Gempa Karangasem
Tujuh Kali Gempa Tektonik Guncang Karangasem, Tak Pengaruhi Aktivitas Vulkanik Gunung Agung. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Serangkaian gempa tektonik yang mengguncang wilayah Karangasem pada Minggu (24/3/2024) malam dipastikan tidak mempengaruhi aktivitas vulkanik Gunung Agung, Karangasem.

Kalaksa BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa mengatakan, untuk mencegah isu-isu yang kebenaranya tidak dapat dipertanggungjawabkan, pihaknya secara langsung berkordinasi dengan Pos Pemantauan Gunung Agung yang ada di Kecamatan Rendang, Karangasem.

“Tadi pagi saya langsung tugaskan Kabid yang membidangi ke Pos Pengamatan Gunung Api Agung, sejauh ini penjelasan yang diperoleh menyebutkan bahwa gempa yang terjadi belum ada pengaruh terhadap aktivitas vulkanik Gunung Agung. Kondisi Gunung Agung masih normal,” kata Arimbawa mengabarkan hasil kordinasinya pada Senin (25/3/2024).

Seperti diberitakan sebelumnya, selama 12 jam terakhir, BMKG menditeksi telah terjadi 7 kali gempabumi yang mengguncang wilayah timur laut Karangasem pada Minggu sore hingga Senin (25/3/2024) pagi.

Baca Juga :  Curi HP, Lelaki Asal Bungaya Diringkus Polsek Selat

Rilis BMKG menunjukkan, gempa M 3,5 yang menguncang wilayah Karangasem pada Minggu (24/3/2024) malam merupakan gempabumi tektonik yang berlokasi di laut. Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Sejauh ini belum ada laporan mengenai kerusakan dampak Gempa yang masuk ke BPBD Karangasem. Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya. Agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali kedalam rumah.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News