SMAN 4 Denpasar
Lima Siswa SMA Negeri 4 Denpasar Raih ‘Best Poster’ dan ‘Gold Medal’ di Youth Internasional Science Fair. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Suatu kebanggan bagi 5 siswa berprestasi yang berasal dari SMA Negeri 4 Denpasar, karena berhasil menyabet dua penghargaan sekaligus di ajang Youth Internasional Science Fair (YISF) yang diadakan oleh Indonesia Young Scientist Association (IYSA). Penghargaan yang diraih adalah menjadi ‘Best Poster’ dan ‘Gold Medal’ di bidang Innovation Science.

IYSA adalah organisasi yang sering mengadakan event-event perlombaan karya ilmiah dari lingkup nasional maupun internasional. YISF merupakan salah satu acara yang diadakan oleh IYSA, pada tahun ini IYSA mengadakan event YISF yang ke-4 kali dan dilaksanakan dalam hybrid competition yaitu secara online dan offline.

Proses keikutsertaan yang dilalui lima siswa ini tidaklah mudah, tahapannya diawali dengan mempersiapkan hasil penelitian terlebih dahulu, yaitu tim membuat ‘CEATHUCINE’ yang merupakan edible spoon untuk mencegah terjadinya stunting pada anak di bawah lima tahun, kemudian tim mendaftarkan sebagai peserta dalam perlombaan YISF secara offline di Malang.

Setelah pendaftaran, tahap selanjutnya adalah penjurian yang dilaksanakan pada 28 Februari yang diawali dengan opening ceremony di Malang Creative Center kemudian dilanjutkan pada 29 Februari yaitu tahap penjurian yang dimana tim SMA Negeri 4 Denpasar mempersiapkan booth dan juga hasil penelitian yang akan dipresentasikan kepada juri. Proses penjurian menggunakan bahasa inggris karena YISF ini merupakan event internasional yang diikuti oleh 11 negara dengan 111 tim dari seluruh negara.

Baca Juga :  Sekda Dewa Indra Beberkan Persiapan Pemprov Bali Sambut Event Internasional WWF ke-10

Didampingi oleh guru pembimbing, Ni Made Margiani, kelima siswa yakni Anak Agung Gede Pemayun Mahesa Wydarma, Ni Putu Astawa Lastari Dewi, Kadek Radharanie Shira Supraba Putri Hartawan, A.A. Ayu Mirah Indriani, Made Arya Saskara Putra Dewata dengan penuh percaya diri mempresentasikan hasil karya nya di hadapan dewan juri.

Pertanyaan demi pertanyaan berhasil dijawab dengan sangat detail dan berbobot. Hingga menghatarkan pengumuman hasil yang terbaik pada 2 Maret bertepatan dengan dilakukan awarding ceremony dan SMA Negeri 4 Denpasar mendapatkan penghargaan ‘Best Poster’ dan ‘Gold Medal’ di bidang Innovation Science.

Baca Juga :  Jaga Netralitas Pemilu, Dewa Made Indra Minta Dukungan ASN Hanya Dilakukan di Bilik TPS

Agung Mahesa, salah satu siswa yang mengikuti ajang ini mengungkapkan alasan keikutsertaan dalam ajang ini, karena event-event yang diadakan oleh IYSA sendiri sudah dikurasi oleh Puspresnas, ia dari tim SMA Negeri 4 Denpasar sangat berantusias mengikuti acara YISF yang ke-4 kali ini secara offline dan juga untuk menambah pengalaman mereka dalam bidang karya ilmiah.

“Hasil yang kami raih adalah hasil dari kerja sama tim yang luar biasa, impian kami untuk menjadi yang terbaik di ajang ini telah berhasil diwujudkan, yang tentunya mengharumkan nama sekolah. Terima kasih kepada semua pihak yang mendukung kami hingga berhasil meraih predikat terbaik,” ungkap Mahesa.

Baca Juga :  Kadis Made Astika Komitmen Bangun Pendidikan, Olahraga dan Kepemudaan Secara Merata di Buleleng

Guru pendamping yang selalu menemani saat perlombaan yang dijalani oleh kelima siswa ini turut bangga dengan prestasi anak didiknya.

“Tidak menyangka bahwa siswa kami berhasil meraih prestasi ‘Best Poster’ dan ‘Gold Medal’ di bidang Innovation Science, hingga membawa kebanggan bagi sekolah. Kami berharap prestasi ini tidak sampai di sini, kami juga akan mengembangkan kembali hasil karya anak-anak sehingga tidak hanya sekedar mengikuti lomba tapi hasil karya ini dapat bermanfaat untuk masyarakat sekitar,” ungkap Ni Made Margiani.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News