur Kasanga, pada pagi harinya Ida Bhatara Pura Dalem Sakenan telah melaksanakan upacara ‘Malukar’.

“Masyarakat pemedek telah hadir melakukan persembahyangan pada Hari Suci Kuningan, seperti yang kita lihat kali ini masyarakat sejak pagi telah hadir melaksanakan persembahyangan,” ujarnya.

Sementara Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara didampingi Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa usai persembahyangan menyampaikan puncak Pujawali Pura Dalem Sakenan pada Saniscara Kliwon Wuku Kuningan atau Hari Suci Kuningan, berharap piodalan Pura Dalem Sakenan dapat berlangsung dengan lancar, khusyuk, dan penuh keberkahan.

Baca Juga :  Sambut Hardiknas Tahun 2024, Ayu Kristi Arya Wibawa Buka Workshop Peningkatan Kompetansi Guru PAUD

Di samping itu pelaksanaan Bhakti Pujawali ini dilaksanakan sebagai wujud sradha bhakti umat kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa untuk menciptakan kerahayuan jagat. Pelaksanaan Bhakti Pujawali Pura Sakenan kali ini juga bertepatan dengan rangkaian Hari Suci Nyepi, dan berharap seluruh masyarakat Denpasar dapat melaksanakan Catur Bratha Penyepian dengan aman dan damai.

“Kami mengimbau masyarakat dapat melaksanakan Catur Bratha Penyepain dengan khusyuk, dan Kota Denpasar tetap aman dan damai,” ujarnya.

Usai melaksanakan Bhakti Puja Wali di Pura Dalem Sakenan, Wali Kota Jaya Negara juga melaksanakan Bhakti Pujawali di Pura Dalem Susunan Wadon yang berlokasi di Kawasan Desa Adat Serangan.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News