Pertamina F1 Powerboat Grand Prix
Pertamina F1 Powerboat Grand Prix 2024 Sukses Digelar, Kukuhkan Posisi Danau Toba Sebagai Water Sport Tourism Destination. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA Event balap Pertamina F1 Powerboat Grand Prix of Indonesia kembali digelar pada 28 Februari – 3 Maret di Danau Toba, Kab. Balige, Sumatera Utara. Pertamina F1 Powerboat merupakan kejuaraan balap perahu motor internasional yang diselenggarakan oleh Union Internationale Motonautique dan dipromosikan oleh H2O Racing.

Tahun 2024 merupakan penyelenggaraan F1 Powerboat untuk kedua kalinya yang digelar di Danau Toba, setelah sukses diselenggarakan pada 24-26 Februari 2023. Penyelenggaraan event balap ini berhasil meningkatkan reputasi dan menarik perhatian pariwisata Danau Toba secara global.

Sebagai promotor gelaran Pertamina F1 Powerboat Grand Prix 2024 di Danau Toba, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (InJourney) menunjuk PT Pengembangan Pariwisata Indonesia/ Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan PT Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Nusantara Jaya sebagai pelaksana teknis. Hal ini bertujuan untuk memperkuat posisi Danau Toba sebagai “Water Sport Tourism Destination“.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono menyatakan, Pertamina F1 Powerboat Grand Prix 2024 di Danau Toba merupakan satu-satunya Powerboat Grand Prix yang diadakan di danau vulkanik tertua dan terbesar di dunia.

Baca Juga :  Sosok Panutan, Calon Pengurus Tunjuk De Gadjah Ketua DPD PERIKSHA Bali

“Pada tahun 2024 ini, 11 pembalap dari 11 negara berkompetisi selama satu musim untuk meraih gelar juara dunia,” ucap Maya.

Peserta dari 11 negara yang turut serta dalam pertandingan, di antaranya adalah Swedia, Estonia, Uni Emirat Arab, Prancis, Amerika Serikat, Inggris, Portugal, Finlandia, Belanda, Norwegia, dan Polandia. Juara Pertamina F1H2O 2024, diraih oleh Rusty Wyatt dari Tim Sharjah dengan meraih posisi pertama, diikuti oleh Erik Stark dari Tim Victory, dan Jonas Andersson dari Tim Binh Inh yang menempati posisi ketiga.

Direktur Operasi ITDC, Troy Warokka mengungkapkan, ITDC sebagai anak usaha dari InJourney, turut mendukung penyelenggaraan event Pertamina F1 Powerboat Grand Prix 2024. Kami melihat event ini sebagai momentum penting untuk memperkuat posisi Danau Toba sebagai destinasi wisata olahraga air yang unggul.

“Kami juga turut mendukung pengembangan pariwisata Danau Toba sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Indonesia. Melalui event ini, dan berharap dapat menarik minat wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri, serta dapat menciptakan multiplier effect yang nyata bagi masyarakat setempat,” jelas Troy.

Baca Juga :  Penerimaan Pajak Usaha Ekonomi Digital Tembus Rp23,04 Triliun, Kripto Sumbang Rp580,2 Miliar

Kejuaraan Pertamina F1 Powerboat ini merupakan seri utama dalam balap perahu motor berpengemudi tunggal dengan perahu motor berukuran 5 meter dan berat lebih dari 500 kg. Perahu ini didorong oleh mesin bertenaga 400 horsepower, para pembalap dapat mencapai kecepatan luar biasa lebih dari 220 km/jam.

Penyelenggaraan Pertamina F1 Powerboat dimeriahkan dengan berbagai side event di sekitar area perlombaan. Terdapat Festival Budaya dan Festival Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang turut berpartisipasi dengan menyediakan tenda-tenda untuk memamerkan produk-produk lokal berupa kuliner dan aneka kerajinan. Area food court juga menjadi tempat favorit bagi para penonton untuk menikmati kuliner lokal dan internasional.

Pembukaan acara ini juga diramaikan dengan pertunjukan budaya yang menampilkan keragaman etnis Sumatera Utara. Sebanyak 250 orang penari dari etnis Dairi, Karo, Simalungun, Melayu, Tapanuli Tengah, Melayu Nias, hingga Batak Toba tampil untuk memperkenalkan kekayaan budaya lokal Sumatera Utara kepada para tamu dari berbagai negara.

Baca Juga :  PLN Mobile Proliga 2024 Siap Digelar, Kolaborasi Dukungan Untuk Pengembangan Voli di Tanah Air

Wakil Direktur Utama MGPA, Samsul Purba menambahkan, dalam upaya memfasilitasi masyarakat dalam menghadiri dan menikmati acara F1 Powerboat Grand Prix 2024, pihaknya melakukan penyesuaian sistem rekayasa arus lalu lintas agar lebih longgar dibandingkan tahun sebelumnya.

“Langkah ini merupakan upaya kami untuk memastikan bahwa seluruh pengunjung dapat sampai ke lokasi acara dengan lebih nyaman, tanpa hambatan yang berarti,” ungkap Samsul.

“Kami berharap, kesuksesan penyelenggaraan Pertamina F1 Powerboat di Danau dapat dirasakan oleh masyarakat lokal hingga global. Dengan adanya peningkatan kunjungan wisatawan sebanyak 100% pada tahun 2023, Danau Toba semakin menjadi sorotan dunia sebagai destinasi wisata unggulan. Tahun 2024 diharapkan menjadi tahun gemilang bagi Danau Toba, sesuai dengan semangat slogan Pertamina F1 Powerboat tahun ini, #NowItsTimetoConquer,” tutup Troy.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News